Misteri Wajah BMW M3 Terkuak, Adopsi Grille Besar Seperti M4

Misteri Wajah BMW M3 Terkuak, Adopsi Grille Besar Seperti M4
Gambar
Review Pengguna

Begitu BMW 4 Series Coupe diluncurkan, ubahan radikalnya langsung menciptakan pro dan kontra. Bagaimana tidak, identitas Twin Kidney Grille dirombak habis dan seketika ia menjadi anak paling beda. Namun begitu edisi buasnya ketahuan sedang diuji coba di jalanan, paras sudah tidak lagi mengejutkan. Tapi ada satu hal mengganjal, juga mengejutkan, terkait sang saudara M3 sedan.

Menarik garis keturunan, 3er dan 4er berbagi desain yang cukup identik. Hal ini dikarenakan 4 Series adalah pemisahan kupe dari line-up 3 Series. Makin kesini memang makin dibedakan, terutama di fasad depan. Lihat saja pada evolusi model standar termutakhir. Sang sedan cenderung bermain aman sementara kupe menggemparkan para fans lewat grille tinggi besar dan pipih – mencirikan leluhur 328 di era 1930-an.

Kendati begitu, nilai kesamaan kemungkinan besar diaplikasi kembali pada model performa tinggi. Sudah sering dilihat foto M4 sedang buka-bukaan di jalanan sehingga bisa diketahui bagaimana grille besarnya memamerkan diri. Di lain sisi, M3 kerap terlihat malu-malu dan menyembunyikan sesuatu. Tapi tidak pada spyshot terakhir dari Autocar. Sedan kompak nan buas itu diketahui selama ini menutup wajah serupa M4 dan akhirnya terkuak.

Baca Juga: BMW Ungkap Detail Spesifikasi M4, Transmisi Manual Belum Punah!

Suka atau tidak, kemiripan elemen desain diduga kuat terjadi. Eksekusi serupa pula dengan lubang hidung ekstra besar mendominasi, kemudian dipusatkan oleh kanal udara di samping bawah. Kalau mata mulai beradaptasi dengan model kupe – ya, lama kelamaan tampak mengesankan – entah bagaimana impresi M3 sedan ketika sudah telanjang bulat.

BMW M3 side profile

Lihat saja nanti, yang pasti M3 dirancang lebih gahar dari basis standar. Ia mempertahankan profil keseluruhan hanya saja ditempa agar mendukung potensi. Misal sepatbor melar di samping berisi sepatu gambot. Besar kemungkinan komposisi pelek staggered (belang depan dan belakang) diadopsi sebagaimana M4.

Identitas sedan tidak diotak-atik terlalu jauh di buritan. Spoiler tipis mengisi bibir kap bagasi sementara di titik terendah ada empat lubang knalpot. Diketahui elemen trim hitam bakal menjadi bingkai dari set exhaust dan diffuser pencipta downforce.

Dalam tubuh M3 dikabarkan mengadopsi komponen mekanikal serupa M4. Sama seperti langkah si kembar X3M dan X4M, artinya tersemat jantung enam silinder 3,0 liter turbo oprekan divisi Motorsport: S58. Total keluaran daya dicatatkan sebesar 480 hp pada varian terendah. Sementara itu, model Competition sanggup membuncahkan 510 hp. Torsi juga berlimpah, pada video teaser M4 disebutkan hingga 650 Nm.

Baca Juga: BMW 3 Series Sedan Bertenaga Listrik Tertangkap Sedang Diuji Coba

Awal peluncuran, BMW akan mempertahankan komposisi penggerak tradisional. Tenaga disalurkan sepenuhnya ke roda belakang melalui girboks manual, atau otomatis delapan percepatan sebagai opsi tambahan. Meski begitu, teknologi AWD M xDrive berikut girboks otomatis 8-speed M Steptronic diturunkan dari M5 dikenalkan belakangan. Menjadikan penerus M3 sebagai model perdana dengan penggerak empat roda.

Spy shot BMW M3

Pengembangan dari Mesin Lama

Output bertambah signifikan dari unit S55 milik M4 F82 yang kini masih beredar. Jauh, mesin lama hanya menghasilkan paling kuat 500 hp – Itupun hadir di balik varian terkencang M4 GTS. Model standar mendapat 431 hp saja sementara paket Competition dibekali potensi 450 hp. Sebagai pembanding, S58 siap gelontorkan 480 hp hingga sekitar 510 hp – tanpa kemampuan water injection dalam intake seperti eksekusi M4 GTS.

Penyempurnaan jantung enam silinder melewati beberapa revisi. Salah satu kuncinya ialah langkah piston 90 mm. Memanjang namun tetap mempertahankan diameter ruang silinder 84 mm. Permak ukuran jeroan diklaim BMW M bantu tingkatkan torsi.

Selain itu, dua turbocharger mono-scroll menggantikan komposisi satu rumah keong twin-scroll B58. Didukung pula oleh teknologi variable valve timing Valvetronic dan profil noken as variable ‘Double Vanos’ termutakhir BMW M. Terakhir, rasio kompresi diturunkan dari 10,2:1 (S55) menjadi 9,3:1 (S58). (Krm/Odi)

Sumber: Autocar

Baca Juga: BMW M5 dan M5 Competition Disegarkan Mengadaptasi Arah Facelift 5er

Jelajahi BMW M4 Coupe

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store