Volvo XC60 Terbaru, Hadirkan Inovasi Fitur Keselamatan Terkini

Volvo XC60 Terbaru, Hadirkan Inovasi Fitur Keselamatan Terkini

Volvo selalu dikenal terdepan di soal keselamatan. Bahkan sebelum airbag dan ABS menjadi standar pelindung penumpang, Volvo sudah diakui sebagai mobil yang aman. Struktur dan bodi yang tebal, dianggap efektif melindungi seluruh penumpang saat terjadi tabrakan.

Mobil buatan Swedia ini pula yang pertama memperkenalkan sabuk pengaman tiga titik pada 1959. Mereka jugalah yang pertama kali menciptakan side airbag tahun 1991 dan blind-spot monitoring system di 2003.

204609-oncoming-lane-mitigation-1

Seiring berjalannya waktu, inovasi teknologi keselamatan semakin maju. Banyak hasil ciptaan “The Swedish Brick” turut diikuti pabrikan lain. Dan lagi-lagi, Volvo melakukan pengembangan lebih lanjut dari sistem blind-spot monitoring dan City Safety. Selain itu, ada fitur baru Oncoming Lane Mitigation. Kesemuanya dihadirkan pertama kali di XC60 generasi terbaru.

Teknologi ini termasuk dalam sistem City Safety yang berisikan fitur pengereman otomatis dan pendeteksi orang, binatang maupun kendaraan lain. Pengembangan dilakukan pada kemudi, dengan menambahkan sistem operasi otomatis yang dapat menggerakkan kemudi secara otomatis untuk menghindari tabrakan.

204608-blind-spot-information-blis-with-steer-assist-1

Ini melengkapi sistem rem otomatis, yang bertujuan menghindari terjadinya tabrakan dari depan. Karena hanya mengandalkan rem saja tidak cukup, sehingga perlu ada upaya lain dengan cara membelokkan mobil dengan tujuan menghindar dari objek yang ada depan. Kondisi seperti ini terkadang luput dari reaksi pengemudi, sehingga sistem dapat mengambil alih dan mengontrol arah mobil. Sistem ini aktif dari kecepatan 50 hingga 100 km/jam.

Blind-spot monitoring system milik Volvo, juga dikembangkan dan dihubungkan dengan sistem kemudi otomatis ini. Fitur blind-spot monitoring, hanya memberikan suara peringatan ke pengemudi jika terdapat kendaraan lain yang berada di area tak terlihat oleh mata. Dengan ditambahkan kemudi otomatis, jika ada mobil di belakang yang melaju kencang ke arah Anda, sistem akan mendeteksi dan membelokkan kendaraan agar mobil tersebut tidak menabrak.

The new Volvo XC60 - Teaser image

Sementara fitur Oncoming Lane Mitigation ialah fitur yang benar-benar baru di Volvo. Jika pengemudi memotong lajur jalan, fitur akan mendeteksi kendaraan yang sedang melaju kencang di lajur tersebut dan mengembalikan posisi mobil ke lajur semula. Sistem ini bekerja di kecepatan 60 hingga 140 km/jam.

Pengenalan fitur keselamatan terbaru ini, sekaligus kisi-kisi perkenalan Volvo XC60 generasi terbaru. Tampil perdana di Geneva Motor Show, Volvo juga menyebarkan gambar teaser crossover ini di dunia maya. Belum dapat tergambarkan secara utuh, namun dari sedikit cuplikan gambar headlamp dan taillight, akan banyak kemiripan dengan sang kakak XC90.

Baca Juga: Volvo Indonesia Resmi Dipegang Garansindo

Sumber: Autoblog

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil