Obituari: Raju Febrian, Jurnalis, Mentor dan Sahabat

Obituari: Raju Febrian, Jurnalis, Mentor dan Sahabat

Kami kehilangan Raju Febrian. Kehilangan pria yang dikenal dengan sapaan 'Uda Raju.' Ia seorang jurnalis senior di OTO Media Group yang telah lebih dulu meninggalkan kami ke Rahmatullah pada hari Kamis, 3 Maret 2022. Di Rumah Sakit Dr. Suyoto, Jakarta Selatan, pada pukul 09.20 WIB, Uda Raju menghembuskan nafas terakhirnya.

Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, 48 tahun silam ini, buah hati pasangan Syafrudin Said dan Zuryawati. Ia adalah anak satu-satunya dari pasangan tersebut. Uda lahir dan besar di kota Padang dan menyelesaikan pendidikannya dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas di kota kelahirannya dan Kota Surabaya.  

Raju Febrian

Jiwa jurnalistiknya terbina saat merantau ke Jakarta, tahun 1992 ketika menempuh pendidikan tinggi di Jurusan Ilmu Jurnalistik, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP Jakarta). Selama kuliah, almarhum Raju Febrian tergolong mahasiswa yang moncer. Dikenal sangat fokus pada studinya sehingga tak heran beliau tercatat sebagai salah satu mahasiswa dengan nilai terbaik. Lulus dengan nilai magna cumlaude.

Sejak jaman kuliah, almarhum dikenal sebagai pribadi yang kalem, tenang dan tidak banyak berbicara. Ia sangat fokus mengerjakan tugas-tugas kuliah dan belajar. Bahkan dalam banyak kesempatan, almarhum tidak mengajak berbicara jika tidak diajak ngobrol karena memang almarhum adalah sosok yang pendiam.

Lulus kuliah dalam waktu yang relatif cepat, 4 tahun – Raju mengawali karier jurnalistik di Tabloid Paron. Setelah itu Ia pindah ke Majalah Tempo selama 1 tahun dan pernah merapat ke Stasiun TV RCTI menangani program sport. Kisaran dua tahun di RCTI, ia kembali lagi ke Grup Tempo menjadi editor di Koran Tempo.

Raju Febrian

Kecintaannya pada dunia otomotif dan kecepatan, mendorongnya pindah meninggalkan Tempo untuk berlabuh di Carvaganza untuk menduduki posisi baru sebagai Pemimpin Redaksi. Almarhum adalah salah satu orang yang membentuk Carvaganza dan Motovaganza yang bernaung di bawah bendera PT Ekuator Media Vaganza (EMV). Dikenal sebagai seorang pekerja keras dan pemikir hebat. Banyak sekali ide-ide brilian yang dilontarkan almarhum, terutama dalam hal konten website di Carvaganza dan Motovaganza.

Karier almarhum di OTO Media Group diawali ketika Carvaganza dan Motovaganza bergabung dalam naungan PT Carbay Services Indonesia yang terkenal dengan portal otomotif OTO.com. Bergabung pada bulan Januari 2020, Uda Raju mengisi posisi Asistant Managing Editor.

Uda Raju juga dikenal sebagai wartawan pemberani dan  menjunjung nilai-nilai idealisme. Almarhum merupakan salah seorang wartawan yang disegani dan memiliki jaringan luas di industri serta sangat dikenal karena keramahan dan kebaikannya. Ia pun aktif di organisasi Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Pada saat meninggal dunia, almarhum tercatat sebagai anggota Dewan Pembina FORWOT untuk masa jabatan 2021 – 2025. Sekaligus sebagai bentuk meneguhkan kecintaannya terhadap dunia otomotif.  

Kepiawaian Raju Febrian di dunia jurnalistik juga diakui oleh para koleganya di kantor.  Sebagai senior, Ia kerap ‘ngemong’ para juniornya  sebagai mentor dan teman diskusi yang mengasyikkan. Di luar jam kerja, ia pun berlaku sebagai sahabat dengan penuh perhatian pada rekan-rekannya.

Selamat jalan Uda Raju, karya-karya dan kerja kerasmu akan terus kami kenang dan jadikan contoh. Semoga tenang dan berbahagia di surga Allah SWT. (Eka/Van)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature