AHM Rilis Teaser Skutik Petualang Baru, Inikah All New Honda ADV 160?

AHM Rilis Teaser Skutik Petualang Baru, Inikah All New Honda ADV 160?

PT Astra Honda Motor (AHM) memberi kejutan dengan menyebar sebuah gambar teaser produk baru pada akun Instagram resminya Senin (20/6). Strategi yang bisa dibilang jarang dilakukan Honda ketika tengah menyiapkan sebuah motor anyar untuk konsumen.

KEY TAKEAWAYS

  • Motor apa yang bakal dijual AHM dalam waktu dekat?

    Honda ADV 160 atau Honda ADV 250
  • "Brosis, bakal ada yang seru di Juni ini lho! Sini kumpul, Admin Honda spill clue pertama dulu ya," tulis Honda di kolom caption Instagram.

    Dari siluet gambar yang ditampilkan, bisa dipastikan ini adalah sebuah motor matik adventure. Lampu depannya punya kemiripan dengan Honda ADV 150 yang meluncur pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

    Kemudian terlihat juga adanya komponen windscreen yang cukup besar hadir di bagian cover bodi depan. Sementara tarikan garis bodi sampingnya memiliki persamaan juga dengan ADV 150. Lantas mungkinkah all new ADV 160 yang akan ditetaskan AHM?

    Kami coba mengkonfirmasi hal itu ke General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin. Meski belum mau bicara produk apa yang akan diluncurkan, namun dirinya memastikan jika motor baru dari Honda akan menjadi kejutan untuk konsumen Indonesia.

    "Kita lihat nanti ya, apakah benar model itu (Honda ADV 160) atau ada kejutan lain dari AHM. Tunggu dan sabar, ya," kata Muhib sapaan karibnya saat dihubungi OTO.com, Selasa (21/6).

    Waktu Tepat Meluncurkan Honda ADV 160

    Honda ADV 160

    Alasannya karena 2 saudaranya yakni Honda PCX dan Vario sudah disegarkan dengan jantung pacu 160 cc berkonfigurasi 4 katup. ADV yang juga dibangun dari rancang mesin dan konstruksi yang serupa sangat besar peluang menggunakan mesin yang lebih bertenaga itu.

    Apalagi melihat dari siklus umur sebuah produk kendaraan, ADV 150 kini sudah menjejak umur 4 tahun. Umumnya para produsen melakukan strategi penyegaran besar-besaran di momentum itu, hal ini dilakukan juga pada PCX dan Vario.

    Bila benar menggendong mesin yang serupa , artinya all new ADV akan dijejali mesin 4-Valve, eSP+ berpengabut bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Sementara untuk ukuran diameter x langkah sebesar 60 mm x 55,5 mm.

    Bila merujuk performa Honda PCX 160 daya maksimum mampu meletup hingga 15,8 daya kuda pada 8.500 rpm. Kemudian torsi maksimum 14,7 Nm di 6.500 rpm. Skutik ini menggunakan kopling kering sentrifugal dan penyaluran jenis CVT.

    Prediksi selain mengemas mesin anyar, Honda ADV anyar juga akan memiliki ubahan desain agar tampilannya menjadi lebih gahar. Kemudian ada kesempatan juga ADV 160 dilengkapi dengan fitur motor gede (moge) yang ada di PCX 160 yakni HSTC (Honda Selectable Torque Control). Peranti ini adalah fitur keselamatan aktif kontrol traksi yang akan menjaga putaran ban belakang agar tak terjadi slip (freewheel).

    Atau Mungkin Honda ADV 250?

    Honda ADV150

    Bila bukan Honda ADV 160, boleh jadi AHM akan mendatangkan pilihan matik baru di kelas 250 cc dengan produk Honda ADV. Sebelumnya Honda terpantau sudah mendaftarkan paten desain skutik adventure dalam resmi Data Kekayaan dan Intelektual (PDKI) Kemenkumham Republik Indonesia.

    Dari gambar purwarupa tersebut, motor ini memiliki desain yang sama dengan ADV 150 namun dari segi bentuk terlihat lebih gambot dengan penggunaan komponen yang lebih advanced. Misalnya pengaplikasian suspensi depan jenis upside down, layout knalpot yang lebih besar, hingga penyematan komponen handguard.

    Analisa ADV 250 juga layak dijual di Indonesia karena AHM sudah lebih dulu menjual Forza 250. Perusahaan tak perlu repot-repot meriset serta investasi lebih untuk menggunakan jantung pacu baru. Lagipula pabrikan berlogo sayap mengepak ini kerap kali menggunakan mesin yang sama namun membedakan secara desain motor saja.

    Jadi motor apa yang bakal diluncurkan Honda, mungkinkah ADV 160, ADV 250, atau model skutik petualang baru? Kita tunggu saja kejutan dari AHM. (KIT/RS)

    Baca juga: BMW Motorrad Ajukan Paten Motor Listrik dengan Powertrain Desain Boxer

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature