Range Rover Velar, Keluarga Baru Land Rover

Range Rover Velar, Keluarga Baru Land Rover

Keluarga Range Rover kian ramai. Land Rover menambahkan satu member ke dalam Range Rover modern. Posisinya, mengisi celah antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Ia dipanggil dengan sebutan Range Rover Velar. Rencananya, Range Rover Velar diperkenalkan di Geneva Motor Show. Namun pihak manufaktur memaparkan penampakannya lebih dulu pada acara spesial di London, Inggris.

Dimensinya menyerupai saudara beda ibu, SUV Jaguar F-Pace. Bahkan, arsitektur bangun dan jarak sumbu rodanya pun sama, di angka 2.874 mm. Melansir pemberitaan Autocar.co.uk, Velar juga diproses pembangunannya di pabrik Jaguar-Land Rover di Solihull.

Range Rover Velar

Sedikit berbeda dengan F-Pace, Velar membawa karakter khas Range Rover. Jika F-Pace kuat karakter sportnya, Velar tentu menawarkan kemampuan melintasi beragam medan jalan. Buktinya, Velar dipersenjatai penggerak empat roda dan teknologi tercanggih off-road, termasuk Terrain Response 2. Kedalaman air yang bisa dilalui Velar mencapai ketinggian 650 mm.

Walaupun begitu, Velar ternyata lebih dikembangkan sebagai mobil jalanan on-road. Pihak manufaktur menegaskan, Velar terasa lebih sporty. "Mobil ini lebih tangkas. Niatnya agar mobil terasa lebih sporty dibandingkan Range Rover utama," papar David Doody selaku Programme Director Velar mengutip dari Autocar.co.uk.

Velar panoramic roof

Fitur utama di kabin interior adalah dua layar sentuh 10 inci dengan sistem infotainment Touch Pro Duo. Instalasi itu selain untuk fungsi, juga mengedepankan estetika desain. Dengan dominasi layar sentuh, berarti mengurangi penggunaan tombol atau dial konvensional. Bahkan pemilihan Terrain Response diakses melalui layar sentuh bagian bawah.

Tak ketinggalan, beragam pilihan trim dan skema warna yang tersedia untuk Velar. Yang paling baru adalah Premium Textile, yakni penggunaan bahan non kulit pada interior namun tetap dijaga kadar premium tertingginya.

interior Velar

Ada enam ragam mesin yang bisa dipilih, masing-masing menggunakan transmisi otomatis 8-speed. Mesin paling basic, 4-silinder 2.0 liter Ingenium diesel berdaya 178 hp atau 237 hp. Untuk mesin bensin hadir 2.0 liter Ingenium bertenaga 247 hp. Mesin bensin itu juga hadir dengan pilihan tenaga 296 hp dan rencananya diluncurkan sekitar akhir 2017 ini.

Jantung mekanis tertingginya diisi diesel konfigurasi V6 bertenaga 375 hp. Untuk V6 bensin ditemani supercharger, merupakan satu-satunya opsi mesin non-turbo.

Velar dipasarkan musim panas tahun ini dibanderol £44.830. Pihak Land Rover mengungkapkan sejak teaser nya dilempar ke publik minggu lalu, sudah tercatat 40.000 pemesanan, 12.000 di antaranya berasal dari Inggris.

Baca Juga: Land Rover Valer Terungkap, Debut di Geneva

Sumber: Autocar UK