Rolls Royce Silver Spectre, Interpretasi Wraith Shooting Brake dari Belanda

Rolls Royce Silver Spectre, Interpretasi Wraith Shooting Brake dari Belanda
Gambar
Review Pengguna

Diberi nama Silver Spectre, telah lahir satu model Rolls Royce beratap panjang melandai alias Shooting Brake. Bukan murni hasil karya Rolls Royce melainkan buah imajinasi rumah desain Niels van Roij Design yang dieksekusi oleh coachbuilder ternama Carat Duchatelet. Hanya tujuh unit diproduksi dengan kebebasan personalisasi tingkat tinggi.

Kepiawaian masing-masing pihak sudah terbukti. Dalam portofolio Niels van Roij ditemukan beberapa model menarik. Seperti Adventum Coupe, sebuah interpretasi desain orisinal Range Rover Classic berpintu dua, atau Tesla Model S bertubuh Shooting Brake nan menawan. Di sisi perakitan, Carat Duchatelet telah membuktikan keahlian selama 52 tahun, mulai dari menciptakan limosin mewah hingga kendaraan antipeluru mereka jalani.

Rolls Royce Carat Duchatelet

Tidak pernah main-main bila urusan memodifikasi Rolls Royce. Salah sedikit, image rusak dan tidak lagi memikat. Parahnya bisa jadi terkesan ‘norak’. Tapi untungnya eksekusi rumah desain asal Belanda itu cermat, mengisyaratkan hobi para aristokrat Inggris awal 1900-an. Sempat digandrungi di 1930-an, istilah Shooting Brake sendiri berasal dari kendaraan pengangkut anggota berburu berikut peralatan. Kemudian, interpretasinya boleh dibilang berevolusi jadi perpaduan kupe-estate: elegan nan sporty sekaligus hadirkan kepraktisan.

Baca Juga: Rolls-Royce Cullinan Overdose, Buah Imajinasi Spofec pada Berlian Terbesar

“Mobil bergaya dramatis ini kami hubungkan secara halus dengan kejayaan shooting brake di 1930-an. Sembari melekatkan isyarat visual ikonik dan lembut sang ikon otomotif Inggris, eksekusinya ke gaya modern tidak dibatasi oleh mobil-mobil tadi. Hasilnya tak hanya desain yang sangat orisinal, juga sekaligus mobil yang relevan secara sejarah,” komentar desainer Niels van Roij.

Rolls Royce Shooting Brake

Basis pembangun adalah Rolls Royce Wraith yang kepalanya telah dirombak habis. Dari pilar A, atap dibuat memanjang dan melandai hingga ke area bagasi. Lalu, diakhiri oleh kap bergaya hatchback. Dengan tubuh panjang, tak salah kalau didefinisikan sebagai estate atau station wagon berpintu dua. Area kaca lantas dikelilingi trim satin silver tebal mengimbangi ubahan besar-besaran. Material serat karbon dimanfaatkan guna mendapatkan bentuk atap unik, diklaim sebagai panel carbon fiber single-piece terbesar.

Seluruh model Silver Spectre memancarkan nilai eksklusivitas tinggi. Benar-benar bakal dibuat sesuai spesifikasi pelanggan. Termasuk di dalamnya pilihan warna individual berikut material. Mau itu single tone atau two tone bisa dieksekusi bahkan hingga hal mendetail seperti pinstripe yang diaplikasikan langsung dengan tangan.

Rolls Royce Wraith

Apalagi interior, mengintegrasikan dasar rancangan Rolls Royce dengan ide pelanggan. Semua bisa memilih perpaduan trim kayu di dasbor, jahitan headrest, pelat ornamen penghias, hingga seleksi kulit dan kain sutra terkurasi. Tak ketinggalan starlight headliner terbesar di Rolls Royce, bermandikan gambaran langit penuh bintang tak berujung dari pencahayaan serat optik.

Baca Juga: Modifikasi Nyeleneh Rolls Royce Cullinan Coastline Karya Mansory

Ditambah lagi, setiap Silver Spectre kebagian fitur, opsi, atau komponen istimewa. Dijamin tidak akan identik dengan ketujuh mobil lain. Dapat dipilih mulai dari picnic hamper dengan lapisan serupa dasbor, set koper dengan material pembungkus senada, hingga jam eksklusif dikelir sewarna bodi.

Urusan dapur pacu memang tak perlu diragukan lagi. Standarnya sudah dibekali enjin V12 6,6 liter dari BMW. Total ekstraksi Wraith dicatatkan sampai 632 hp dengan torsi 800 Nm (870 Nm spesifik Black Badge). Berlimpah ruah bukan? Tapi tampaknya nilai tadi kurang flamboyan. Tenaga pun ditingkatkan lagi hingga mencapai 700 hp dibarengi torsi 900 Nm.

Harga tidak diungkap karena setiap Silver Spectre dibuat sesuai spesifikasi khusus. Pasti tergantung permintaan. Namun, banderol boleh jadi tidak begitu masalah bagi mereka yang berminat dengan keunikan Silver Spectre mengingat hanya diproduksi 7 unit saja. (Krm/Odi)

Baca Juga: Rolls-Royce Ciptakan Miniatur Cullinan Berskala 1:8, Dibuat Sesuai Keinginan Klien

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store