jakarta-selatan

Pentingnya Body Detailing Setelah Mudik

  • 09 Jun, 2019
  • 434 Kali Dilihat

Motor kembali bersih setelah mudik, tentu menjadi keinginan semua orang. Mencuci bisa menjadi pilihan, tapi sebenarnya ada perawatan yang lebih baik lagi, detailing. Fasilitas ini mungkin identik dengan mobil, tapi ternyata sudah mulai banyak penyedia layanan yang khusus menggarap motor. Salah satunya KJV Motoclean di Kelapa Gading, Jakarta.



Sesuai namanya, ini merupakan layanan pembersihan kendaraan dengan lebih detail. Selain berfungsi menjaga tampilan motor, perawatan ini punya manfaat lain, seperti melindungi suku cadang dari munculnya karat dan memperlambat proses keausan akibat kotoran yang membandel.


“Setelah mudik, biasanya motor jadi kotor. Karena itu disarankan utk detailing, setidaknya body detailing supaya kondisi motor tetap terjaga dengan baik. Keuntungan lain bagi yang biasa detailing, saat mau menjual motor. Karena kondisinya kan sudah di-restore, enak dilihat, jadi tidak jatuh harganya,” terang Mikhael, Manager KJV Motoclean pada OTO.


Perawatannya bermacam-macam, bahkan tersedia dalam beberapa paket yang disesuaikan kebutuhan konsumen. KJV Motoclean sendiri menawarkan tiga opsi : premium wash & wax, body detailing dan full detailing. Lantas apa perbedaannya? Untuk wash & wax seperti cuci motor biasa, tapi dengan sampo khusus. Sedangkan full detailing lebih mendalam, mulai dari bodi, sampai rangka dan mesin dengan beragam tahapan hingga poles dan waxing.


“Kalau Body Detailing, prinsipnya sama seperti full detailing, hanya bedanya tidak bongkar bodi. Jadi dibersihin dari luar, terbatas pembersihannya. Tapi harga lebih murah sekitar 50 persen dan durasi pengerjaan lebih cepat,” tambahnya.


Untuk biaya tentunya berbeda bagi tiap paket dan diklasifikasikan berdasarkan jenis motor. KJV Motoclean sendiri membaginya menurut kapasitas mesin, di bawah 150cc, 150-250cc dan di atas 250cc. Pilihan wash & wax untuk motor 150cc ke bawah dipatok Rp 50 ribu, 150-250cc Rp 75 ribu dan Rp 100 ribu untuk 250cc ke atas.


Opsi body detailing motor dibanderol Rp 195 ribu untuk motor di bawah 150cc, Rp 275 ribu untuk 150-250cc dan di atas 250cc senilai Rp 350 ribu. Paket paling mahal (full detailing motor) bisa mencapai Rp 390 ribu hingga Rp 690 ribu.


Durasi pengerjaannya menurut Mikhael dari tiga sampai lima jam. Itu pun tergantung motornya, tingkat kesulitan dan pilihan perawatan. Menariknya, KJV Motoclean turut menawarkan layanan servis di rumah (Home Service) dengan syarat tertentu.


“Syaratnya hanya jarak maksimal 30 km dari workshop kami di Kelapa Gading. Bila lebih ada tambahan biaya transportasi Rp 5 ribu per km,” tutupnya. (Hfd/Van)


Baca Juga: Pilihan Mobil dengan Cruise Control Termurah

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi