Kaleidoskop 2021: Lomba Fitur dan Teknologi Keamanan Mobil Baru

Kaleidoskop 2021: Lomba Fitur dan Teknologi Keamanan Mobil Baru

Ada catatan menarik soal perkenalan model-model baru di 2021. Meski masih dalam kondisi pandemi covid-19 namun beberapa pabrikan tetap berkomitmen untuk menghadirkan model terbarunya di berbagai segmen. Tak sekedar ubahan tampang dan peningkatan kenayaman, bersamaan dengan kehadiran mobil baru tersebut, diselipkan pula berbagai teknologi beserta fitur-fitur menarik yang terkandung di dalamnya. Baik peranti yang mendukung keselamatan berkendara hingga ke soal kenyamanan di dalam kabin dan sambungan konektivitas ke smartphone.

Ragam fitur disematkan pada kendaraan terbaru yang diluncurkan di Indonesia dan yang menggembirakan tidak hanya tersedia di segmen atas. Mobil low MPV dan Low SUV yang dirilis di sini juga telah dilengkapi fitur hiburan dan keselamatan seperti yang tersemat di mobil premium. Misalnya Honda Sensing atau Toyota Safety System (TSS).

Kami merangkum berbagai teknologi dan fitur terbaru yang dihadirkan pada kendaraan-kendaraan yang diluncurkan sepanjang 2021.

Honda BR-V 2021

Honda Sensing

Fitur ini mungkin sudah ditemui pada model teratas Honda seperti Accord, CR-V dan Odyssey. Sebagai kendaraan berlabel premium, fitur tersebut pasti sangat tidak asing dengan peranti keselamatan tersebut, namun menariknya kini peranti tersebut juga tersedia di Honda City Hatchback dan Honda BR-V.

Honda Sensing terdiri dari ragami menu keselamatan yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya benturan atau kecelakaan pada saat di jalan raya. Di antara peranti keselamatan tersebut tersedia Collision Mitigating Braking System yang mendeteksi segala objek di sekitar kendaraan mulai dari mobil hingga pejalan kaki. Saat terjadi kemungkinan benturan, sistem akan secara otomatis mengurangi kecepatan bahkan melakukan pengereman agar kendaraan terhindar dari kecelakaan dengan objek lain.

Selanjutnya Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow (ACC LWS). Melalui peranti ini, kendaraan dapat melaju secara otomatis sesuai dengan yang diinginkan dan ia juga dapat mendeteksi kendaraan di depannya untuk menjaga jarak aman saat melaju. Seketika kendaraan di depannya mengurangi kecepatan, ACC LWS ini juga akan mengurangi laju serta menjaga jarak aman secara otomatis tanpa intervensi dari pengendaranya.

Lead Car Departure Notification System merupakan sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat mobil berhenti dan kendaraan di depannya mulai berjalan menjauh. Lane Keep Assist (LKAS) – Road Departure Mitigation. Melalui fitur ini, sistem akan menjaga kendaraan tetap pada jalur yang terdekteksi di sekitarnya. Sesaat kemudi tanpa sengaja mengarahkan kendaraan keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan berupa suara dan getaran pada setir. Jika pemberitahuan tersebut tidak direspon oleh pengendara, fitur Road Departure Mitigation akan segera mengkoreksi kemudi dan mengembalikan kendaraan ke jalur semula.

Auto High-Beam. Fitur yang satu ini juga kerap ditemui pada kendaraan premium beberapa tahun silam dan berfungsi untuk memberikan pencahayaan yang maksimal pada kondisi jalan yang berbeda. Pada kecepatan di atas 40 km/jam sistem secara otomatis mendeteksi jangkauan lampu utama untuk membantu pengendara berorientasi saat malam hari.

Baca juga: All New BR-V Pakai Honda Sensing Jadi Varian Paling Laris

Toyota Raize

Toyota Safety Sense (TSS)

Nah, fitur Toyota Safety Sense yang kini terdapat pada beberapa model baru seperti Raize dan Avanza adalah salah satu nilai tambah. Apalagi bagi All New Avanza yang generasi terbarunya kini disebut telah naik kelas, salah satunya berkat pengunaan fitur ini di dalamnya.

Toyota Safety Sense memanfaatkan teknologi kamera dan sensor laser untuk mendeteksi objek di sekitar mobil. Salah satunya ialah Pre-Collision System yang akan mendeteksi kemungkinan terjadinya benturan dengan objek di depan mobil dan memberikan notifikasi yang tertera pada layar MID.

Selanjutnya tersedia pula fitur Lane Departure Alert with Steering Control yang bekerja untuk mendeteksi marka jalan dan memberi peringatan bila kendaraan keluar jalur tanpa sengaja. Dan untuk pengendaraan di malam hari, TSS juga menyediakan fitur Automatic High-Beam yang mampu memberikan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kondisi di depan kendaraan tampak minim pencahayaan, secara otomatis sistem akan mengubah pencahayaan dari low beam (lampu dekat) ke high beam (lampu jauh). Namun jika dari arah berlawanan terdeteksi ada kendaraan atau objek lainnya sistem juga akan secara otomatis mengubah mode high beam ke low beam.

Menariknya lagi, fitur TSS juga memanfaatkan sistem laser untuk membaca rambu-rambu lalu lintas yang berada di sekitar kendaraan. Fitur ini dinamakan Road Sign Assist yang membantu pengendara untuk mendeteksi rambu lalu lintas seperti larangan berhenti dan batas kecepatan yang berlaku di wilayah tersebut. Sehingga pengendara dapat tetap mematuhi rambu lalu lintas selama melakukan perjalanan.

Toyota Avanza dan Veloz Toyota Avanza dan Veloz

Rear Cross Traffic Alert & Blind Spot Monitor. Fitur Blind Spot Monitor (BSM) sudah cukup jamak ditemukan di mobil-mobil baru di Indonesia saat ini, terutama di segmen atas. Fitur menampilkan peringatan visual maupun auditory bila mendeteksi kendaraan obyek lain yang mendekat dari samping dan berada di area blind spot. Fitur ini berfungsi saat Anda hendak berpindak jalur di jalan raya.

Rear Cross Traffic Alet (RCTA) akan mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang dari arah samping. Menggunakan sensor, sistem ini memperingati pengemudi yang hendak berjalan mundur, seperti keluar dari parkiran, bila tiba-tiba ada kendaraan ada yang melintas di belakang.

Pedal Missoperation Control. Sistem akan mendeteksi penerapan pedal gas atau pedal akselerator oleh pengemudinya. Buat ilustrasi begini. Bayangkan Anda sedang parkir di gedung parkir Mall lantai atas, lalu saat mundur tiba-tiba Anda tak sengaja menginjak pedal gas terlalu dalam. Fitur ini akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan tidak sampai menabrak tembok pembatas dan mobil terjun bebas.

Daihatsu Rocky 1.2L

Daihatsu Advance Safety Assist (ASA)

ASA merupakan teknologi yang bekerja dengan memakai sensor dari kamera stereo sehingga mendeteksi objek di sekitar mobil. Saat mengetahui mobil dalam keadaan bahaya, fitur tersebut memberi perintah untuk mengontrol mobil untuk menghindarinya.

Fitur yang satu ini sebenarnya sejenis dengan Toyota Safety Sense dan disematkan pada kendaraan kembar mereka, sebut saja seperti Avanza-Xenia terbaru dan Rocky-Raize yang mengisi segmen Low SUV. Perbedaannya, Daihatsu membaginya dalam enam menu yang terdiri dari Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

Secara garis besar, fitur tersebut juga memanfaatkan sensor pada stereo camera di kaca depan dan berfungsi untuk mendeteksi objek di depan mobil. Seketika terdapat kemungkinan benturan, sistem akan memperingatkan bahkan melakukan pengereman otomatis untuk meminimalisir dampak dari tabrakan.

Baca juga: Carvaganza Editors Choice Award 2021 Best Newcomer Award: Daihatsu Rocky

Wuling Almaz RS

Wuling WISE & ADAS

Fitur pintar yang dihadirkan lewat Wuling Almaz RS cukup menggebrak dunia otomotif di tahun 2021. Pasalnya stigma miring yang selama ini menempel pada brand Tiongkok sekejap dianulir oleh kehadiran dua peranti ini.

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) menghadirkan pengalaman baru dalam mengoperasikan kendaraan melalui smartphone. Dengan layanan Internet of Vehicle yang terdapat di dalamnya, Wuling Almaz RS dapat dikendalikan melalui satu aplikasi saja. Mulai dari menyalakan mesin kendaraan, memindai lokasi parkir mobil, hingga mendeteksi kendaraan saat terjadi pencurian dan memungkinkan pemilik untuk mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh.

Di samping itu, seluruh pengaturan di dalam kendaraan seperti membuka dan menutup sun roof, mengoperasikan layanan hiburan hingga mengaktifkan lampu kabin hanya dengan perintah suara berbasis bahasa Indonesia. Posisi Wuling Almaz RS sontak setara dengan kendaraan kelas eropa yang sudah didukung dengan peranti serupa sejak beberapa tahun silam. Secara pribadi saya pun setuju jika Wuling sangat apik menghipnotis konsumen di Indonesia dalam waktu singkat.

Sementara fitur keselamatan berkendara di Wuling Almaz RS terpusat pada paket Advance Driver Assistance System (ADAS) yang menghadirkan beragam menu. Sebut saja seperti Adaptive Cruise Control yang dapat melajukan kendaraan secara otomatis serta memiliki kemampuan menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Fitur Wuling Almaz RS

Selain itu, fitur ini tidak hanya dapat mendeteksi kecepatan di jalanan lurus, saat memasuki tikungan fitur Bend Cruise Assistance akan otomatis bekerja untuk membelokan kemudi sesuai dengan kebutuhan. Meskipun kedua tangan pengendara harus tetap berada di lingkar setir selama fitur ini aktif.

Tersedia pula layanan Intelligent Cruise Assistance & Lane Departure Warning yang berfungsi untuk mendeteksi marka jalan dan memberikan peringatan saat kendaraan berpindah jalur tanpa mengaktifkan lampu sein terlebih dahulu. Jika peringatan tersebut tidak membuat pengendara melakukan koreksi, maka sistem Lane Keeping Assistance akan bekerja untuk mengambil alih kemudi untuk mengembalikan kendaraan ke jalur semula.

Jika saat menggunakan fitur cruise control sistem mendeteksi potensi benturan, fitur Forward Collision Warning akan memberi peringatan kepada pengendara. Bila dalam kondisi tertentu yang memungkinkan terjadinya kecelakaan maka peranti Automatic Emergency Braking akan aktif dan melakukan pengereman secara otomatis untuk mengurangi laju kendaraan. Tersedia pula beragam fitur pengendara pendukung lain seperti Intelligent Hydraulic Braking Assist dan Collision Mitigation System yang berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan saat mendeteksi objek lain di depannya.

Dan untuk mendukung pengendaraan di malam hari, Wuling Almaz RS juga sudah dilengkapi dengan Intelligent Head Beam Assistance yang berfungsi untuk menyesuaikan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan.

Hyundai Creta Hyundai Creta

Hyundai Smartsense & Bluelink

Model Hyundai yang paling anyar membawa dua fitur ini adalah Creta. Kendaraan yang mengisi segmen Low SUV tersebut digadang menjadi mobil pertama Hyundai yang akan diproduksi di Indonesia.

Tidak hanya menawarkan paket menarik dari sisi fungsionalitas dan performa, tetapi juga dari sektor keselamatan dan kenyamanan di dalam kabin. Pertama Hyundai Creta menawarkan peranti keselamatan yang terdapat dalam satu paket Hyundai Smartsense.

Fitur yang terdapat di dalam Hyundai Smartsense adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Berfungsi mengingatkan pengemudi jika terjadi potensi tabrakan dari depan, dan sistem akan melakukan pengereman otomatis.

Sama seperti fitur keselamatan di merk lain, Hyundai juga menyediakan Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA) yang menjaga kendaraan tetap pada lajurnya. Terakhir fitur keselamatan lain yang terdapat dalam Smartsense adalah Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), yang mendeteksi objek di belakang kendaraan agar mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan.

Selain fitur keselamatan canggih di atas, Hyundai juga memperkenalkan teknologi inovatif bernama Hyundai Bluelink. Dengan fitur ini memungkinkan pengendara untuk selalu terhubung dengan kendaraannya melalui aplikasi Bluelink di smartphonenya.

Hyundai Bluelink memberikan akses kepada pemilik Creta untuk fitur-fitur seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, serta untuk mengetahui di mana kendaraan di parkir.

Fitur keselamatan yang tersedia pada Hyundai Bluelink adalah Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian. Secara otomatis sistem akan mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka. (Ndo/Raju)

Baca juga: Hyundai Sematkan Fitur Smartsense dan Bluelink pada Creta

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature