Halo Indonesia, Ford Bakal Balik Lagi Bawa Produk Baru

Halo Indonesia, Ford Bakal Balik Lagi Bawa Produk Baru

Belakangan, media sosial diramaikan dengan beragam postingan mengenai beberapa model Ford yang siap dijual di Indonesia. Model-model seperti Everest, serta Ranger yang dikenal dengan ketangguhannya, ditawarkan kembali ke penggemar merek asal Amerika tersebut.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapan Ford bakal masuk lagi?

    Tahun depan. Waktu pastinya belum diumumkan
  • Siapa yang bawa Ford ke Indonesia?

    RMA. Ini adalah pemegang layanan purna jual Ford sejak Ford Motor Indonesia cabut tahun 2016.
  • Mobilnya apa saja yang akan masuk?

    Sejauh ini baru SUV Ford Everest dan Double cabin Ranger.
  • Siapa saingan sekelasnya Ford Everest?

    Everest akan bersaing dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu MU-X dan lainnya.
  • OTO.com coba menghubungi pihak yang bertanggung jawab dengan Ford di Indonesia saat ini yakni RMA Group Indonesia. Sebelumnya RMA merupakan pihak yang ditunjuk Ford Motor Indonesia sebelum hengkang dari Tanah Air untuk bertanggung jawab pada layanan purna jual pada 2016. Soal kemunculan produk-produk baru Ford sebenarnya sudah pernah dilaporkan terutama untuk pasar fleet di wilayah-wilayah tambang dan perkebunan.

    Muhammad Irvan Mustafa, Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia membenarkan ramainya postingan media sosial mengenai produk Ford terbaru ini, terutama untuk segmen mobil penumpang. Ia mengungkapkan rencana menghadirkan kembali Ford di Indonesia sudah terbesit sejak penunjukkan RMA untuk layanan purna jual dan suku cadang beberapa tahun lalu. Baru kemudian rencana tersebut terwujud pada medio 2018-2019 dengan menghadirkan Ranger yang khusus ditawarkan ke konsumen fleet.

    "Nah untuk tahun ini, kami mencoba agar Ford kembali eksis terutama menyambut tahun 2022. Beberapa model Ford akan kami bawa ke Indonesia. Sebelumnya kan Ford hadir dibawa FMI (Ford Motor Indonesia), sekarang dibawa oleh RMA. Soal perkenalan produk sudah kami bawa ke calon konsumen loyal kami, jadi sebenarnya ini masih soft launch belum perkenalan resmi," ucap Irvan saat dihubungi OTO.com, Senin (15/12/2021).

    Ford Ranger Ford Ranger

    Meski demikian, Irvan mengungkapkan keseriusan Ford untuk kembali ke Indonesia didasari oleh banyaknya penggemar Ford yang menantikan kembali ke Tanah Air. Meski belakangan lebih dikenal dengan kendaraan fleet untuk pertambangan dan perkebunan, permintaan di segmen passenger car membuat RMA yakin menghadirkan beberapa produk di Indonesia.

    RMA yang juga merupakan produsen dan distributor suku cadang kendaraan ini melihat pasar kendaraan penumpang punya potensi digarap produk Ford. Terlebih sebenarnya, Ford merupakan pioneer dalam produk SUV penumpang ladder frame dengan produk Everest beberapa tahun lalu.

    Irvan mengungkapkan ini juga yang menjadi fokus produk Ford saat kembali ke Indonesia. Model SUV yang akan lebih banyak ditawarkan mengingat ini juga yang menjadi strategi Ford di pasar Asia Pasifik.

    Ford Ranger Wildtrak Ford Ranger Wildtrak

    "Jadi produk yang ditawarkan masih seputar Everest, Ranger serta Ranger Wildtrak yang banyak dilihat di media sosial belakangan ini. Kami yakin ini mampu memikat masyarakat Indonesia dengan beragam keunggulan dari produk Ford," ucap Irvan.

    Produk-produk Ford ini nantinya akan dibawa dari Thailand yang menjadi basis produksi di kawasan Asia Tenggara. Irvan pun mengungkapkan jika calon konsumen saat ini sudah dapat memesan produk Ford di dealer-dealer Ford yang kini ada di beberapa daerah. Soal harga, Irvan masih menutup rapat harga-harga produk tersebut sembari mengungkapkan agar bersabar saat peluncuran resminya tahun depan.

    "Sudah bisa dipesan di jaringan diler kami yang ada 10 di seluruh Indonesia. Diler ini terdiri dari layanan 3S dan 2S. Soal layanan pada konsumen ini kedepannya akan ada rencana penambahan pastinya juga peningkatan layanan untuk kenyamanan konsumen," ucap Irvan.

    Ford Everest Ford Everest

    Ford Everest

    Melihat informasi spesifikasinya di Thailand, Everest ditawarkan dengan mesin 2.0L turbo dengan tenaga 180 hp dan torsi 500 Nm dengan pilihan penggerak 4x2 dan 4x4. Terdapat beberapa fitur seperti hill descent control with adaptive speed dan hill launch assist, tire pressure monitoring system, lane keeping system, autonomous emergency braking system with pedestrian detection, adaptive cruise control dan active park assist.
    Mobil ini menggunakan electronic locking rear differential, kemampuan terabas genangan air setinggi 800 mm, serta terrain management system alias mode berkendara di beberapa kondisi.

    Model Ranger menggunakan pilihan mesin 2.2L TDCI turbo dengan tenaga 160 ps dan torsi 385 Nm serta 2.0L single turbo dengan tenaga 180 ps dan torsi 420 Nm. Masih ada mesin 2.0L Biturbo yang menghasilkan tenaga 213 Ps dan torsi 500 Nm. Sebagai mobil pekerja, Ranger mendapatkan kemudahan transmisi otomatis 10 percepatan serta sistem 4x4 shift on the fly yang memudahkan pengemudi memilih penggerak yang dibutuhkan.

    Double cabin legendaris ini punya fitur hill launch assist, traction control system, dynamic stability control dan rollover mitigation. Selain itu kemudahan fitur semi otonom seperti yang dihadirkan pada Everest juga hadir di model ini, tentu untuk model teratas.

    Kita nantikan saja kehadiran Ford secara resmi tahun depan. Ini akan menjadi segmen yang menarik untuk dilihat karena beberapa pemain di segmen SUV juga sudah menghadirkan pembaruan serta naiknya pamor model SUV belakangan yang makin banyak dilirik segmen menengah ke atas sebagai kendaraan harian. (Sta/Raju)

     

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Ford

    • Ford Ranger
      Ford Ranger
    • Ford Everest
      Ford Everest
    Mobil Ford

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Mobil Ford Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Ford

    Artikel Mobil Ford dari Carvaganza