Edisi Salam Perpisahan, Toyota 86 GT Black Limited Hanya Dijual 86 Unit

Edisi Salam Perpisahan, Toyota 86 GT Black Limited Hanya Dijual 86 Unit

Indikasi berakhirnya hidup Toyota 86 makin terbaca. Keluarnya Black Limited sangat menandakan itu. Seperti de javu, langkah sama sempat terjadi 34 tahun lalu. Saat era kejayaan AE86 mulai pudar, muncul Toyota Sprinter Trueno GT-Apex Black Limited. Dijual 400 unit saja, sekaligus bentuk perpisahaan Hachi-Roku si jago drifting.

Jadilah AE86 yang sangat diincar kolektor. GT-Apex Black Limited mengambil basis spek GT-Apex dengan fitur paling lengkap kala itu. Seperti sudah dapat power window dan AC sebagai fitur standar. Layaknya Trueno, desain ikonik dengan lampu pop-up adalah lambang kelegendarisan. Beda dengan Levin yang pakai lampu model biasa.

Toyota Sprinter Trueno GT-Apex

Mekanikal sama seperti GT-Apex reguler. Teronggok 4A-GE 1,6-liter twin cam 4-silinder bertenaga 120 PS dan 149 Nm. Tersalur apik menuju roda belakang via girboks manual 5-percepatan. Yang bikin istimewa jelas siraman cat Black Metallic Clearcoat dengan kode 204. Ke-400 AE86 Black Limited dicantumkan kode warna itu dalam plakat nomor VIN masing-masing. Jadi bakal ketahuan, mana yang Black Limited asli dan replika. Lalu kelir hitam khusus dikombinasikan warna perunggu di pelek, emblem dan stiker bodi.

Cukup nostalgianya. Karena sang penerus, Toyota 86, segera menjadi kenangan. Sudah malang-melintang sejak 2012, memang sudah saatnya pensiun. Kabar terbaru, kolaborasi Toyobaru tetap berlanjut untuk merancang penerus 86 dan BRZ. Dikatakan mereka akan saling berbagi teknologi.

Baca Juga: Bukan Cuma Hybrid dan PHEV, Toyota Akan Luncurkan Mobil Listrik Tahun Ini

Edisi terbatas Toyota 86 GT Black Limited sangat pantas dijadikan seri pamungkas. Bahkan amat layak dikoleksi dan bakal lebih langka dari AE86 Black Limited. Cuma 86 unit yang diproduksi dengan rincian 43 unit transmisi manual dan 43 unit transmisi otomatis. Keran pemesanan sudah dibuka kemarin (12/3) sampai 16 April. Harga tipe manual 3.518.600 yen (Rp 488 juta) dan matik tambahkan 67.400 yen (Rp 9,3 juta). Siapa cepat, dia dapat.

Toyota 86 GT Black limited edition

Basisnya mengambil varian GT Limited Black Package yang dijual di Jepang. Lalu mandapat sentuhan spesial dan didandani identik versi original. Laburan cat sudah pasti hitam glossy yang memang tidak ada dalam daftar opsi warna. Ciri khas warna kontras perunggu tetap ada, tapi di pelek 17-inci multi-spoke saja. Dibaliknya tampak kaliper Brembo merah mentereng, bersamaan shock absorber lansiran Sachs.

Di dalam cukup bertabur kemewahan. Bahan suede Granlux dipakai untuk menutup panel dashboard serta door trim. Semua serbahitam, kecuali bordiran emblem Black Limited yang juga berwarna perunggu.

Interior serba hitam

Itu saja, keistimewaan tidak merembet sampai sektor penggerak. Sumber tenaga berasal dari mesin Boxer 4-silinder 2,0-liter yang mampu menorehkan tenaga 207 PS (manual) dan 200 PS (matik). Torsinya tidak berlebih, hanya 205 Nm. Mesin dengan posisi piston horizontal menciptakan titik pusat gravitasi rendah. Ciri khas Subaru itu tak dikombinasikan sistem penggerak semua roda (AWD) melainkan mengalir ke roda belakang (RWD). Menghasilkan bakat alami drifting, pewaris kelegendarisan Hachi-Roku. (Odi/Tom)

Sumber: Paultan

Baca Juga: Daftar 10 Mobil Baru yang Diprediksi Kuat Meluncur pada 2020

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil