Nissan Rilis Teaser Crossover Mungil Anyar Berparas Datsun

Nissan Rilis Teaser Crossover Mungil Anyar Berparas Datsun

Nissan pamer bagian-bagian kecil wujud crossover teranyar mereka. Diberi nama Magnite, mobil ini akan menjadi SUV Nissan paling mungil. Wajar saja lantaran pada awalnya diniatkan untuk mengisi line-up Datsun. Bahkan dapat dilihat beberapa identitas khas sang merek alternatif Nissan.

Gambar penggoda terakhir Magnite menunjukkan hasil guratan desainer pada area moncong. Sebagaimana tampilan pre-production model, tentu ada penekanan yang agak berlebihan. Ambil contoh pelek diameter besar dibalut ban dengan telapak kasar, bersemayam di balik pelindung sepatbor ekstra tebal. Pun dibuat kian gahar oleh scuff plate. Bagaimana rupa model produksi masih menjadi misteri, namun berdasarkan laporan Autocar India tidak akan melenceng jauh dari versi konsep.

Teaser lampu depan Nissan Magnite

Identitas gaya dapat dilihat jelas: sedikit rasa Kicks, lebih banyak nuansa Datsun. Rumah lampu memanjang. Seolah menginterpretasikan mata Nissan Kicks di atas struktur wajah Datsun. Coba lihat DRL berbentuk huruf L, menyerupai Redi-GO. Lebih terang-terangan lagi dijelaskan oleh garis terluar grille, meliuk seperti interpretasi grille Datsun. Besar kemungkinan Nissan akan menyebut ‘V-Motion’ lewat aplikasi bezel kromium di dalamnya.

Urusan teknologi, boleh saja mengharapkan penerapan lampu LED. Minimal pada DRL, dan tidak mengherankan bila berperan sebagai sumber pencahayaan utama pada kasta teratas. Selain itu, konon Magnite akan dibekali fitur berlimpah seperti kamera 360 derajat. Juga di dalam kabin tersemat fitur lengkap seperti automatic climate control, head unit touchscreen berikut ragam konektivitas, hingga tombol pengaturan di setir. Semua itu mungkin dilakukan agar kompetitif di pasar India.

Baca juga: Nissan Indonesia Resmi Jual Livina Sporty Package Rp 265,4 Juta

Ya, India ditujukan sebagai habitat asli Magnite. Mengisi segmen SUV/crossover kompak kelas teri sebagai pengembangan produk Datsun. Hanya saja kepergian jenama itu dari India membuat pengembangan produk entry-level masuk ke portofolio Nissan. Itulah mengapa ada rasa Datsun di Magnite.

Teaser SUV kecil Nissan pengganti Datsun

Sebagai produk terjangkau, ia mengadopsi platform modular aliansi Renault-Nissan: Common Modular Family versi A (CMF-A+). Ia berbagi basis dengan Renault Kiger – crossover 5 penumpang saudara langsung Renault Triber. Rancang bangun ini disematkan pemacu ekonomis pula, berupa unit tiga silinder 1,0 liter naturally aspirated BR10 milik Renault. Total keluaran daya jelas tidak fantastis, hasilkan 73 PS saja dibarengi torsi puncak 96 Nm. Standarnya dikawinkan girboks lima percepatan serta diekspektasikan juga opsi AMT.

Di samping itu, dikabarkan ada varian bertenaga besar dari mesin HR10. Komposisi sama tiga silinder 1,0 liter namun disokong rumah keong pemaksa udara alias turbo. Total ekstraksi mencapai angka 96 PS lantas tersalur ke roda melalui opsi transmisi manual lima percepatan atau CVT.

Tudung penutup model konsep bakal dibuka pada 16 Juli mendatang di Jepang. Diekspektasikan meluncur di India pada Januari 2021 dengan banderol berkisar di 525 ribu – 600 ribu Rupee (sekitar Rp 101,8 – 116,3 jutaan). (Krm/Tom)

Sumber: Carscoops, Autocar India

Baca juga: Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina Kena Recall, Pompa Bensin Berpotensi Masalah

 

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store