• Wishlist

Suzuki APV ‘Akhirnya’ Hadir Dengan Airbag

Suzuki APV ‘Akhirnya’ Hadir Dengan Airbag

JAKARTA: Fitur rem anti mengunci atau Anti-lock Braking System (ABS) biasanya telah menjadi kebutuhan standar untuk mobil keluarga. Begitu juga halnya dengan fitur kantung udara atau airbag. Namun, jika kita amati lebih jauh, Suzuki APV varian tertinggi saat ini, masih belum mengusung fitur ABS dan Airbag. Pada tahun 2014, salah satu perwakilan Suzuki, sempat menjelaskan bahwa pengguna APV belum membutuhkan ABS dan airbag. “Sampai saat ini berdasarkan studi kami, pengguna APV belum memerlukannya, ABS dan airbag. Jujur, saat ini kita tengah mempersiapkan generasi APV baru dan kalau ini dibutuhkan nanti kita akan pasang,” jelas Dony Saputra, Head of 4W Produk Development Suzuki.


Kendati demikian, berdasarkan informasi yang beredar akhir-akhir ini, tampaknya ‘janji’ dari Dony Saputra tinggal selangkah lagi menuju realisasinya. Diam-diam, ternyata Suzuki sedang menyiapkan fitur airbag untuk APV. Seperti tercantum pada Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT-Online) Kementerian Perindustrian, Suzuki Indomobile Sales (SIS) mendaftarkan APV transmisi manual dengan fitur airbag, dengan kode produk GC 415 (4x2) M/T (airbag). Kode GC 415 adalah milik APV, sementara keterangan tambahan airbag menjadi penegas hadirnya perangkat keselamatan pasif tersebut di APV terbaru.


image


Tidak seperti MPV andalan Suzuki lainnya, seperti Ertiga, model Suzuki APV yang telah  10 tahun wara-wiri di tanah air, belum juga dibekali airbag. Mengingat kasus airbag Honda yang cukup heboh di kalangan otomotif baru-baru ini atau persoalan yang juga sempat menimpa Datsun GO di India, langkah Suzuki ini sangatlah pantas untuk diapresiasi. Perlu digaris bawahi juga, fitur keselamatan pasif berupa airbag menjadi salah satu pelindung terakhir bagi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan, sehingga merupakan kebutuhan esensial bagi kendaraan roda empat dewasa ini.


Saat dikonfirmasi, 4W Wheel Marketing Director PT SIS, Makmur, tak menampik bahwa APV terbaru memang sedang dalam persiapan untuk dibenamkan fitur airbag. Makmur juga menjelaskan bahwa APV airbag ini belum akan menjadi varian terbaru. Model APV dengan tambahan airbag itu adalah khusus pesanan konsumen fleet (pembeli dalam jumlah banyak). Namun, belum diketahui pasti kapan mobil ini akan diluncurkan. Suzuki baru akan merealisasikan model APV tersebut setelah jumlah pemesanan borongannya cukup banyak. “Iya benar kami memang menyiapkan APV dengan tambahan airbag. Namun, itu setelah ada permintaan khusus dari konsumen kami yang membeli dalam jumlah banyak. APV airbag ini nanti akan dipakai di varian blind van yang memang khusus untuk kendaraan niaga, bukan penumpang,” terang Makmur saat dihubungi media, Selasa (26/05/2015).


Selama ini, konsumen fleet memang merupakan kontribusi terbesar dalam total penjualan APV secara keseluruhan, termasuk pemesanan untuk ambulans, yang mencapai 25 persen. Mengenai apakah APV airbag akan diluncurkan dalam varian baru, pihak Suzuki hanya menjawab semua sedang disiapkan secara bertahap. Pertimbangan utama adalah pada biaya produksi yang semakin naik dan berimbas langsung terhadap harga jual.