Wajah BMW M4 Terkuak, Persis Foto yang Pernah Beredar

Wajah BMW M4 Terkuak, Persis Foto yang Pernah Beredar
Gambar
Review Pengguna

Sempat beredar bocoran foto BMW M4 Coupe pada awal 4 Series berkenalan. Memang bukan rilis resmi sehingga agak diragukan keasliannya. Kendati begitu, semakin dekat dengan hari besar, BMW pun semakin terang-terangan membuka identitas versi buas 4 Series. Aman untuk dikatakan foto itu bukanlah hisapan jempol belaka.


Wajah M4 terekspos jelas pada hasil tangkapan paparazzi. Meski dibalut kamuflase, ia tidak lagi malu-malu menunjukkan identitas asli. Grille besar menjuntai tentu hadir namun seakan lebih tegas dibanding base model berkat palang horizontal di bagian dalam. Di situ pusat perhatian 4 series berada, rongga intake besar lanjut mengisi tempat persis di samping bawah grille. Menyiratkan dominasi elemen pada area tengah.


Kesan sport coupe nan atletis kemudian tampil pada sepatbor belakang. Berotot, menyuguhkan kuda-kuda yang lebih kokoh dan cenderung melenggok seperti sang flagship M8. Tampak sah-sah saja bila mendapat julukan ‘baby M8’. Nah, seperti dilaporkan sebelumnya, M4 mengenakan komposisi sepatu belang dengan diameter roda belakang lebih besar. Melirik buritan, diferensiasi dari 4er standar adalah keberadaan quad tailpipe dalam tudung diffuser.


spy shot BMW M4


Selain rancangan luar, ada beberapa informasi terkait detail potensi pemacu. Melansir Autocar, diketahui ia akan menggendong enjin enam silinder 3,0 liter S58. Pertama dikenalkan pada X3M dan X4M, kini menghampiri seluruh jajaran M4. Mau itu tubuh Coupe, Gran Coupe, hingga Cabriolet. Ya, Gran Coupe mendapat oprekan divisi Motorsport. S58 turut menjadi amunisi model se-platform: M3 sedan.


Baca Juga: BMW 8 Series Semakin Royal Lewat Golden Thunder Edition


Output bertambah signifikan dari unit S55 milik M4 F82 yang kini masih beredar. Jauh, mesin lama hanya menghasilkan paling kuat 500 hp – Itupun hadir di balik varian terkencang M4 GTS. Model standar hanya mendapat 431 hp sementara paket Competition dibekali potensi 450 hp. Sebagai pembanding, S58 siap gelontorkan 480 hp hingga sekitar 510 hp tergantung versi. Diraihnya tanpa kemampuan water injection dalam intake seperti eksekusi M4 GTS.


Jika dikalkulasi, keluaran daya meningkat lebih dari 11 persen pada M4 standar, dan 13 persen untuk Competition. Belum lagi torsi 600 Nm milik S58, lompat 50 Nm dari S55. Bahkan terakhir dikabarkan pada kanal YouTube BMW M, momen puntir M4 bisa mencapai 650 Nm.


Penyempurnaan jantung enam silinder diraih berkat beberapa revisi. Salah satu kuncinya ialah langkah piston 90 mm. Memanjang namun tetap mempertahankan diameter ruang silinder 84 mm. Permak ukuran jeroan diklaim BMW M bantu tingkatkan torsi.


BMW M4 rear


Selain itu, dua turbocharger mono-scroll menggantikan komposisi satu rumah keong twin-scroll B58. Didukung pula oleh teknologi variable valve timing Valvetronic dan profil noken as variable ‘Double Vanos’ termutakhir BMW M. Terakhir, rasio kompresi diturunkan dari 10,2:1 (S55) menjadi 9,3:1 (S58).


Terkait komponen drivetrain, M4 G82 perdana dibekali sistem M5. Enjin kawin dengan girboks otomatis delapan percepatan berikut penggerak empat roda xDrive. Setidaknya komposisi modern itu dipastikan menyusul belakangan. Sementara di awal perkenalan, M4 standar menganut aransemen tradisional: Rear Wheel Drive dan transmisi manual.


Girboks Manual


Ya, BMW sedang menggoda siapapun yang menanti kehadiran M4 G82. Mereka rekam sang 4 series versi buas mengitari Sirkut Sachenring, Jerman dan mengunggahnya di kanal YouTube BMW M. Sembari menikmati M4 melahap tikungan dari kokpit, dapat dilihat pula detail spesifikasi karya terbaru divisi Motorsport ini.


Para penggila sensasi berkendara dengan keterlibatan penuh tidak perlu kecewa. Dalam video terlihat bagaimana kaki sang pilot berdansa "heel & toe" di antara tiga pedal, diikuti tangan yang sibuk berpindah ke konsol tengah. Ya, transmisi manual dipertahankan untuk M4, menyalurkan seluruh puntiran mesin ke roda belakang. Di samping itu akan ada opsi girboks otomatis M Steptronic delapan percepatan nan cekatan. (Krm/Odi)


Sumber: Autocar


Baca Juga: BMW 3 Series Sedan Bertenaga Listrik Tertangkap Sedang Diuji Coba

Jelajahi BMW M4 Coupe

BMW M4 Coupe Rp 2,68 Milyar Cicilan : Rp 61,1 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store