Jeep Wrangler Generasi Terbaru Akan Bermesin Empat Silinder

Jeep Wrangler Generasi Terbaru Akan Bermesin Empat Silinder

Beberapa waktu yang lalu, kami sempat memunculkan foto yang diduga sebagai Jeep Wrangler generasi terbaru. Dan pada tulisan tersebut dikatakan bahwa Wrangler kemungkinan akan hadir menggunakan mesin V6 Pentastar yang ada sekarang. Nah, bocoran terbaru yang kami terima adalah Wrangler nanti justru akan diberikan mesin empat silinder. Ya, silahkan tertawa. Tapi jangan salah, mesin dengan imbuhan turbocharger berkapasitas 2.0 liter ini bisa menghasilkan tenaga hampir 300 hp. Mesin yang dinamai Hurricane ini dibekali teknologi direct injection, twin-scroll turbocharger, dan variable timing and valve, serta menggunakan blok yang terbuat dari bahan aluminum.

Wrangler terbaru sedang disiapkan

Inilah jantung mekanis yang akan menggantikan V6 Pentastar, dan Wrangler generasi terbaru, bersama dengan crossover Jeep yang sekarang sedang dikembangkan, menjadi pengguna pertamanya. Fiat Chrysler Automotive, induk perusahaan Jeep, seperti dikutip dari Automotive News, dikatakan telah menginvestasikan tidak kurang dari US $75 juta untuk pengembangan pabrik mesin di Trenton Engine Complex, Detroit, untuk memproduksi mesin empat silinder ini. Di tempat itu juga Chrysler memproduksi mesin Pentastar tadi. Selain mesin yang baru sama sekali, Wrangler juga akan memiliki transmisi otomatis 8-speed terbaru.

Wrangler akan lebih ringan

Mesin 4-silinder bertenaga badak memang bukan hal baru di dunia otomotif, terutama belakangan ini. Tren ‘downsizing’ yang menjalar kencang membuat pabrikan berlomba untuk menghasilka sesuatu yang efisien, tapi tetap berperforma maksimal. Baik dalam hal mesin ataupun dimensi kendaraan. Ford telah memiliki mesin Ecoboost 4-silinder yang mampu menghasilkan 245 hp, yang terpasang pada Focus dan Fiesta ST. Atau contoh lain yang lebih gila adalah Mercedes-Benz A45 AMG yang mesinnya menghasilkan lebih dari 300 hp. Di ajang olah raga bermotor juga mobil-mobil yang turun di WRC (World Rally Championship), memiliki mesin 4-silinder yang tenaganya melewati 400 hp.

Hal ini menjadikan Wrangler lebih menarik karena akan mematahkan salah satu stigma yang menempel: Wrangler boros bahan bakar. Bayangkan mesin yang lebih kecil, mampu memberikan tenaga yang besar, kemudian gabungkan hal tersebut dengan penggunaan transmisi otomatis 8-speed dan bobot mobil yang dikabarkan akan lebih ringan. Hasilnya adalah mobil yang efisien dengan kemampuan off road yang kegendaris. Jeep Wranger generasi terbaru sendiri dijadwalkan untuk diperkenalkan paling cepat pertengahan tahun depan.

Baca Juga: Jeep Renegade Edisi Super Hero

Sumber: Automotive News

Foto: Carbay Indonesia, off-road.com

Jelajahi Jeep Wrangler

Model Mobil Jeep

  • Jeep Wrangler
    Jeep Wrangler
  • Jeep Cherokee
    Jeep Cherokee
  • Jeep Gladiator
    Jeep Gladiator
  • Jeep Compass
    Jeep Compass
Mobil Jeep

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Jeep Wrangler Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Jeep Wrangler

Tren SUV

  • Yang Akan Datang