jakarta-selatan

Seberapa Canggih Suzuki Swift Hybrid?

  • 31 Jul, 2018
  • 1872 Kali Dilihat

Penampakan Suzuki Swift Hybrid, jadi indikasi kuat bakal hadir di GIIAS 2018. Pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga sudah memberi bocorannya. Menurut Marketing Director 4W PT SIS, Donny Saputra, teknologi mild hybrid SHVS (Smart Hybrid Vehice by Suzuki) pada model terbarunya lebih canggih ketimbang yang dipakai Ertiga diesel.


Suzuki Swift Hybrid


Suzuki Swift hybrid, pada dasarnya, memadukan kinerja sistem SHVS ditambah baterai lithium-ion dan mesin baru Dualjet Suzuki. Pada sistem SHVS menggunakan ISG (Integrated Starter Generator), sebuah generator dengan fungsi motor yang menggantikan alternator konvensional. Motor ISG menggunakan sabuk untuk membantu kinerja mesin saat mobil baru jalan dan berakselerasi. ISG juga punya fitur idle-stop yang bakal mematikan mesin saat mobil berhenti. Hasilnya bisa lebih hemat bahan bakar.


Baterai lithium-ion berukuran compact disimpan di bawah jok penumpang. Bobotnnya juga ringan, cuma 6,2 kg. Baterai itu bisa menyimpan energi kinetik yang sudah menjadi listrik dari hasil deselerasi. Energi kemudian disalurkan untuk menyokong kinerja ISG dan menyuplai kelistrikan yang ada di mobil. Begitu pedal rem diinjak, ISG mendeteksi dan langsung melakukan pengisian pada baterai lithium-ion dan aki 12 Volt standar. Saat akan berhenti (di bawah 15 kpj), mesin akan mati otomatis begitu gigi dimasukkan ke netral, dan pedal kopling diangkat. 


Ya, di Inggris, pilihan SHVS dengan mesin 1,2 liter Dualjet dipadankan dengan transmisi manual 5-speed dan penggerak empat roda. Pilihan transmisi otomatis cuma buat mesin turbo 1,0 liter Boosterjet dengan penggerak dua roda. Sedang di India ada kabar kalau Swift Strong hybrid bakal ditemani transmisi AMT atau yang disebut Suzuki dengan AGS. Untuk output, Suzuki Swift hybrid punya daya dan torsi sedikit lebih tinggi ketimbang non-hybrid, yakni 91 PS dan torsi 118 Nm.



Sistem hybrid SHVS dengan baterai lithium-ion menjadikan Swift lebih bertenaga sekaligus menekan konsumsi bahan bakar. Swift hybrid tampaknya masih lama untuk bisa beredar di pasar Indonesia. Di negara India saja, yang mendewakan merek Maruti Suzuki, belum mendapatkan Swift hybrid dan diperkirakan baru pada 2020 nanti diluncurkan. Alasannya karena India bakal mendirikan pabrik baterai lithium-ion di Gujarat, dan ada kemungkinan baterai itu menjadi lokalisasi komponen bagi Swift hybrid. (Tom/Van)


Baca Juga: Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, Bernyali Besar!

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Suzuki Swift 2019

Lihat video terbaru Suzuki Swift 2019 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Suzuki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang