Suzuki Peroleh 89 Ribu Unit Penjualan 2022, Carry Pikap Tetap Jadi Kontributor Utama

Suzuki Peroleh 89 Ribu Unit Penjualan 2022, Carry Pikap Tetap Jadi Kontributor Utama

 

KEY TAKEAWAYS

  • Bukan mobil penumpang, melainkan kendaraan niaga yang menjadi mobil terlaris Suzuki

    Model CBU S-Presso dan Baleno juga termasuk laris
  • Tahun 2022 dinilai sebagai momen bangkitnya industri otomotif setelah terhantam pandemi COVID-19. Dampak ini juga dirasakan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengklaim dapat respons positif dari konsumen.

    Dari keterangan resmi perusahaan, SIS meraih total penjualan sepanjang 2022 dengan angka 89.067 unit. Dari torehan itu, model Carry pikap, Ertiga, dan XL7 disebut paling mendominasi dalam menopang penjualan Suzuki selama 1 tahun penuh.

    Asst. to Dept. Head 4W Sales PT SIS, Randy Murdoko mengatakan, pencapaian tersebut merupakan bukti komitmen Suzuki sebagai APM untuk terus memenuhi semua lini kebutuhan konsumen baik kendaraan niaga dan pribadi.

    "Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel mengalami peningkatan untuk ke-3 unit kebanggaan Suzuki tersebut. Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, di Desember ini New Carry berikan catatan penjualan tertinggi di tahun 2022. New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60%, kemudian disusul oleh XL7 yang berkontribusi sebesar 18% dan ke-3 adalah All New Ertiga yang berkontribusi sebesar 12%," kata Randy, (24/1).

    New Carry utamanya varian pikap mencatatkan peningkatan penjualan di 2022. Perbandingan antara Desember dan November tahun lalu ada kenaikan 17 persen. Sementara bila dikomparasi dari Januari hingga Desember 2022 dengan periode yang sama di 2021 ada kenaikan sebesar 2 persen atau mengumpulkan penjualan sebanyak 52.322 unit.

    Baca Juga: Suzuki Tawarkan Kemudahan Pembelian Awal Tahun, DP dan Bunga Kredit Rendah

    Suzuki Carry

    Suzuki Carry juga diklaim menguasai 52 persen segmen kendaraan niaga ringan jenis mini pikap di pasar domestik. Adapun di secara keseluruhan, market share penjualan ritel New Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33% dari total penjualan ritel nasional kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.

    Membuntuti Carry, Suzuki XL7 juga menuai respons yang positif atas penjualannya sepanjang 2022. Low SUV ini memperoleh penjualan sebanyak 15.998 unit atau disebut meningkat 9 persen dibanding 2021.

    Selanjutnya kontributor ke-3 adalah Suzuki Ertiga. Mobil Low MPV ini diklaim mengalami peningkatan penjualan 18 persen pada Desember 2022 atau dibanding bulan sebelumnya. Varian hybrid jadi yang paling laris dengan kontribusi penjualan 59 persen selama Desember tahun kemarin.

    Tak ada informasi berapa jumlah total penjualan ritel dari Suzuki Ertiga yang diungkap perusahaan. Namun bila mengacu wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2022, mobil ini mencatatkan angka 11.169 unit.

    Selain ke-3 model di atas yang statusnya adalah rakitan lokal, model impor atau CBU (completely built up) dari Suzuki mencatatkan total penjualan sebanyak 5.785 unit atau secara ritel naik 4 persen pada 2022 yang lalu. Suzuki S-Presso dan Baleno didapuk sebagai model paling berkontribusi.

    "Bertambahnya kebutuhan dan aktivitas atau munculnya usaha baru yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, membuat penjualan Suzuki meningkat di tahun ini. Ditambah dengan peluncuran model-model mobil Suzuki baru yang menarik selama tahun 2022, mampu memikat hati konsumen. Dua hal inilah yang menurut Suzuki menjadi penentu terpilihnya produk Suzuki sebagai teman aktivitas masyarakat sehari-hari,” imbuh Randy. (KIT/ODI)

     

    Baca Juga: Suzuki Fronx, Small SUV Berbasis Baleno Cocok Jadi Rival Honda WR-V

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Suzuki Carry

    Model Mobil Suzuki

    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
    • Suzuki Jimny
      Suzuki Jimny
    • Suzuki S-Presso
      Suzuki S-Presso
    • Suzuki Carry
      Suzuki Carry
    • Suzuki Ignis
      Suzuki Ignis
    • Suzuki Baleno
      Suzuki Baleno
    • Suzuki APV Luxury
      Suzuki APV Luxury
    • Suzuki APV Arena
      Suzuki APV Arena
    • Suzuki Ertiga Smart Hybrid
      Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    • Suzuki SX4 S Cross
      Suzuki SX4 S Cross
    Mobil Suzuki

    Jangan lewatkan

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Suzuki Carry Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Suzuki Carry

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Pickup Truck

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Suzuki Carry dari Carvaganza