Sedan Listrik Lucid Air Penantang Tesla model S Siap Debut

Sedan Listrik Lucid Air Penantang Tesla model S Siap Debut

Lucid Air siap dibuka tabirnya April mendatang. Sedan listrik berdesain futuristik itu pertama kali dikenalkan pada 2016 dalam bentuk konsep. Ia dipastikan meluncur di New York, Amerika Serikat, atau kemungkinan memanfaatkan New York Auto Show 2020 yang berlangsung 8 April.

Lucid Air direncanakan mendebut tahun ini

Lucid merupakan perusahaan startup otomotif yang berlokasi di California. Dipimpin Chief Executive Officer and Chief Technology Officer, Peter Rawlison, yang tak lain mantan pimpinan engineer Tesla Model S. Nantinya, Air digadang-gadang menjadi pesaing utama Tesla Model S. Tentunya ini terdengar sangat menarik.

Untuk bisa mewujudkannya, Lucid masih terus mengembangkan Air. Sebanyak 80 prototipe beta dibuat sebagai bentuk keseriusan. Dan semuanya terus diuji dalam berbagai tes. Bahkan para teknisi tengah menyetel seluruh komponen mulai dari rem, kemudi sampai sistem kestabilan, agar segala sesuatunya mumpuni. Lucid juga bakal melakukan tes ketahanan bodi dan sasis, termasuk uji tabrak.

Baca Juga: Bosch Kembangkan Sun Visor LCD Transparan, Ini Fungsinya

Selagi proses berjalan di pabrik Lucid di Casa Grande, Arizona. Perusahaan ini mengaku model pra-produksi Air bakal mulai dirakit pada awal kuartal empat tahun ini. Jika semua berjalan sesuai rencana, model produksi final siap bergulir pada akhir tahun. Lucid menargetkan produksi 15 ribu unit pada 12 bulan pertama.

Lucid Air berdesain futuristik

Tugas Lucid sebenarnya masih banyak. Tak hanya menyiapkan produk, jaringan penjualan juga menjadi persoalan. Belum ada informasi lebih jelas terkait lokasi diler. Terlepas dari itu, konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dengan booking fee $ 1.000 atau Rp 13 jutaan seperti dilansir dari Carscoops.

Dalam wujud konsep, Lucid Air ditenagai dua motor elektrik. Masing-masing mendistribusikan daya ke roda depan dan belakang. Energi dorongnya luar biasa, mencapai 1.000 hp. Saat pengenalan pertama 2016 silam, Lucid menyebut Air bakal tersedia dalam dua opsi baterai, 100 kWh dan 130 kWh. Kapasitas baterai besar membuat kemampuan jelajah mumpuni, diklami mencapai 643 km. Harga bagaimana? Setidaknya mencapai $ 100 ribu atau Rp 1,3 miliaran perkiraan Lucid.

Lucid Air versi produksi diharapkan selesai tahun ini

Urusan desain, Lucid Air bak karya seni modern. Model konsep menunjukkan atap yang terbuat dari kaca dan menyatu dengan windshield. Ini memberikan kesan sangat lega, sekaligus membiarkan cahaya masuk lebih optimal. Ada dua opsi konfigurasi tempat duduk, standar dan eksekutif (opsional). Kenyamanan untuk seluruh penumpang bukan cuma ditunjang performa andal, tapi juga setelan kaki-kakinya. Dalam situs resmi diinfokan, Air mengusung pegas udara terkalibrasi, teknologi lanjutan damper, serta desain bertitik tengah gravitasi rendah. (Hfd/Tom)

Sumber: Carscoops, Motor1

Baca Juga: Bikin Geger, Sony Pamerkan Mobil Listrik!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store