Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Peluncuran Toyota Fortuner dan Land Crusier, serta PPnBM Suzuki dan Wuling

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Peluncuran Toyota Fortuner dan Land Crusier, serta PPnBM Suzuki dan Wuling

Toyota menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan model baru tahun 2022 ini. Tak hanya satu, tapi dua model sekaligus dikenalkan untuk publik yaitu New Fortuner dan Land Cruiser LC300. Kehadiran Fortuner memang sudah santer sejak tahun lalu. Jadi konsumen kini punya pilihan mesin baru berkapasitas 2.8 liter turbo diesel.

Sementara Land Cruiser juga hadir dengan pilihan. Jika sebelumnya hanya satu tawaran, kini Anda bisa memilih LC300 dengan gaya sporty atau tampilan mewah.

Soal harga mobil menjadi hal menarik di awal tahun. Apalagi dengan tidak lagi berlakunya diskon PPnBM yang diberikan pemerintah. Relaksasasi ini berlaku akhir Desember 2021 lalu. Akibatnya para pabrikan menaikkna harga produknya. Toh tidak semua melakukan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mempertahankan harga jual dengan skema diskon PPnBM 100 persen di Januari 2022 setelah regulasi tersebut usai pada akhir Desember tahun lalu. Seperti contohnya adalah Ertiga dan XL7 yang masih diniagakan dengan banderol potongan PPnBM.

Wuling juga membuat kejutan. Setelah sempat menaikkan harga produknya, pabrikan kembali menghadirkan harga dengan diskon PPnBM. Sebagai informasi, pada 2021 Wuling menjadi pabrikan yang mendapatkan relaksasi PPnBM dari pemerintah untuk model Confero. Wuling bahkan memberikan potongan PPnBM sendiri kepada tiga model lainnya yakni Almaz RS, Almaz dan Cortez CT dengan besaran 50 persen.

Kini di awal 2022, Wuling memberikan potongan pada semua model populernya yakni Almaz, Almaz RS, Cortez CT, Confero S, Confero dan Formo S. Wuling hanya tidak memberikan potongan PPnBM pada model Formo blind Van.

launching Toyota Land Cruiser

Fortuner dan Land Cruiser

Pelebaran sayap di segmen medium SUV digarap Toyota Astra Motor (TAM). Sekarang Fortuner memiliki mesin 2.8 liter turbo diesel di Indonesia. Ia resmi diperkenalkan hari ini, Kamis, 13 Januari 2022. Kalau dilihat dari bentuk luar, model biasa mapun tipe GR Sport memiliki tampilan masih mirip dari reguler. Bukan seperti Legender di Negeri Gajah Putih.

Tapi lihat sisi positifnya. Penikmat mobil bongsor kini memiliki lebih banyak opsi, selain enjin 2.4 liter turbo diesel. Kalau ditotal, ada delapan tipe yang ditawarkan pabrikan bagi market domestik. Tersedia pula opsi transmisi manual maupun otomatis.

New Fortuner kini hadir dengan pilihan mesin baru 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 499 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm. Baca lengkapnya di sini.

Di waktu bersamaan, Toyota Astra Motor juga melepas Land Cruiser anyar. SUV besar gagah sekaligus mewah yang punya nama legendaris, kembali hadir dalam generasi baru. Jika tertarik, ia dilego Rp 2,3 miliaran. Dengan varian termahal setara 10 unit All New Avanza E senilai Rp 228,3 juta. Wajar bila banderol sang SUV tergolong mahal. Sebab ia merupakan flagship TAM, menyasar konsumen papan atas. Segenap fitur dan kapabilitas yang ditawarkan tak main-main. Memang sesuai segmentasi kendaraan premium.

Ada 2 varian yang ditawarkan TAM untuk pasar Indonesia. Pertama adalah Land Cruiser 300 VX-R dan kedua varian sporty GR Sport. Semuanya hadir dengan penggerak empat roda dan transmisi otomatis. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, kedua varian ini dipecah lagi berdasarkan pilihan warna yang juga membedakan banderolnya. Baca berita dan harganya di sini.

Suzuki XL7

Harga Suzuki

Awal 2022 menjadi waktu yang tepat bagi pemegang merek otomotif untuk mengubah harga. Salah satu sebabnya adalah berakhirnya relaksasi pajak PPnBM yang berakhir di akhir Desember 2021 lalu. Padahal kehadiran peraturan ini membuat industri otomotif bergerak cukup kencang setelah diterpa pandemi pada 2020 lalu.

Sejak pelaksanaan diskon PPnBM dari Maret hingga Desember 2021 lalu, penjualan mobil yang menjadi peserta program stimulus PPnBM terhitung sebanyak 428.947 unit atau meningkat 126,6 persen dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya 189.364 unit. Peningkatan penjualan mobil ini juga mempengaruhi capaian industri alat angkut. Tercatat pada triwulan II dan III 2021 tumbuh masing-masing sebesar 45,2 persen secara year on year dan 27,8 persen juga secara year on year.

Salah satu yang menikmati keringanan PPnBM adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menariknya, pada Januari ini Suzuki masih mempertahankan harga Ertiga dengan perhitungan diskon PPnBM meski aturan tersebut belum ada kejelasannya. Tak hanya Low MPV andalan, Suzuki juga tetap memberikan harga khusus bagi XL7.

Nah berikut daftar harga Ertiga dan XL7 dengan diskon PPnBM.

GIIAS Wuling Booth

Harga Wuling dengan PPnBM

Relaksasi pajak PPnBM yang dirasakan beberapa produsen otomotif di 2021 memang membantu dalam hal penjualan. Sayangnya, kebijakan tersebut harus berakhir di akhir tahun 2021 dan sampai sekarang wacana untuk meneruskan kebijakan PPnBM masih bergulir di tingkat atas dan tanpa kejelasan.

Namun pekan ini, Wuling kembali menghadirkan harga dengan diskon PPnBM. Sebagai informasi, pada 2021 Wuling menjadi pabrikan yang mendapatkan relaksasi PPnBM dari pemerintah untuk model Confero. Wuling bahkan memberikan potongan PPnBM sendiri kepada tiga model lainnya yakni Almaz RS, Almaz dan Cortez CT dengan besaran 50 persen.

Kini di awal 2022, Wuling memberikan potongan pada semua model populernya yakni Almaz, Almaz RS, Cortez CT, Confero S, Confero dan Formo S. Wuling hanya tidak memberikan potongan PPnBM pada model Formo blind Van.

Belum ada keterangan resmi apa yang membuat Wuling percaya diri melanjutkan program PPnBM ini sementara pabrikan otomotif lainnya justru menaikkan harga. Belum ada informasi juga sampai kapan harga diskon PPnBM privat ini diberlakukan pada model-model mereka.

Nah, berikut harga lengkap Wuling dengan PPnBM. (Raju)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil