Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Harga Mobil Tanpa PPnBM, Brand Mobil Baru dan IIMS 2022

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Harga Mobil Tanpa PPnBM, Brand Mobil Baru dan IIMS 2022

Stimulus Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) telah berhenti di akhir 2021. Padahal hadirnya relaksasi ini membuat industri otomotif terselamatkan dari kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020 lalu. Banyak pabrikan yang menginginkan relaksasi ini berlanjut. Maklum dorongan diskon pajak ini mampu menggairahkan pasar. Penjualan omotomotif, terutama roda empat, terlihat meningkat hingga akhir pelaksanaan PPnBM di Desember 2021.

Industri otomotif Tanah Air memang sempat melambat di dua tahun terakhir. Namun belakangan mulai menggeliat kembali. Market otomotif di Indonesia masih dianggap potensial. Sejumlah merek baru dan lama ingin kembali menjajaki peruntungan di sini. Sedikitnya ada lima produsen mobil siap datang sepanjang 2022. Siapa saja mereka?

Membaiknya kondisi pandemi juga langsung dimanfaatkan banyak pihak termasuk di sektor otomotif. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 siap digelar bulan depan. Tepatnya berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2022 mengumumkan beberapa merek otomotif yang ikut berpartisipasi. Mulai dari brand roda empat, roda dua hingga aksesoris dan aftermarket.

penjulan

Daftar Harga Mobil Tanpa PPnBM

Stimulus Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) telah berhenti di akhir 2021. Padahal hadirnya relaksasi ini membuat industri otomotif terselamatkan dari kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020 lalu.

Sejak pelaksanaan diskon PPnBM dari Maret hingga Desember 2021 lalu, penjualan mobil yang menjadi peserta program stimulus PPnBM DTP terhitung sebanyak 428.947 unit atau meningkat 126,6 persen dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya 189.364 unit. Peningkatan penjualan mobil ini juga memengaruhi capaian industri alat angkut. Tercatat pada triwulan II dan III 2021 tumbuh masing-masing sebesar 45,2 persen secara year on year dan 27,8 persen juga secara year on year.

Berkat pencapaian ini Menter Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menghadirkan wacana bahwa kendaraan dengan spesifikasi mesin di bawah 1.500 cc dengan harga penjualan yang berada di kisaran Rp250 jutaan bukan lagi merupakan barang mewah. Produk roda empat jenis ini bahkan menguasai segmen pasar sekitar 60 persen.

Pertimbangan di atas membuat Menperin menghadirkan usulan agar produk mobil dengan harga di bawah Rp250 juta dan dengan local purchase sebesar 80 persen tidak dikenai PPnBM mulai 2022. Menurut Agus, ini agar dapat menjaga kelangsungan industri otomotif di 2022 dan selanjutnya. Di tahun ini, GAIKINDO memproyeksikan penjualan mobil dapat mencapai 900 ribu unit. Ini artinya target industri akan tumbuh 20 persen. Baca lengkapnya di sini.

Sementara belum ada kepastian, para pemegang merek sudah mulai mengumumkan harga baru produk-produknya tanpa skema PPnBM. Hanya Suzuki yang mempertahakan harga lama untuk Ertiga dan  XL. Memang harus diakui terdapat kenaikan yang lumayan yang tentunya akan jadi pertimbangan konsumen untk membeli.

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Toyota

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Daihatsu

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Honda

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Mitsubishi

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Suzuki

• Cek di sini untuk daftar harga terbaru Wuling

brand baru

5 Merek Mobil Baru

Industri otomotif Tanah Air memang sempat melambat di dua tahun terakhir. Namun belakangan mulai menggeliat kembali. Setidaknya terlihat penjualan otomotif menjelang akhir tahun menunjukkan grafik peningkatan. Market otomotif di Indonesia masih dianggap potensial. Sejumlah merek baru dan lama ingin kembali menjajaki peruntungan di sini. Sedikitnya ada lima produsen mobil siap datang sepanjang 2022.

Dari kelimanya, empat adalah pabrikan asal Cina. Selain itu, tiga perusahaan pernah bercokol di Tanah Air. Sayang kemudian menemui sejumlah kendala, hingga memutuskan hengkang. Tapi tahun ini mereka kembali dengan startegi dan harapan baru. Siapa saja mereka? Ini catatan OTO.com.

Ada nama Ford yang dulu pernah jaya di Tanah Air lewat Ranger, kemudian Chery, BYD, WM Motor, dan Great Wall. Baca di sini untuk profil singkat mereka.

iims

IIMS 2022 Siap Digelar Bulan Depan

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 siap digelar bulan depan. Tepatnya berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2022 mengumumkan beberapa merek otomotif yang ikut berpartisipasi. Mulai dari brand roda empat, roda dua hingga aksesoris dan aftermarket.

Hadir di Hall A dan Hall D JIExpo Kemayoran, brand mobil yang turut memeriahkan IIMS antara lain BMW, Brand X, Chery sebagai brand pendatang baru, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Lalu dari importir umum, Prestige Motorcars siap menghadirkan taksi terbang listrik Ehang dan mobil listrik Tesla. Para automotive enthusiast juga bakal dikejutkan oleh banyak deretan kendaraan niremisi serta beragam produk baru dari masing-masing merek otomotif.

Untuk motor, kembali dimeriahkan oleh AHM, Benelli-Keeway, Kawasaki dan Yamaha. Selain itu, lini kendaraan roda dua juga diramaikan dengan brand listrik lokal bernama Gerobak Listrik (Gelis). Merek lokal besutan PT Solar Panel Indonesia siap persembahkan line-up kendaraan listrik pada perhelatan IIMS.

Buat industri pendukung, IIMS menggandeng Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan deretan merek aksesori lainnya. Dari asosiasi PAHAMI brand yang ikut serta yaitu AR Evolution, Arvia, Asuka, Black Rhino, Blackvue, DNY, Dorfree, Ferrox, Hurricane, JSL, Motherpolis, MS, Prime, Savini, Nine, SS, Tein, THS, Venom, Wizzard Fire, Work Wheels, Zen Wheels.

Tak hanya itu, deretan brand Aftermarket juga sudah tetapkan hadir pada IIMS 2022, di antaranya American Tool, American Secure, Auto Models, Autovision, Bay Fresh, Baze, Bowin, Deride, Glade, Grex, KIT Grand Prix, Komine, Maxpower, Maxpro, Nolan, Servvo, Shoei, Solargard, V-Kool Indonesia, Vrossi, X-lite, Yuasa Battery.

Bagaimana dengan program acara? Panitia sudah menyiapkan serangkaian acara untuk menarik pengunjung. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil