PLN Siapkan Ragam Layanan Untuk Kendaraan Listrik

PLN Siapkan Ragam Layanan Untuk Kendaraan Listrik

Pihak Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jakarta Raya (PLN DIsjaya), berkomitmen mendukung penggunaan kendaraan listrik. Bukan hanya memperluas jaringan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU), mereka juga menyiapkan ragam fasilitas pendukung pembayaran.

charging station PLN

“Kekhawatiran tentang ketidaktersediaan fasilitas kendaraan listrik perlu dikikis. Kami punya fasilitas charging station 900 unit yang dipasang di Jakarta. Di seluruh Indonesia, sampai saat ini sudah lebih dari 1.500 unit. Tidak ada keraguan di charging station bagi produsen mobil untuk kendala kendaraan listrik di Indonesia,” jelas M. Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya, di Jakarta Pusat, hari ini (14/12).

PLN menurutnya bukan saja menyediakan soket pengisian umum. Namun juga peranti yang mudah melakukan transaksi. “Sudah ada empat versi SPLU. Termasuk metode pembayaran, nanti bisa pakai QR code, sekarang pakai kartu (uang elektronik). Hal ini juga dalam rangka mendukung gerakan pemerintah cashless,” imbuh Ikhsan.

membayar tanpa perlu tunai

OTO.com juga berkesempatan melihat proses akses mesin SPLU. Pengguna cukup memiliki kartu uang elektronik. Kartu itu bisa digunakan untuk membeli listrik di SPLU sesuai kebutuhan pemilik kendaraan. Setelah dibeli, peranti pengecasan tinggal dicolokkan langsung ke soket 2 hole yang menjadi standar mayoritas SPLU di jaringan Disjaya.

Kapasitas daya SPLU saat ini masih berkisar 500-2.200 watt. Daya itu menurut Ikhsan masih terus ditingkatkan. “Kedepannya kami memasangkan model fast charging, jadi tak perlu menunggu lama untuk pengguna motor atau mobil ketika mengisi daya listriknya.”

motor listrik pln

Selain meningkatkan daya, pihak penyelenggara listrik ini juga menambahkan jaringannya ke institusi pemerintah dan swasta. “Kami juga sudah menyurat pengelola gedung untuk sediakan space 3x6 meter untuk pasang SPLU dan digunakan untuk parkir kendaraan listrik. Seperti kantor Gubernur, DPR, MPR. Sekarang ada di gedung Kementerian ESDM,” jelas Ikhsan.

Bahkan dirinya pun membuka kesempatan bagi pabrikan maupun pengembang swasta agar turut memasang peranti ini. “Tidak perlu ada keraguan, keberadaan SPLU juga bisa dilihat di Google Maps dan PLN Mobile,” tutup Ikhsan. Harapannya dengan langkah ini, pemerintah bisa terus menggerakkan seluruh lini industri agar selaras beralih ke penggunaan kendaraan listrik. (Van/Odi)

Baca Juga: BMW dan PLN Jalin Kerjasama Bangun Infrastruktur SPLU

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature