8 Tipe Pengendara Motor, Anda yang Mana?

8 Tipe Pengendara Motor, Anda yang Mana?

"Ah, itu pasti 'emak-emak' yang bawa motornya," atau "Wah, dia pasti pembalap nih," sering kah Anda mendengar persepsi itu diucap oleh pengguna jalan?

Faktanya, kita memang mudah sekali mengklasifikasikan para pengendara motor, berdasar pada sekejap gaya berkendara mereka saja. Percayalah, itu hanya bagian kulitnya saja. Sebuah lembaga di Belgia yang meneliti keselamatan berkendara di jalan raya, Vias, mempelajari klasifikasi berkendara para biker.

KEY TAKEAWAYS

  • Survey Vias

    Vias, lembaga yang meneliti keselamatan di jalan raya, melakukan survey untuk mengklasifikasikan pengendara motor.
  • Ada 8 Tipe

    Delapan tipe berhasil ditemukan untuk menjabarkan beragam pengendara motor.
  • Dari penelitiannya, mereka menemukan ada delapan tipe pengendara motor. Yang lebih unik, mereka berhasil menemukan perbedaannya tak cuma gaya berkendara, namun pengalaman, sejauh apa mereka berlatih dengan motornya, tujuan dan alasan memakai motor, hingga perbandingan penggunaannya dibandingkan moda lain.

    Berikut rangkumannya yang kami deskripsikan dalam bahasa yang lebih mudah dipahami.

    Sang Tepat Waktu

    Motor

    Tipe pengendara ini memilih memakai motornya untuk mengoptimalkan efisiensi waktu yang harus ia habiskan untuk bekerja. Jenis motornya biasanya skuter dan penggunaan motor, hanya saat cuaca cerah saja. Sebanyak 11,6% responden merupakan cerminan tipe ini.

    Lone Rider Honda CRF1100L Africa Twins 2022

    Rider yang satu ini, sehari-harinya pakai mobil, baik itu saat bekerja maupun dengan keluarga. Jika ia naik motor, biasanya tanpa keluarga atau temannya, untuk menikmati waktunya kesendiriannya bersama motor kesayangannya. Jumlah pengendara ini mencapai 18,8%.

    Tak Menentu

    Pengendara motor tipe ini, punya pembagian pemakaian motor dan mobil yang seimbang. Ritme dan waktu pemakaian dua jenis kendaraan itu pun bisa di berbagai situasi, berbagai tujuan, dan sepanjang tahun, sesukanya. Jumlahnya hanya 9,5 % dari responden.

    Pencari kesenangan

    JMC Touring

    Biker yang satu ini, memakai motor kapanpun cuacanya dianggap menyenangkan. Bahkan jika cuacanya hujan di hari kerja, maka ia akan memakai motor sesering mobil di hari cerah hanya karena ia senang cuaca hujan. 14,2 % responden mengakui hal ini.

    Semua Mau

    Tipe pengendara Semua Mau, biasanya berkendara dengan jenis kendaraan apapun, transportasi umum, mobil, motor, bis, kereta, semau-maunya. Konon, survey Vias mencakup 18,2 % biker tipe ini.

    Aneka Ragam Moda

    Biker jenis ini, mempercayai kombinasi penggunaan motor dengan moda lainnya sebagai alternatif jika ia tak memakai mobilnya. Misalnya menggabungkan penggunaan motor dan kereta. Ada 11 % responden dalam survey mereka yang mencerminkan tipe ini.

    Pengendara Harian

    Yamaha Fazzio

    Dalam survey Vias, jumlah yang menggunakan motor di segala tujuan, segala cuaca, hanya 7,5%. Padahal, mereka punya mobil, dan bisa meggunakan kereta, namun motor dijadikan alat utama untuk berkomuter harian.

    Veteran

    Biker

    Tipe ini punya pengalaman berkendara di atas kuda besi hampir seumur hidupnya. Ia pun selalu punya motor di garasinya. Meski di umurnya yang tak lagi muda, tipe ini lebih banyak menggunakan mobil, namun ia selalu memakai motor setiap ada kesempatan. Sebanyak 9,2 persen responden termasuk dalam tipe ini.

    Menarik memang melihat klasifikasi yang ditemukan Vias. Beberapa ada yang mencerminkan pengendara motor di Indonesia, walau ada juga yang kurang relevan. Mungkin saja jika survey serupa dilakukan di Indonesia, presentasenya bisa berbeda. Nah, Anda masuk yang mana? (Van)

    Sumber: British Motorcyclist

    Baca Juga: Komparasi KTM 250 Adventure dan Honda CRF250 Rally

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature