Puluhan Ribu Hyundai Kona Electric dan Nexo Kena Recall

Puluhan Ribu Hyundai Kona Electric dan Nexo Kena Recall

Ada sukses, ada gangguan. Itulah yang tengah dialami Hyundai. Salah satu modelnya, Hyundai Kona Electric merupakan mobil listrik dengan penjualan terlaris dari line up Hyundai Motors. Tak hanya di dalam negeri, statistik tersebut berlaku untuk pasar global bagi pabrikan asal Korea Selatan itu. Namun, bukan tanpa ganjalan bagi Hyundai dengan eksistensi Kona. Telah dilaporkan bahwa Kona Electric harus mengalami recall.

Crossover listrik tersebut mengalami recall di negara asalnya, karena dilaporkan adanya masalah pada sistem pengereman elektroniknya. Menurut lansiran Reuters, setidaknya sebanyak 50.864 unit Kona Electric harus mendapatkan perbaikan karena masalah ini. Kabar ini merupakan kampanye recall kesekian kalinya untuk grup Hyundai-Kia dalam beberapa waktu terakhir.

Dalam keterangannya disebutkan sistem pengereman Kona Electric berpotensi gagal bekerja karena kesalahan pada software, seperti disampaikan Kementerian Transportasi Korea Selatan. Namun sejauh ini belum ada kejadian atau kecelakaan yang disebabkan oleh malfungsi tersebut.

Dari angka 50.864 unit tersebut, 40.000 unitnya adalah Kona Electric sedangkan sisanya adalah Hyundai Nexo. Unit Kona Electric yang termasuk dalam recall ini adalah yang diproduksi dalam periode antara Mei 2019 sampai November 2020. Sementara untuk Nexo adalah pada varian hydrogen fuel cell. Nexo yang dimaksud merupakan model produksi Januari 2018 sampai November 2020.

Hyundai Kona Electric 2021 Pengisian daya Hyundai Kona Electric

Sejauh ini, Kona Electric yang dimaksud adalah unit yang beredar atau dipasarkan di Korea Selatan. Belum diketahui apakah akan berpengaruh kepada Kona Electric yang dipasarkan di negara lain, termasuk Indonesia. Seperti disebut sebelumnya, Kona Electric adalah salah satu mobil listrik terlaris, khususnya untuk pasar Eropa.

Situasinya tidak mengenakkan bagi Hyundai. Pasalnya, ini bahkan bukan pertama kalinya Hyundai melakukan recall untuk Kona Electric. Sebelumnya pernah terjadi recall untuk 74.000 unit Kona Electric di seluruh dunia, atas risiko kebakaran yang terjadi pada belasan unit di Korea, Kanada dan Eropa. Recall satu ini telah berlangsung selama dua tahun belakangan.

Di Indonesia sendiri, Hyundai belum lama lalu meluncurkan Kona Electric bersama dengan Ioniq Electric untuk pasar retail. Peluncuran Kona Electric berlangsung pada awal November 2020 lalu, yang sekaligus menjadikannya salah satu mobil listrik murni paling terjangkau di Indonesia. Harga yang ditawarkan PT Hyundai Motors Indonesia untuk Kona Electric adalah Rp 674,8 juta dalam kondisi on the road (DKI Jakarta).

Baca juga: Ini Alasan Hyundai Kona Electric Pantas Dijadikan Sebagai Tunggangan Utama

Hyundai Nexo Hyundai Nexo

Spesifikasi Kona Electric

Nilai mendasar dari Kona Electric jelas terletak di segi pemacu.  Spesifikasi teknis Kona Electric memiliki baterai dengan kapasitas 39,2 kWh, untuk memberikan daya ke motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM). Baterai ini mampu membawanya bepergian lebih dari 250 km dalam satu kali pengisian penuh. Ketika sudah habis, baterainya bisa diisi dimana saja lewat portable charger bawaan.

Powertrain ini sanggup memberikan daya 134 hp, bersama torsi sebesar 395 Nm. Angka fantastis untuk sebuah crossover kompak. Keseruan dorongan listrik dibarengi pula kenyamanan pengoperasian. Tanpa tuas, komando transmisi terlaksana melalui set tombol di konsol tengah. Selain itu, regenerative braking dan One Pedal Driving System meringankan beban saat lalu lintas padat. Pengereman dapat terlaksana lewat paddle shift sebelah kiri. Sementara di sisi kanan menentukan seberapa kuat daya regenerative braking.

Kinerja motor listrik meminimalisir jumlah komponen bergerak di sektor mekanikal. Tanpa piston, kruk as, klep, dan sebagainya. Logikanya, komponen tadi akan aus setelah melampaui jam terbang tinggi sekaligus membutuhkan pelumasan dan perawatan berkala yang intensif. Tentu Kona Electric tetap memerlukan perawatan berkala, hanya saja teknisnya agak berbeda. (Why/Raju)

Sumber: Reuters, Paultan

Baca juga: Pilihan Crossover dengan Penggerak Motor Listrik, Pilih Nissan Kicks e-Power atau Hyundai Kona Electric?

Jelajahi Hyundai Kona Electric

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai H100
    Hyundai H100
  • Hyundai Tucson
    Hyundai Tucson
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
  • Hyundai Grand i10
    Hyundai Grand i10
Mobil Hyundai

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai

Bandingkan & Rekomendasi