BMW Ungkap Detail Spesifikasi M4, Transmisi Manual Belum Punah!

BMW Ungkap Detail Spesifikasi M4, Transmisi Manual Belum Punah!
Gambar
Review Pengguna

BMW lagi menggoda siapapun yang menanti kehadiran M4 G82. Mereka rekam sang 4 series versi buas mengitari Sirkut Sachenring, Jerman dan mengunggahnya di kanal YouTube BMW M. Sembari menikmati M4 melahap tikungan dari kokpit, dapat dilihat pula detail spesifikasi karya terbaru divisi Motorsport ini.


Sebagai pembuka, BMW mengonfirmasi pemasok daya M4. Disebutkan tingkatan output terendah sebesar 480 hp sebagai torehan angka base model. Sementara itu, varian Competition mengadopsi unit bertenaga 510 hp. Namun tak hanya M4, diyakini M3 akan memiliki kemampuan serupa lantaran berbagi satu basis.


Mengacu figur tadi, langsung terngiang potensi BMW X3M dan X4M. Bisa disimpulkan tersemat jantung 3,0 liter enam silinder turbo berkode S58 – menandakan kali kedua M3 dan M4 dibekali pemacu turbo setelah kejayaan mesin N/A berakhir di E92. Kendati begitu, kemampuan ditingkatkan lagi karena dituliskan torsi hingga 650 Nm, lebih besar 50 Nm dari spesifikasi resmi model SUV.


BMW M4 G82 teaser


Para penggila sensasi berkendara dengan keterlibatan penuh tidak perlu kecewa. Dapat dilihat bagaimana kaki sang pilot berdansa "heel & toe" di antara tiga pedal, diikuti tangan yang sibuk berpindah ke konsol tengah. Ya, transmisi manual dipertahankan untuk M4, menyalurkan seluruh puntiran mesin ke roda belakang. Di samping itu akan ada opsi girboks otomatis M Steptronic delapan percepatan nan cekatan.


Baca juga: BMW 3 Series Sedan Bertenaga Listrik Tertangkap Sedang Diuji Coba


Untuk pertama kali di line up M4, dan M3, model berpenggerak empat roda xDrive bakal ikut meramaikan. Sebelumnya sistem ini tersedia di M5 saja. Namun setelah generasi bergulir, akhirnya fitur kelas atas diturunkan juga. Spesifik, hanya dapat dinikmati dengan kombinasi girboks M Steptronic dan saluran tenaga dititikberatkan ke roda belakang. Bahkan distribusi ke roda depan dapat diputus total lewat satu tombol.


Di samping bocoran terkait powertrain dan drivetrain, BMW turut mengungkap detail profil ban. Unik, M4 menganut sepatu ‘belang’ antara depan dan belakang. Karet sepatu di depan mengenakan ban 275/35 berdiameter 19 inci. Tapak belakang tidak hanya lebih lebar, juga berdiameter lebih besar. Tepatnya 285 mm dengan aspek rasio 30 persen, membungkus pelek 20 inci.



Terakhir ditampilkan teaser gambar M4 bersembunyi di balik bayangan. Hanya dapat terlihat secuil desain fascia yang menggambarkan twin kidney grille extra besar, diapit pencahayaan cantik laser light. Kalau penasaran, tunggu saja peluncuran perdana bersama M3 pada September mendatang. Tapi jika benar-benar ingin melihat tampangnya, bocoran foto M4 sudah beredar dan dapat dijadikan acuan.


Sosoknya sudah pernah tertangkap utuh, bahkan tanpa jubah kamuflase. Diunggah pada laman Bimmerpost, sosok yang diyakini M4 itu dikatakan meluncur ke pasar September mendatang. Tidak perlu investigasi mendalam untuk menentukan apakah sosok mobil ini adalah M4 atau bukan. Terlihat dari sebuah foto yang menunjukkan bagian depan, sangat identik dengan Seri-4 G22. Bedanya, desain fascia depan BMW M4 lebih agresif daripada 4er trim M440i.


Twin Kidney Grille ekstra besar yang awalnya selalu dicibir, terbukti sebagai keniscayaan. Besar dan memanjang sampai bawah. Sangat merepresentasikan elemen desain masa lalu seperti di model legendaris 328 dan 3.0 CSi. Butuh waktu untuk mencerna sebuah perubahan drastis memang. Tapi coba pandangi saja terus menerus, mungkin kemudian mata akan terbiasa. Lewat desain inilah gaya 4er tampak semakin menjauh dari 3er.


Belum dalam menerka lebih dalam soal detail selain visual. Kalau mengacu ubahan pada 4-Series Coupe, optimalisasi kekuatan struktur bodi, penyesuaian geometri suspensi, berikut penyempurnaan aerodinamika memberikan ciri khas performa berbeda dibanding Seri-3. Tubuhnya lebih rendah 57 mm dari G20 sedan, alhasil pusat gravitasi menurun sejauh 21 mm. Sumbu roda belakang juga melar 23 mm, menciptakan kuda-kuda kokoh di sisi roda penggerak. Untuk versi M, harusnya jauh lebih meyakinkan. (Krm/Tom)


Sumber: Paultan, Motor1


Baca juga: BMW 8 Series Semakin Royal Lewat Golden Thunder Edition

Jelajahi BMW M4 Coupe

BMW M4 Coupe Rp 2,68 Milyar Cicilan : Rp 61,1 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store