Segera Pensiun, Subaru Rilis BRZ Final Edition

Segera Pensiun, Subaru Rilis BRZ Final Edition

Subaru BRZ memasuki masa akhir siklus hidup. Saudara sekandung Toyota 86 dikabarkan sedang menuju fase regenerasi. Namun, sebelum mencapai itu, pabrikan memutuskan untuk merilis edisi perpisahan. Model spesial yang direncanakan debut minggu ini di Jerman.

Cukup lama memang model ini tak berganti baru. Sejak 2012 sampai sekarang, masih generasi pertama. Pengembangan awal bermula saat pembelian saham Fuji Heavy Industries oleh Toyota pada 2008. Di dalamnya termasuk merek otomotif Subaru. Hal ini mengarah pada ajakan Toyota kepada Subaru untuk mengembangkan prototipe, yang menggunakan platform dari Impreza.

Jadilah dua model ikonik, Toyota 86 dan Subaru BRZ. Model Subaru sendiri pertama melantai di Amerika Utara lewat ajang North American International Auto Show 2012. Nama BRZ merupakan kependekan dari mesin Boxer (B), penggerak roda belakang atau rear wheel-drive (R) dan Z untuk Zenith. Ia merupakan hasil pengembangan dari Toyota 86 yang mendapat masukan dari Subaru Technica International (STI).

Spyshot BRZ di Nurburgring

Kembali ke BRZ edisi perpisahan, kabarnya hanya dibuat 100 unit. Berbagai perubahan diterapkan pada sportscar 2+2 penumpang itu. Wujudnya memakai pelek baru berukuran 17-inci multi-spoke yang sederhana, tapi terkesan sporty. Cukup memperlihatkan sistem pengereman besar di baliknya. Kaliper merah Brembo tampak kontras dengan bingkai roda yang berwarna gelap. Sistem peredaman juga kena otak-atik, damper Sachs yang lebih kaku dibenamkan untuk memberikan kestabilan saat bermanuver.

Pilihan warna juga ada dua. Konsumen bisa memilih kelir standar Crystal Black Silica, atau Blue Pearl yang bersifat opsional. Corak biru yang khas itu mengharuskan konsumen membayar biaya lebih sekitar $ 111 atau Rp 1,6 jutaan.

Baca Juga: Edisi Salam Perpisahan, Toyota 86 GT Black Limited Hanya Dijual 86 Unit

Masuk ke dalam, pengguna disambut jok yang dibalut campuran kulit dan Alcantara. Warnanya sendiri kombinasi biru dan hitam. Aksen jahitan biru terlihat di beberapa panel seperti dasbor, panel pintu, tuas transmisi dan kemudi. Melengkapi tampilan sporty BRZ. Sebagai penegas edisi khusus, tentu ada emblem spesial. Satu hal yang tak berubah di area ini adalah sistem infotainment. Layar 7 inci terpasang di tengah dasbor. Memungkinkan untuk memutar berbagai hiburan.

Namun, jantung mekanis dibiarkan sama. Ia masih mengusung mesin 4-silinder berkubikasi 2,0-liter. Dayanya tak berubah, tetap menghasilkan 207,8 PS dan momen puntir 211 Nm. Distribusi daya dorong dari mesin ke roda belakang dipercayakan gearbox manual 6-speed. Ada versi transmisi otomatis, namun tenaganya berbeda (202 PS dan torsi 205 Nm). Khusus opsi transmisi ini lebih mahal $ 1.888 atau Rp 28 juta dari manual.

Ia pun dilego dengan seharga $ 44 ribu atau Rp 663 jutaan. Tersedia juga di Jepang, tapi dengan Toyota 86 GT Black Limited. Sesuai namanya Toyota turut menjualnya secara terbatas, lebih sedikit hanya 86 unit. Ubahan yang diberikan menyerupai Toyota AE86 Black Limited. (Hfd/Tom)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Canggih, Smartwatch Xiaomi Bisa Dipakai Unlock Mobil dan Fungsi Kontrol

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store