Peugeot Rilis 5008 Generasi Terbaru

Peugeot Rilis 5008 Generasi Terbaru
Gambar
Review Pengguna

Peugeot baru saja merilis wajah Peugeot 5008 terbaru untuk Model Year 2017. Tapi tunggu dulu, kenapa ada yang janggal melihat desainnya sekarang. Yup, Peugeot 5008 generasi pertama yang diluncurkan tahun 2009 merupakan mobil berjenis MPV. Sedangkan Pug 5008 yang baru saja diperkenalkan tampil bak SUV nan gagah. Padahal Peugeot 5008 merupakan sebuah mobil keluarga yang ideal. Kepraktisan yang tinggi, akomodasi untuk 7 orang penumpang dan karakter berkendara yang nyaman terutama untuk digunakan perjalanan jauh.


Tampaknya tren menurunnya pasar MPV di seluruh dunia, membuat banyak pabrikan beralih ke model SUV dengan tampilan lebih berotot dan dengan daya jelajah lebih tinggi. Banyak pabrikan yang memanfaatkan momen tersebut, tak terkecuali Peugeot, dengan harapan mampu mencicipi sebagian pangsa pasar SUV yang sedang booming dan menguntungkan.


Desain belakang 5008


Itulah mengapa 5008 bertransformasi menjadi sebuah SUV 7-seater di C-Segment. Dengan format seperti ini, kelak akan menyasar pasar SUV segmen C lainnya yang sudah diisi Land Rover Discovery Sport, Kia Sorento, Hyundai Santa Fe dan Nissan X-Trail. Tantangan yang teramat berat bagi Peugeot, namun mereka akan mengambil strategi harga yang berbeda dan menawarkan kelengkapan lebih banyak.


Dibandingkan 5008 terdahulu yang berwujud MPV, 5008 baru lebih panjang 19 cm, wheelbase bertambah 16,5 cm, tapi tinggi tetap 1,64 meter. Desainnya seperti mengadopsi bahasa desain baru karena tampak mengotak dengan hilangnya desain membulat seperti di seri yang lain. Tampak depan masih menyiratkan karakter Peugeot yang terinpirasi SUV Peugeot 4007.


Teknologi i-Cockpit di interior


Teknologi Peugeot i-Cockpit menjadi highlight interior dan sudah standar di seluruh varian. Berupa layar berukuran 12,3-inci di panel instrumen dan monitor layar sentuh 8-inci di konsol tengah. Teknologi ini berupa penampilan grafis yang canggih dengan tambahan animasi agar memberi nuansa futuristik untuk di dalam kabin.


Beralih ke desain SUV namun Peugeot mengklaim tetap mempertahankan kepraktisan MPV. Peugeot 5008 merupakan SUV 7-seater murni yang memang dirancang untuk memuat tujuh orang dewasa tanpa kesempitan. Kursi di setiap baris dapat diatur dengan lima sudut berbeda dan terdapat isofix tiga titik untuk membawa serta anak-anak. Penumpang belakang diberi soket listrik, tirai dan meja lipat dibalik kursi baris pertama. Kapasitas kargo mudah diatur dengan melipat kursi baris ketiga. Bobot kursi yang kurang dari 11 kg semakin memudahkan proses tersebut.


SUV dengan kepraktisan MPV


Jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat, kapasitas kargo membengkak menjadi 1.124 liter. Apabila menghabiskan seluruh ruang kabin hingga plafon, mampu menampung hingga 1.940 liter. Bahkan masih terdapat ruang 1.060 liter saat kursi baris ketiga saja yang dilipat. Di varian tertinggi, dilengkapi fitur power back door dengan hanya mengibaskan kaki di bawah bemper belakang.


Produk SUV Peugeot terbaru seperti 5008 dan 3008 menggunakan konstruksi baru bernama Efficient Modular Platform 2 (EMP2) dengan mesin yang sudah lolos Euro 6.1. Pilihan mesin tetap ada bensin dan diesel, dengan emisi gas buang CO2 hanya 117 g/km untuk mesin bensin dan 108 g/km dari mesin diesel. Kecilnya emisi gas buang tentunya berdampak pada pajak yang lebih kecil juga terutama untuk regulasi di Eropa.


Seperti model Peugeot sebelumnya, 5008 akan ditenagai mesin bensin turbocharged dan diesel. Mesin bensin yang terkecil berkapasitas 1,2-liter turbo bertenaga 128 hp dan dipasangkan dengan transmisi manual atau otomatis 6-speed. Mesin lawa 1,6-liter turbo hadir kembali dengan tenaga 163 hp dan pilihan transmisi sama. Sementara lini mesin diesel terdiri dari kapasitas 1,6-liter dan 2,0-liter dengan tenaga 99 hp dan 178 hp. Mesin diesel 2,0-liter berpotensi mengisi trim 5008 GT dengan pilihan transmisi otomatis saja. Walaupun berpenampilan gagah, Peugeot belum berencana memberi opsi penggerak empat roda. Jadi seluruh mesin untuk menggerakkan roda depan saja.


Peugeot 5008 akan tampil pertama kali di depan publik saat Paris Motor Show 2016 berlangsung bulan depan, dan mulai dipasarkan untuk pasar Inggris terlebih dahulu bulan Februari 2017.


Baca Juga: Hyundai i10 Facelift di Paris Motor Show 2016


Sumber: Autocar, Newspress UK

Jelajahi Peugeot 5008

Peugeot 5008 Rp 745 - Rp 840 Juta Cicilan : Rp 17 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store