jakarta-selatan

Suzuki Swift Generasi Baru Meluncur di India

  • 09 Feb, 2018
  • 2177 Kali Dilihat

Suzuki Swift merupakan compact hatchback yang cukup populer secara global. Mustahil jika tidak masuk pasar India, walau posisinya bentrok dengan model di merek yang sama. Setelah versi sedannya, Maruti Dzire, dipasarkan terlebih dahulu pertengahan tahun lalu, kini giliran Maruti Suzuki Swift generasi baru resmi meluncur di Delhi Auto Show 2018. Harga termurah mulai dari Rs 4,99 lakh atau Rp 106 juta.


 



Seperti Suzuki Swift generasi ketiga di belahan dunia lain, menggunakan platform baru HEARTECT yang diklaim lebih ringan. Platform yang juga digunakan Suzuki Ignis dan Suzuki Baleno ini, menerapkan struktur rangka bodi menyatu dan tidak lagi banyak terpisah-pisah. Fungsinya menambah rigiditas dan mengurangi material besi yang justru menambah berat.


Jika dibanding Swift generasi kedua, all-new Swift mampu mereduksi bobot hingga 85 kg. Semakin rigid dan ringan guna menunjang pengendalian lebih baik. Di lineup Maruti, Swift adalah model keempat yang pakai HEARTECT setelah Dzire. Sasis ini juga yang jadi platform Ertiga generasi baru.


Di India, Swift dijual dalam 4 varian, Li, Vi, Zi dan Zi+. Tipe tertinggi Zi+ satu-satunya yang dilengkapi lampu proyektor LED, lampu belakang LED dan Daytime Running Light (DRL) LED. Sistem infotainment berupa monitor layar sentuh yang memiliki fitur Android Auto, Apple CarPlay serta MirrorLink. Smart key entry tersemat dan tombol start-stop engine untuk menyalakan mesin. Fitur kenyamanan paling lengkap seperti adanya auto climate control dengan tampilan digital, auto headlamp dan audio steering switch.


Pilihan mesin ada dua. Pertama mesin bensin K12C 4-silinder 1,2-liter VVT bertenaga 81 hp dan torsi 113 Nm. Tak lain adalah mesin sama yang dipakai Suzuki Ignis di Indonesia. Mesin kedua diesel 4-silinder 1,3-liter dengan tenaga 74 hp dan torsi 190 Nm. Sesuai dugaan, transmisi terdiri dari manual 5-speed dan Automated-Manual Transmission (AMT) 5-speed. Ya, bukan transmisi CVT seperti di Eropa dan Jepang.


Pertanyaan besarnya, apakah Swift ini nantinya juga berlabuh ke Indonesia mengingat semua model Suzuki sini berkiblat ke Maruti? Belum ada jawaban pasti dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Yang jelas mereka sudah menghentikan penjualan Swift generasi kedua yang beredar sejak 2013.


Tanda tanya berikutnya, jika kelak meluncur di Indonesia, bagaimana positioning di lineup Suzuki, karena sudah ada Baleno yang hatchback juga? Memakai mesin K14B paling masuk akal ketimbang 1.2L milik Ignis. Tapi lagi-lagi sama dengan Baleno. Rasanya janggal jika SIS tidak mendatangkan Swift terbaru. Kita tunggu saja. (Odi/Van)


Baca Juga: Detail Suzuki Swift Sport Terbaru

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Suzuki Swift 2019

Lihat video terbaru Suzuki Swift 2019 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Suzuki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang