Mazda6 Generasi Baru Gunakan Mesin 6 Silinder dan RWD, Ini Reka Tampilannya

Mazda6 Generasi Baru Gunakan Mesin 6 Silinder dan RWD, Ini Reka Tampilannya

Ubahan besar-besaran akan dilakukan Mazda pada sedan andalannya, Mazda6. Pabrikan asal Hiroshima, Jepang, itu memang tengah menyiapkan generasi baru Mazda6 yang kabarntya tidak lama lagi akan diperkenalkan secara resmi. Prediksi terkuat saat ini mengatakan Mazda6 generasi ketiga akan diungkap tahun depan atau pada 2022. Tak hanya ubahan desain, Mazda6 baru ini nantinya akan menggunakan format baru pada drivetrain yang digunakan

Dilansir dari laman Spyder7 disebutkan jika waktu peluncuran Mazda6 baru akan digelar pada paruh pertama pada 2022. Keasikan berkendara dengan sedan ini konon akan semakin ditekankan oleh Mazda dengan mesin dan sistem penggerak baru. Orientasi yang semakin kental dengan karakter premium diambil oleh Mazda untuk generasi barunya nanti.

Mazda6 generasi baru akan menggunakan platform berpenggerak roda belakang alias RWD (Rear Wheel Drive), yang akan berbagi dipakai juga untuk setidaknya satu model lain Mazda setelahnya. Platform baru ini mengganti platform saat ini yang diprioritaskan untuk mengakomodasi gardan di depan. Konfigurasi tradisional ini akan membuat Mazda6 baru seperti sedan premium umumnya, khususnya dari Jerman.

Mazda6 2021

Selain sistem penggerak roda belakang yang baru, Mazda6 akan juga mendapat mesin yang lebih besar, dengan konfigurasi enam silinder. Mesin berkapasitas sampai 3.0 liter itu kabarnya akan tersedia dalam jenis bensin maupun diesel. Mazda sendiri memang sudah melakukan pengembangan untuk mesin enam silinder ini sejak tahun 2019.

Sebagai informasi, Mazda6 elite yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin bensin SKYACTIV-G 2.5 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve dengan kapasitas 2,488 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 140 Kw (190 ps) @ 6,000 rpm dan torsi maksimum sebesar 252 Nm @ 4,000 rpm.

Selain untuk mesin enam silinder, sedan terbesar dalam line up Mazda ini juga dikatakan akan hadir dalam pilihan varian plug-in hybrid (PHEV) untuk pertama kalinya. Teknologi baru pada sisi drivetrain akan diikuti juga oleh perubahan desain yang revolusioner oleh Mazda.

Desain eksterior Mazda6 terbaru besar kemungkinan akan berubah dramatis, mengadopsi konsep yang ditampilkan melalui Mazda Vision Coupe yang pernah diperkenalkan beberapa tahun lalu. Selain mirip mobil konsep bergaya premium, desain ini juga akan menyeragamkan tampilannya dengan Mazda3 saat ini yang mengawali rangkaian kendaraan generasi ke-7 Mazda.

Baca juga: Mengenalkan Kembali SUV Mazda CX Series, 5 Model 5 Karakter

Mazda Vision Coupe Concept

Mazda3 terbaru khususnya versi hatchback merupakan interpretasi gaya bahasa desain Mazda terkini, yang sebelumnya ditunjukkan oleh konsep Mazda Kai. Hasilnya, versi produksi Mazda3 terbaru 90% sama dengan desain Kai. Gaya khas yang ditunjukkan Kodo Design versi terbaru ini adalah moncong tajam dengan lampu depan yang unik, garis body minimalis, serta bagian belakang yang tegas.

Mazda6 dengan gaya Kodo Design dan teknologi Skyactiv telah hadir sejak tahun 2012, yang kemudian mendapat facelift di tahun 2015. Tiga tahun berselang, Mazda6 Elite hadir sebagai versi major change dengan desain dan rangkaian teknologi baru. Dan tidak lama lagi, siap-siap kita tunggu lahirnya generasi baru Mazda6 yang di Jepang beredar dengan nama Atenza. (Why/Raju)

Sumber & Ilustrasi: Carscoops, Spyder7

Baca juga: Fokus Hanya ke SUV, Mazda Tak Minat Bawa MPV untuk Saat Ini

Jelajahi Mazda 6

Model Mobil Mazda

  • Mazda CX 5
    Mazda CX 5
  • Mazda 3 Hatchback
    Mazda 3 Hatchback
  • Mazda 2
    Mazda 2
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
  • Mazda CX3
    Mazda CX3
  • Mazda 3 Sedan
    Mazda 3 Sedan
  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
  • Mazda 6
    Mazda 6
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
Mobil Mazda

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mazda 6 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mazda 6

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang