Mercedes-Benz dan BMW Pamer Hasil Jualan Tahun Lalu, Siapa Pemimpinnya?

Mercedes-Benz dan BMW Pamer Hasil Jualan Tahun Lalu, Siapa Pemimpinnya?

Duo merek Eropa, Mercedes-Benz dan BMW, baru saja memamerkan hasil jualan mereka tahun lalu. Meski kondisi ekonomi masih belum pulih akibat pandemi, berkaca dari jualan kedua merek ini rasanya bisa disimpulkan kondisi pertumbuhan ekonomi Tanah Air kini semakin membaik. Seperti apa gambarannya? Simak laporan berikut ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Penjualan BMW dan Mercedes-Benz

    Ada pertumbuhan yang baik meski masih terimbas pandemi
  • Mercedes-Benz

    Berdasarkan data Gaikindo, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) berhasil meraih penjualan sebanyak 3.184 unit mobil penumpang tahun lalu. Hasil ini meningkat 26 persen dibandingkan penjualan mereka di 2021. Selain itu, mereka mengklaim kembali mempertahankan posisi nomor satu diantara luxury brand otomotif di Indonesia.

    Soal model yang berkontribusi, meski tidak secara gamblang diungkap, Mercedes-Benz GLC, C-Class dan E-Class menjadi penyumbang terbesar. Termasuk dua model elektrifikasi yang terakhir diperkenalkan yakni EQS dan EQE yang telah dipesan 100 unit oleh konsumen Tanah Air.

    Mercedes-Benz EQS

    Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT MBDI mengungkapkan pihaknya di awal 2022 telah berkomitmen untuk menghadirkan 10 model baru di Indonesia. Paling pertama adalah GLC dengan model GLC 200 Night Edition. Pada pertengahan tahun ada All New C-Class dan ditutup dengan mendirikan Mercedes-EQ Space untuk peluncuran kendaraan listrik pertama dari Mercedes-Benz di Indonesia.

    "Tahun 2022 menjadi tahun yang istimewa untuk lini Top End Vehicle Kami, di mana kami berhasil merakit kendaraan Mercedes-AMG secara lokal di pabrik kami Wanaherang serta mencetak angka penjualan tertinggi di lini Mercedes-AMG dan Mercedes-Maybach. Keberhasilan ini semakin membawa kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan visi menjadi luxury brand yang paling dicintai di Indonesia," ucap Jun dalam keterangannya akhir pekan lalu.

    Beberapa model anyar Mercedes-Benz yang hadir 2022 lalu antara lain GLC 200 AMG Line Night Ediiton, E 200 Coupe AMG Line, V 250 Avantgarde Line, All New C 200 Avantgarde Line dan All New C 300 AMG Line. Masih ada New CLS 350 AMG Line Coupe, new Mercedes-Maybach S-Class, new Mercedes-Maybach GLS, new EQS dan new EQE.

    Mercedes-Benz EQE

    "Tahun ini kami akan kembali menghadirkan model-model terbaru dari lini kendaraan listrik Mercedes-EQ serta menawarkan Best Customer Experience kepada semua pelanggan untuk menggapai visi menjadi luxury brand yang dicintai di Indonesia," ucap Jun.

    Baca juga: BMW i Vision Dee, Mobil yang Bisa Berganti 32 Warna

    BMW

    Tahun lalu, BMW Indonesia meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang kehadirannya di Indonesia sejak 2001 lalu. Total angka 3.742 unit dengan kenaikan sebesar 21 persen dibandingkan 2021 yang hanya terjual 3.102 unit. Angka ini merupakan gabungan merek BMW dan MINI.

    Lebih detail, sebanyak 3.023 unit kendaraan BMW dan 719 unit kendaraan Mini menyumbangkan penjualan tahun lalu. BMW mencatatkan pertumbuhan sebesar 24,2 persen year on year dan Mini sebesar 7,5 persen year on year. BMW Indonesia mengungkapkan pertumbuhan positif ini didasari rencana jangka panjang dan berkesinambungan dan sambutan positif konsumen terhadap model-model kendaraan terbaru dari BMW dan Mini.

    BMW i

    Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group indonesia mengungkapkan hasil penjualan ini merupakan buah kerja keras seluruh tim dan mitra strategis dan menjadi awal yang baik untuk menyambut 2023. Angka penjualan ini merupakan tertinggi sepanjang sejarah BMW di indonesia.

    "Keberhasilan ini menunjukkan bahwa brand BMW dan Mini, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang," ucap Ramesh dalam keterangannya minggu lalu.

    Pertumbuhan ini didukung oleh kehadiran model kendaraan terbaru. Mulai dari All New BMW Seri 2 Gran Coupe, BMW X3 dan X3 M, serta X4 M. Secara total BMW Indonesia meluncurkan 20 model kendaraan terbaru tahun tahun lalu termasuk model elektrifikasi i4 dan iX.

    Mini juga memperkenalkan model baru Special Edition Mini Resolute hingga Mini Untold dan Mini Electric. Peresmian diler baru seperti di Pekanbaru dan layanan BMW Mini Approved Bodyshop BMW Ultimate hadir dengan standar global.

    BMW 3 Series LCI

    Lebih detail, model terlaris adalah BMW Seri 3 dengan total penjualan 576 unit. Hasil ini tumbuh 19 persen dibanding 2021. Selanjutnya, BMW X3 489 unit, X5 sebanyak 449 unit, dan X1 sebanyak 392 unit.

    Model lainnya, Seri 5 laku sebanyak 294 unit. BMW 218i Gran Coupe terjual sebanyak 2551 unit. Model performance seperti M3 dan M4 laku sebanyak 136 unit. Sedan termewah, Seri 7 laku sebanyak 84 unit, meningkat 29 persen dari tahun 2021.

    Mini terlaris adalah model Countryman rakitan lokal yang terjual sebanyak 336 unit. Mini 3 pintu sebanyak 260 unit. Ini termasuk Mini Electric yang meluncur Juni 2022.

    "Tahun ini BMW Group Indonesia akan terus menghadirkan brand premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri otomotif INdonesia. Jumlah SPK yang luar biasa pada GIIAS 2022, termasuk rangkaian kendaraan full listrik dari BMW akan berkontribusi secara signifikan pada rencana berkelanjutan dan jangka panjang BMW INdonesia," ucap Ramesh.

    (STA/TOM)

    Baca juga: Memahami NEDC, WLTP, EPA Juga CLTC sebagai Klaim Jarak Tempuh Kendaraan Listrik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature