Penerus Mazda CX-5 Dikonfirmasi Bakal Mengusung Platform RWD dan Mesin 6 Silinder

Penerus Mazda CX-5 Dikonfirmasi Bakal Mengusung Platform RWD dan Mesin 6 Silinder

Dalam pengembangan platform elektrifikasi Mazda, terselip satu komposisi powertrain dan drivetrain yang menggairahkan. Adalah kehadiran jantung dengan enam ruang bakar dan basis penggerak roda belakang. Namun tidak spesifik dibuat mempersenjatai model sportscar. Kabarnya format seperti ini bakal turut mejeng untuk jajaran SUV besar pabrikan dan kemungkinan tampil perdana di penerus CX-5.

Ya, platform kendaraan teranyar tengah disiapkan Mazda untuk melancarkan pergeseran elektrifikasi. Adalah SkyActiv Multi-Solution Scalable Architecture, bakal melahirkan setidaknya total 13 kontestan hybrid, PHEV, dan battery EV. Merupakan salah satu akselerator program elektrifikasi untuk lima tahun mendatang. Basis ini sendiri akan mengadopsi format mesin menyamping (transverse) di lini produk berukuran kecil dan memanjang (longitudinal) khusus jajaran menengah ke atas.

Mazda CX-5 GT

Di samping itu, teknologi enjin baru SkyActiv-X tengah dikembangkan. Diklaim menjanjikan keuntungan mesin diesel dan bensin tanpa membawa kekurangannya. Efisien, memainkan ‘trik sulap’ kompresi tinggi yang lebih canggih. Namun mereka turut mengembangkan jantung enam silinder segaris. Siap jadi amunisi terbaru pabrikan Zoom-Zoom setelah sekian lama terus berkutat dengan jantung empat silinder.

Baca juga: Mazda Siapkan Lebih dari 13 Model Berteknologi Elektrifikasi Sampai 2030

Hal ini jelas akan membuat skenario produk Mazda – tak terkecuali SUV – berubah total. Melawan arus saat mayoritas pabrikan berbondong-bondong mengurangi jumlah silinder. Pun seperti diketahui, kontestan arus utama mereka berbasis penggerak roda depan dan mengadopsi enjin empat silinder. Kini sebagian siap berubah haluan dan salah satunya adalah CX-5. Terindikasi bahwa ia juga bakal jadi yang pertama.

Seperti dilansir dari Carsales, Direktur Pemasaran dan Produk Mazda Australia, Alastair Doak menyebutkan platform anyar ini akan hadir untuk jajaran SUV. Kendati begitu, ia tidak bisa mengonfirmasi secara spesifik apakah CX-5 jadi yang pertama. Namun, Managing Director Mazda Australia/, Vinesh Bhindi justru menyebutkan bahwa CX-5 bakal mengusung konfigurasi anyar ini. “Mazda terus berinvestasi di motor bakar dengan efisiensi tinggi, dengan SkyActiv-X, dan keluarga mesin enam silinder generasi baru yang akan memberi tenaga pada generasi baru produk berplatform besar kami, yakni CX-5 ke atas,” kata Vinesh Bhindi dalam presentasinya.

Mazda New Technology and Product Development Policy

Turut dikonfirmasi bahwa enjin enam silinder akan mengadopsi teknologi hybrid. “Mesin enam silinder anyar ini adalah mild-hybrid. Untuk itu, ia akan memiliki pada dasarnya sistem 48 volt dan seperti jenama lain – seperti Mercedes dan lainnya – ia memompa sedikit tenaga dan torsi untuk membantu mesin,” jelas Doak.

Berdasarkan bocoran, CX-5 konon kebagian opsi mesin bensin enam silinder segaris 3.000 cc dan diesel 3.300 cc. Versi bensin dibekali teknologi SkyActiv-X mild hybrid dan sanggup gelontorkan output sampai 282 hp/340 Nm. Di lain sisi versi diesel kemungkinan besar disokong turbo untuk memuntahkan tenaga 282 hp dibarengi torsi buas sampai 600 Nm.

Meski belum bisa dipastikan, cukup masuk akal kalau CX-5 pertama kali mengusung basis terbaru ini. Ia merupakan salah satu generasi model yang sudah mengaspal cukup lama, sejak 2016. CX-5 juga jadi model terlaris sekaligus menguntungkan sehingga diekspektasikan dapat mendorong kinerja pabrikan di tengah kelesuan pasar. (Krm/Tom)

Sumber: Carsales, Paultan

Baca juga: Mazda2 Dapat Formulasi Baru Skyactiv-G 1.5, Kompresi Mendekati Mesin Diesel

Jelajahi Mazda CX 5

Model Mobil Mazda

  • Mazda CX3
    Mazda CX3
  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
  • Mazda 3 Sedan
    Mazda 3 Sedan
  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
  • Mazda 6
    Mazda 6
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
Mobil Mazda

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mazda CX 5 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mazda CX 5

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang