Hyundai Siapkan Mobil Baru, Calon Lawan Toyota Raize atau Bukan?

Hyundai Siapkan Mobil Baru, Calon Lawan Toyota Raize atau Bukan?

Muncul barang baru besutan Hyundai. Kalau dilihat dari bentuk, ia tergolong sebagai mikro SUV. Kendaraan mengusung kode AX1 dan kemungkinan besar memiliki penamaan Casper. Model anyar ini bakal diposisikan di bawah Venue dan siap menjadi produk entry-level pada akhir tahun.

Menurut sumber spy shot, ukuran bodi sekitar 3.800 mm dan bukan merupakan jenis kompak SUV. Sekadar gambaran saja, kendaraan LCGC di Indonesia, seperti Brio punya panjang sama. Begitu juga Suzuki Ignis dengan dimensi panjang 3.700 mm. Sehingga bisa jadi mobil anyar Hyundai mengisi segmen di bawah Toyota Raize dan kawan-kawannya. 

spyshots Hyundai AX1

Hasil tangkapan kamera menunjukkan. Hyundai seperti memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana tampilan SUV mungil mendatang. Anda bisa melihat, mereka telah memasukkan elemen desain retro tapi juga modern. Tampilannya terlihat sangat imut sebagai kendaraan kota. Seperti lini produk Hyundai generasi baru lain, Casper dilengkapi dengan sorot utama terpisah. Namun rumah lampu berbentuk bundar, gayanya sangat klasik.

Baca juga: Hyundai Stargazer, LMPV Calon Rival Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di Indonesia?

Jika dilihat dari postur tubuh. Casper memiliki rancangan tegak dan tinggi layaknya sebuah SUV. Lantas untuk mempermanis tampilan, pelek terlihat menggunakan diameter 17 inci, dibalut ban Hankook berprofil 205/45. Sepintas memang mirip dari gaya roda Mini Cooper dual tone. Selanjutnya lampu ekor mengusung teknologi LED. Ia menampilkan elemen berbentuk segitiga, yang memberikan penegasan nuansa retro. Gaya pencahayaan buritan membulat, termasuk sein dan lampu mundur.

spyshots Hyundai AX1

Saat ini belum ada info lebih lanjut soal interior. Namun lingkar kemudi maupun dasbor diprediksi mirip dengan Kona. Setir tiga palang gaya modern dan ada head unit layar sentuh model mengambang (floating monitor). Dalam foto hanya terlihat konfigurasi jok empat sampai dengan lima penumpang. Lalu handle pintu belakang bukan berada di pinggang, namun di pilar C seperti Veloster.

Kalau Hyundai ingin memenangkan hati konsumen. Casper harus dilengkapi sejumlah perangkat infotainment canggih. Misal tersedia pula kontrol iklim otomatis, teknologi mobil yang terhubung, pengisi daya telepon nirkabel. Lanjut kluster instrumen semi-digital plus keyless entry with push button start.

spyshots Hyundai AX1

Lalu keselamatan penghuni kabin harus diutamakan. Ekspektasinya, ia memiliki minimal dual airbags, ABS plus EBD dan sensor parkir belakang dengan kamera. Casper kemungkinan dibekali mesin bensin 1,2 liter berkekuatan 83 PS. Atau diesel 1,2 liter berdaya 75 PS dari dari Grand i10 Nios. Kemudian opsi satu lagi, jantung pacu turbo bensin 1 liter 100 PS. Sebab pelek 17 inci untuk mobil semacam ini jika pakai mesin naturally aspirated bakal boros. Pemadatan udara ke ruang bakar sepertinya dibutuhkan. Nah, ketiga opsi itu kemudian dipadukan transmisi manual 5 percepatan. Lantas pilihan AMT 5 percepatan boleh jadi hanya di tipe enjin bensin maupun diesel.

spyshots Hyundai AX1

Ramalan selanjutnya, versi produksi kelak dipasarkan ke India sekitar 2022. Bagaimana dengan Indonesia? Hyundai sekarang tengah merampungkan pembuatan pabrik di Cikarang sekitar 90 persen. Casper bukan tidak mungkin punya kans untuk masuk ke dalam lini produk dan bertarung di segmen itu. Patut dinantikan pergerakan mereka. (Alx/Tom)

Sumber: Zigwheels, SHM Blog Naver

Baca juga: SPY SHOT: Terduga Hyundai Creta Kegep Lagi di Cipali, Ancang-Ancang Debut Produk Lokal?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil