• Wishlist

Suzuki Carry Pikap dan Ertiga Masih Jadi Andalan Penjualan 2019

Suzuki Carry Pikap dan Ertiga Masih Jadi Andalan Penjualan 2019

Suzuki Indonesia berkabar, pemasaran November 2019 tumbuh. Mereka mengantongi total wholesales (pabrik ke diler) sebanyak 10.077 unit. Melambung 16 persen dibanding bulan sebelumnya. Suzuki buatan lokal memberikan kontribusi terbesar dalam kinerja penjualan. Carry tetap nomor satu, diikuti mobil keluarga 7-seater Ertiga. Baik dalam sebulan kemarin, maupun Januari-November.



Produk yang dibikin di pabrik Indonesia berkontribusi 87,9 persen terhadap penjualan nasional. "Kami ingin mengucapkan terima kasih. Dan memberikan apresiasi kepada masyarakat atas kepercayaannya terhadap Suzuki. Tentu saja kami senantiasa berusaha membawa produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Serta terus melakukan penyempurnaan produk dan layanan purnajual. Tujuannya tak lain, agar dapat memenuhi harapan dan keinginan pelanggan," ucap Makmur, 4W Sales Director PT SIS dalam keterangan resmi.


November kemarin, wholesales Carry Pikap naik 4 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Dengan total penjualan sebanyak 5.843 unit. Jumlah itu menjadikannya sebagai kontributor terbesar. Yakni 57,98 persen yang sedikit terkoreksi. Di segmen kendaraan penumpang, Ertiga menyumbang 25 persen. Dibandingkan bulan sebelumnya, ia meningkat sebesar 62 persen, dengan jumlah penjualan 2.568 unit.


Mobil hatchback andalan Suzuki, Baleno, juga meningkat sebesar 9 persen. Meski tidak dijabarkan berapa angka detailnya. Sebentar lagi, pada 20 Desember mereka meluncurkan model penyegaran Baleno. Gambarnya sudah banyak bersebaran. Meski rombakan tak terlihat mencolok, biasanya ada penambahan fitur. Dan strategi ini buat menggairahkan pasar segmen itu, yang mulai dekaden.


"Baleno merupakan salah satu kendaraan unggulan Suzuki yang datang di Indonesia sejak 1996. Baleno kini mengisi segmen hatchback berpenampilan premium, dengan sentuhan desain yang elegan dan modern. Dan berhasil menjadi daya pikat Baleno bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, program penjualan yang menguntungkan pelanggan, juga mendorong peningkatan penjualan Baleno pada bulan ini," Aku Makmur.


carry pikap


Untuk perbandingan. Pada Oktober 2019, Suzuki Carry membukukan wholesales 5.630 unit. Atau meningkat 11,2 persen bila dibandingkan September. Dengan jumlah itu, Carry berhasil menguasai 60,2 persen pangsa pasar kendaraan niaga ringan di Indonesia. Unit berkontribusi 64,4 persen terhadap total penjualan. Sementara kendaraan low multipurpose vehicle besutan Suzuki, Ertiga, berhasil menguasai pangsa pasar 8,2 persen. Jumlah penyaluran dari pabrik ke diler 1.588 unit. Ia juga menjadi penyumbang wholesales terbesar kedua.


Direktur penjulan Suzuki mengaku, peningkatan penjualan selama November menjadi bukti, produknya mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. "Torehan sepanjang November mendorong Suzuki untuk turut memberikan dukungan positif, bagi pencapaian target penjualan kendaraan bermotor di Indonesia," pungkasnya. (Alx/Tom)


Baca Juga: New Suzuki Baleno Siap Meluncur Jumat ini

Jelajahi Suzuki Carry

Suzuki Carry Rp 143,6 - Rp 158,1 Juta Cicilan : Rp 3,28 Juta

Bandingkan & Rekomendasi