• Wishlist

Range Rover Berpintu Dua Dihidupkan Kembali oleh Desainer Niels van Roij

Range Rover Berpintu Dua Dihidupkan Kembali oleh Desainer Niels van Roij

Pembatalan produksi Range Rover SV Coupe menjadi kekecewaan bagi para penyembah leluhur RRC (Range Rover Classic). Namun, Niels van Roij Design berusaha mengobati. Mereka mewujudkan penghormatan desain klasik berpintu dua dengan Adventum Coupe. Berstatus hasil karoseri, produksi dibatasi sebanyak 100 unit saja.

Kalau kembali ke masa kelahirannya, SUV ikonik Inggris ini dirancang berpintu dua. Kendati begitu, desain orisinil seakan dilupakan setelah berganti generasi. Bak kacang lupa kulit, namun mungkin kepraktisan empat pintu lebih mudah diterima sebagai SUV mewah. Range Rover pernah berencana mengembalikan identitas leluhur dengan menghadirkan SV Coupe sebagai model flagship mereka. Sayang rencana ini harus kandas karena pertimbangan evolusi jangka panjang.

Adventum Coupe

Solusi terakhir untuk merasakan kembali jiwa orisinal adalah pengerjaan kustomisasi. Seperti rancangan Niels van Roij yang dieksekusi coachbuilder Bas van Roomen. Menyisakan wajah, termasuk bonnet serta fender, dan bokong. Semua dirombak habis sehingga tersisa dua pintu, membedakan model standar dari pilar A sampai C. Desain pintu juga berubah, ventilasi vertikal di depan absen dan tentu secara dimensi memanjang agar komposisi sedap dipandang.

Baca Juga: Land Rover Discovery Anyar Diduga Pakai Mesin Mild Hybrid

Gambaran tangguh bertahan, dengan tetap membawa nama coupe karena garis atap tetap rata. Tidak melandai kemayu sebagaimana SUV lain bergaya kupe. Karoseri ini pun menyesuaikan ciri khas bodi Range Rover dengan panel aluminium. Banyak kemungkinan personalisasi dapat memuaskan keinginan dari segi eksterior. Mulai dari penutup tangki bensin, kelir two-tone, sampai ventilasi tambahan di bonnet atau fender.

Range Rover Adventum Coupe

Begitupun dalam kabin. Proses desain dilakukan langsung dengan calon pemilik. Material mewah dapat dieksploitasi seperti wol bulu domba, hingga kayu jati boleh jadi mengisi kabin. Saking bebasnya, body stripe favorit dari baju kesukaan pemilik mungkin untuk diadaptasi pada interior. "Jika diinginkan, setiap Adventum Coupe dapat saja memiliki skema warna dan material yang unik baik itu di interior maupun eksterior," jelas Niels van Roij.

Untuk model pertama ini mengombinasikan eksterior Arctic White dengan interior merah. Masuk ke dalam, piano black menghiasi kelir dasbor. Bangku belakang turut diubah, mengadopsi model captain seat ketimbang jok memanjang. Sama halnya pada doortrim, terdapat dua tuas pembuka, satu untuk penumpang depan dan satu untuk penumpang belakang. Unik di edisi pertama ini, seluruh lantai dilapis kayu jati disudahi aksen garis putih. Mewah.

Interior mewah Range Rover Adventum Coupe

Harga Adventum Coupe dimulai dari 270 ribu Euro atau nyaris Rp 4,5 miliar. Ini merupakan varian dengan basis mesin V8 Supercharger 5.0 liter sekuat 525 hp. Banderol kemudian melonjak sesuai personalisasi konsumen. Mereka baru melaksanakan project setelah menerima deposit 50 ribu Euro (Rp 830 juta), dengan estimasi waktu pengerjaan paling cepat enam bulan. (Krm/Tom)

Sumber: Nielsvanroij, Autocar UK

Baca Juga: Land Rover Defender Beraksi di Film James Bond Terbaru