Menguji Kemampuan Tata Prima LX 2528.K di Arena Offroad

Tata Motors, meluncurkan kendaraan niaga terbarunya, Prima 2528.K Agustus 2017 lalu di ajang GIIAS. Kendaraan di segmen dump truk ini ditawarkan Tata Motors, guna memenuhi kebutuhan angkutan di sektor infrastruktur atau pertambangan. Untuk menguji keunggulan truk baru bikinan India ini, Kamis (14/9) Tata Motors menantang OTO menjajal langsung Prima 2528.K.

tata3

Berlokasi di Offroad Land, Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat, Tata Motors menyajikan arena yang dibuat mirip seperti area tambang.. Turunan curam, tikungan tajam, bergelombang serta jalanan berlumpur disajikan untuk menguji kemampuan handling dan juga fitur 4X6 pada Prima 2528.K.

Sebelum mulai, Tata Motors mengungkapkan, Prima 2528.K memiliki keunggulan pada sistem penggerak 6X4. Truk berdimensi super besar ini, juga dibekali mesin berkapasitas 6.700 cc yang mampu menghasilkan tenaga 280 HP pada 2.500 rpm. Untuk torsi puncaknya mencapai 975 Nm pada 1.500 rpm. Selain itu, sasisnya diklaim juga lebih kokoh dibanding kompetitor serta ban yang khusus dirancang untuk medan off-road.

Tata mengklaim penggunaan mesin yang dipadukan dengan sistem penggeraknya, ditambah kopling ekstra besar di transmisi. Ini bisa meminimalkan tenaga yang hilang dari mesin ke roda, sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang tinggi.. Ujungnya efisiensi biaya yang dikeluarkan untuk mengoperasikan Prima 2528.K.

Saatnya mencoba, mengendarai kendaraan yang memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) hingga 25 ton ini, ternyata terbilang mudah. Lingkar kemudi yang tidak terlalu besar serta radius putar yang cukup pendek, membuat manuver tak terlalu sulit.

Untuk menguji kemampuan fitur 4X6 yang digunakan, dipilih jalanan bergelombang cukup besar. Hasilnya, Bogie Suspension 12 lembar (belakang) dan parabolic di depan membuat pengemudi dan penumpang berayun karena mengikuti gelombang jalan. Namun sayangnya, kami tidak bisa menjajal seperti apa rasanya membejek gas dalam-dalam truk besar ini hingga mencapai kecepatan maksimalnya yang 87 km/jam.

Di dalam kabin, truk heavy duty ini memiliki desain kontempoter yang dilengkapi dengan 4 point suspensi untuk membuat kabin mengayun lebih lembut dan tidak bikin mabuk darat. Ini sangat berguna untuk truk yang sering melewati medan tidak rata.Tempat duduk juga bisa diatur ketinggiannya, serta untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi, Tata Motors sudah melengkapi kabin truk ini dengan penyejuk udara (AC).

"Kebutuhan atas kendaraan niaga, khususnya di industri pertambangan dan kontruksi, menuntut spesifikasi kendaraan yang baik. Terutama di sektor kenyamanan, daya tahan komponen serta efisiensi bahan bakar serta daya angkut yang sesuai. Semua ini harus terintegrasi guna mendukung aktifitas pengguna untuk mengejar produkfititas dan profit. Hal itu yang coba kami lakukan dengan menghadirkan Tata Prima 2528.K," terang Pankaj Jain, Direktur Sales and Marketing PT TMDI.

Truk ini sudah mulai dipasarkan Tata Motors. Untuk harga, Prima LX 2528.K cabin chassis dijual Rp 802,39 juta (off the road). Sementara Tata Prima LX 2528.K dump truck full karoseri dipasarkan dengan harga Rp 992,5 juta (on the road). Harga ini lebih mahal ketimbang Hino, pesaing dekatnya. (Ald/Ddn/Van)

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil