Intip Jeroan XC40 Elektrik, Mobil Listrik Pertama Volvo

Intip Jeroan XC40 Elektrik, Mobil Listrik Pertama Volvo

Volvo siap membuka tabir XC40 versi elektrik pada 16 Oktober. Menjelang peluncuran, pabrikan asal Swedia itu, merilis gambar jeroan mobil bertenaga listrik pertamanya. Terlihat bagaimana susunan baterai dan motor yang digunakan nanti.

Dua motor terpasang di kedua roda depan dan belakang. Ini artinya ia mengusung sistem all-wheel drive. Bodinya sendiri, tak jauh berbeda dari versi mesin berbahan bakar minyak.

Menurut keterangan resmi, mereka memastikan tingkat keamanan mobil mumpuni. Meskipun memakai basis yang sebelumnya dibekali dapur pacu konvensional. Berbagai ubahan diterapkan untuk melindungi komponen elektrik, terutama baterai.

“Terlepas dari sumber yang menggerakkan mobil, entah itu motor listrik atau mesin pembakaran, Volvo haruslah aman. XC40 elektrik sepenuhnya menjadi salah satu mobil teraman yang pernah kami buat,” ucap Chief of Safety Volvo Cars, Malin Ekholm.

Struktur baru dikembangkan, untuk melindungi seluruh penumpang di dalam. Ruang depan yang sebelumnya menjadi tempat mesin konvensional, diperkuat dan didesain ulang. Soalnya area itu tak lagi diisi perangkat sebesar internal combustion engine (ICE), tapi motor listrik. Lalu lantai mobil dijadikan tempat penyimpanan baterai yang mencakup seluruh bagian. Ia diberikan sangkar pengaman terbuat dari aluminium, yang sekaligus menjadi zona crumple terintegrasi di sekitar baterai. Di samping itu, motor penggerak di buritan ditempatkan agak ke belakang, sehingga distribusi tumbukan lebih optimal dan tak menjangkau penumpang.

Pengaplikasian elektrifikasi juga memungkinkan Volvo menyematkan teknologi otonom. Kabarnya, XC40 mempunyai kemampuan itu untuk memudahkan penggunanya. Dinamakan Advanced Driver Assistance System (ADAS), teknologi ini merupakan pengembangan dari Zenuity, perusahaan joint venture yang dimiliki Volvo Cars dan Veoneer. Di dalamnya terdapat beragam perangkat yang mendukung kinerjanya, mulai dari radar, kamera hingga sensor ultrasonic.

Belum ada informasi lebih lanjut, terkait fitur yang dibawa. Namun, Volvo memastikan, ke depannya seluruh model yang dimiliki sudah terelektrifikasi. Kabarnya, Volvo siap membuat setengah lininya ditenagai listrik sepenuhnya, dan sisanya menjadi hybrid pada 2025.

Langkah ini turut didukung dengan kehadiran Polestar. Merek terpisah yang berada di bawah naungan Volvo Cars. Mereka difokuskan menggarap mobil elektrifikasi berperforma tinggi. Sudah ada beberapa produk disuguhkan, pertama coupe plug-in hybrid yang disebut Polestar 1. Tenaganya besar, mencapai 600 PS. Kemudian Polestar 2 yang merupakan sedan 4 pintu listrik sepenuhnya. (Hfd/Odi)

Sumber: Volvo

Baca Juga: Mengenal Volvo XC90, Basis SUV yang Dilabeli “Armored by Esemka”

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil