Top 3 Berita Mobil Pekan Ini: Peluncuran Honda Civic Type R, Mercedes S-Class dan SPK Raize

Top 3 Berita Mobil Pekan Ini: Peluncuran Honda Civic Type R, Mercedes S-Class dan SPK Raize

Dalam satu minggu terakhir, masih banyak APM otomotif meluncurkan produk anyar di Indonesia. Salah satu yang paling rajin ialah Honda Prospect Motor. Kemarin mereka merilis sportscar Civic Type R seharga miliaran rupiah. Lalu Mercedes-Benz jua turut melabuhkan S-Class dengan segenap perubahan sebagai eksistensi di segmen mobil premium. Tak ketinggalan, Toyota. Kehadiran Raize rupanya mendapat sambutan meriah dari pasar. Pabrikan melaporkan jumlah surat pemesanan (SPK) Raize selama sepekan. Berikut rangkuman informasinya.

Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R

Mobil ini dilepas Rp 1,177 miliar. Banderol tertera berstatus on the road Jakarta untuk pemilikan orang pertama pada 2021. Ada banyak kehebatan tertanam padanya. Mulai dari tampilan, performa hingga fitur safety. New Civic Type R alami penyegaran eksterior dan interior. Untuk pasar Indonesia, sekarang unit tersedia dalam tiga pilihan warna: Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic dan Championship White.

Nilai utama mobil ini berada di jantung pacu. Civic Type R tetap menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo. Ledakan pembakaran memberi tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm. Lalu torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Embusan energi ditransfer melalui transmisi manual 6 percepatan. Namun telah disempurnakan oleh Rev Match System, memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimum saat perpindahan gigi.

Ia dilengkapi dengan sasis, suspensi, serta kemudi yang diklaim responsif. Lalu stabilitas kecepatan tinggi juga sudah ditingkatkan dari sebelumnya. Dengan Re-Setting Adaptive Damper System, sedan ini sanggup memberi kualitas serta pengalaman berkendara superior. Kemudian sebagai penghela laju kendaraan, terpasang new two piece disk brake. Masih sama dengan sebelumnya. Type R menggunakan Dual Pinion Variable-ratio Electric Power-Assisted (EPS) Rack and Pinion Steering. Sistem menawarkan tiga mode mengemudi yaitu: +R, Sport dan Comfort.

“Honda merupakan brand yang terlahir dari lintasan balapan. Sementara Type R merupakan mobil yang terinspirasi dari mobil balap. Sehingga ini menjadi salah satu mobil istimewa bagi kami, yang memiliki DNA balap kuat. Sekaligus menjadi mobil sport satu-satunya yang kami jual. Semoga kendaraan ini dapat menjawab keinginan konsumen, pada sebuah sportscar berperforma maksimal. Juga punya kenyamanan yang dapat menciptakan kesenangan berkendara. Terdapat berbagai fitur serta pembaruan telah ditambahkan,” ucap Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Awas, Ini Deretan Sanksi bagi Mereka yang Nekat Mudik Lebaran

Launching S-Class W223/V223

Mercedes-Benz S-Class

Lini sedan termewah Mercedes-Benz penyempurna generasi pendahulu datang dengan lencana S450 4Matic Luxury berkode V223. Ia merupakan varian wheelbase lebih panjang. Segenap revisi dari model lawas bisa dijumpai, mulai dari desain, dimensi dan pastinya teknologi lebih canggih. “Dengan bangga kami persembahkan generasi terbaru dari pemimpin tak terkalahkan di segmennya baik secara global dan juga di Indonesia. Dengan peluncuran S-Class ini kami ingin menawarkan inovasi, keselamatan, kenyamanan dan kualitas yang belum pernah dirasakan sebelumnya oleh pelanggan," ujar Choi Duk Jun, President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam sambutan acara peluncuran di Hotel Kempinski, Jakarta (4/5).

Meski masih familier, perubahan pada desain cukup kentara dibanding model sebelum. Pada eksterior contohnya, grille setia dengan desain yang selalu jadi identitas pada keluarga S-Class. Namun susunan paras lebih modern. Lampunya membawa teknologi baru Digital Light dengan resolusi 2,6 juta piksel. Sedang di balik grille tersimpan sensor dan radar sebagai bekal asistensi berkendara semi-autonomous.

Sisi samping punya fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Gagang pintu S-Class W223 tersembunyi atau tertanam di dalam bodi. Bakal mencuat otomatis ketika mendeteksi kunci dalam jangkauan. Fungsinya sebagai peningkat aerodinamika. Selain gimik teknologi dan estetika. Peleknya berukuran 20 inci dengan 10 palang kembar yang terlihat sangat mewah dan sesuai dengan karakter sedan luxury. Buritan juga kentara bedanya dengan W222. Sektor lampu pada Sonderklasse generasi baru sudah lebih dewasa dan modern. Mengadopsi desain lebih ramping dan tajam.

Total perubahan dimensi juga signifikan. Kemudian berimbas pada kelapangan kabin S-Class. Berbekal ukuran panjang 5.289 x 1.954 x 1.503 mm (PxlxT) dan jarak sumbu roda 3.216 mm. Semuanya bertambah dari pendahulunya. Bahkan kabin juga lebih lapang, baik untuk penumpang depan dan belakang. Bagasi ikut bertambah ruang simpannya, sekitat 20 liter lebih banyak dari W222. Baca selengkapnya di sini.

First drive Toyota Raize

SPK Toyota Raize

Baru saja Toyota Raize mengaspal sepekan di Indonesia. SUV 4 meteran ini diklaim mendapat respons positif dari konsumen di Tanah Air. Berdasar data perusahaan, angka surat pemesanan kendaraan (SPK) sampai 6 Mei 2021 mencapai 1.269 unit. Dengan menyasar konsumen generasi dan keluarga muda. Varian paling banyak diminati justru bukan di level termurah. Hingga saat ini pelanggan mengincar trim GR Sport.

“Kami bersyukur Toyota Raize mendapat respons positif dari pelanggan. Itu terlihat dari angka SPK yang cukup baik walaupun baru diluncurkan satu pekan lalu. Terima kasih atas atensi dan antuasiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia terhadap Toyota Raize,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, dalam laporan pemasaran (7/5).

Jika dibedah komposisinya. Raize 1.0T GR Sport CVT membukukan SPK terbesar dengan total capaian 43 persen. Kemudian disusul 1.0T GR Sport CVT TSS sebesar 40 persen. Sehingga, hal ini menjadikan model GR Sport memiliki komposisi cukup besar yaitu 83 persen. Sementara itu, kontributor pada perolehan SPK Toyota Raize lainnya adalah 11 persen di varian 1.0T G CVT dan 5 persen bagi 1.0T G M/T. Bahkan mesin non-turbo seperti 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang baru muncul pada semester dua tahun ini pun membukukan angka pemesanan sebesar 1 persen.

Nah, dilihat dari sisi komposisi daerah pemesanan. Tiga kontributor terbesar SPK Raize berasal dari DKI Jakarta dengan persentase 24 persen, Jawa Barat 19 persen dan diikuti Jawa Timur 11 persen. Lantas bagaimana soal pengiriman unit ke tangan konsumen? "Kami sudah mulai pengiriman ke diler itu sejak 20 April 2021. Jadi sebelum lebaran dan nanti sesudah lebaran yaitu Mei juga kami kirim (ke konsumen). Kami juga sudah memberikan ancer-ancer kepada diler untuk harga Toyota Raize setelah lebaran, karena memang sudah tidak 0 persen lagi (PPnBM)," lanjut dia.

Lalu skema harga on the road pun berubah. Andai konsumen menerima unit Raize pada Juni 2021. Maka hanya mendapatkan diskon PPnBM sebesar 50 persen, mengikuti mekanisme aturan pemerintah. Banderol unit gres otomatis naik.

Guna menambah pemesanan Raize. Toyota menyiapkan pengenalan kembali di beberapa kota besar lain. Seperti Semarang, Medan, Palembang, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado dan masih banyak lagi. Kegiatan regional launching ini dilakukan baik secara online maupun offline. Seperti public display, customer gathering, media gathering, maupun test drive. “Kami berharap, dengan diadakannya kegiatan regional launching ini. Maka pelanggan di kota selain Jakarta pun juga bisa mengeksplorasi secara langsung. Khususnya kendaraan compact SUV terbaru dari Toyota ini,” pungkas Marketing Director TAM. Baca selengkapnya di sini. (Alx/Raju)

Baca juga: First Drive Toyota Raize GR Sport: Rayuan Mesin Turbo Mungil

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil