Tertangkap tanpa Jubah, Inikah Sosok Sedan Sport BMW M4?

Tertangkap tanpa Jubah, Inikah Sosok Sedan Sport BMW M4?
Gambar
Review Pengguna

BMW diduga kuat tengah menyiapkan peluncuran M4. Sosok sedan sport itupun sudah tertangkap utuh, bahkan tak lagi dengan jubah kamuflase. Walau masih berupa rumor, BMW M4 diyakini hadir dalam tiga bulan ke depan.


Diunggah pada laman Bimmerpost, sosok yang diyakini M4 tersebut dikatakan meluncur ke pasar, September mendatang. Tidak perlu investigasi mendalam untuk menentukan apakah sosok mobil ini adalah M4 atau bukan.


Terlihat dari sebuah foto yang menunjukkan bagian depan, sangat identik dengan Seri 4 G22 yang diungkap Selasa (3/6) lalu. Bedanya, desain fascia depan BMW M4 lebih garang dan agresif daripada Seri 4 varian M440i.


M4 yang diyakini akan mengadopsi kode seri G82. Sama-sama mengusung gril besar ke bawah seperti Seri 4. Ya, desain yang disebut BMW akan menjadi benag merah desain anyar mereka. Satu buktinya sudah dipakai oleh i4 Concept. Namun, jauh berbeda kala memandangi bentukan spoiler dan bumper depan BMW M4.


BMW 4 Series Coupe 2020


Pada bagian samping terlihat intake vertikal mirip pada M2 Competition, diikuti intake tengah yang melebar khas Seri M. Grille dan intake tampil kontras lewat tampilan kisi-kisinya, yaitu horizontal pada gril dan honeycomb untuk intake. Nyaris tidak terlihat, sisi bawah bumper terdapat splitter atau lip spoiler sebagai optimalisasi aerodinamika.


Baca juga: BMW 4-Series Coupe G22, Bukan Lagi Sekadar Versi Kupe 3 Series


Bagian kap mesin juga mendapatkan sentuhan sporty, berupa pahatan garis. Fender depan melebar tampak dari celah panel body dari ujung lampu depan. Tampilan khas Seri M hadir lewat spion samping bertanduk, serta velg hitam seperti dipakai pada prototipe yang sempat beredar sebelumnya.


Sayang informasi tadi tak didukung foto pendukung, baik dari sisi lain eksterior maupun interior. Meski begitu, spekulasi mengenai spesifikasi teknis M4 sudah mulai beredar. Bahkan sudah dibocorkan secara langsung oleh pihak pabrikan.


Manual dan All-Wheel Drive


Mesin enam silinder inline 3.0 liter turbo berkode S58 disebut masih akan diandalkan untuk M4. Jantung mekanik tersebut kabarnya menghasilkan daya 473 Hp untuk varian standar. Pasalnya, ada pula anggapan mengenai ketersediaan varian M4 Competition. Dari sisi performa jelas lebih buas, konon versi ini sanggup menyemburkan tenaga hingga 503 Hp. Sedangan pada sektor transmisi, kemungkinan sama seperti penerapan BMW sekarang ini.


CEO BMW M, Markus Flasch juga sempat mengatakan M4 terbaru nanti akan ditawarkan juga dalam opsi transmisi manual. Tidak hanya itu, seperti beberapa Seri M terakhir, M4 juga akan mengadopsi sistem all-wheel drive. Varian khusus transmisi manual kabarnya akan menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD).


Peluncuran M4 nanti kemungkinan besar dilakukan bersamaan dengan generasi baru M3. Wajar, sekilas pandang kednya dibangun oleh platform yang identik. Kehadiran M3 sendiri sudah cukup lama dinantikan , mengingat Seri 3 G20 telah hadir sejak 2018 lalu. (Why/Ano)


Sumber: Bimmerpost, Paultan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store