jakarta-selatan
kali dibagikan

Hyundai i20 vs Kia Rio, Pertarungan Sedarah

  • 11 Jul, 2017
  • 5554 Kali Dilihat

Sama-sama berdarah Korea, Hyundai dan Kia pada dasarnya merupakan satu perusahaan. Tak aneh kalau produk mereka di segmen yang sama, terdiri atas basis arsitektur yang juga sama. Contohnya hatchback Hyundai i20 dan Kia Rio. Keduanya produk baru, khususnya Rio yang membawa titel All new. Fundamentalnya sama, yang bertujuan menghemat biaya R&D. Hanya saja, masing-masing brand memiliki resep yang berbeda. Apa saja persamaan antara Hyundai i20 dan Kia Rio baru? Berikut persamaan dan perbedaannya.


Baca Juga: Review Hyundai i20



PERFORMA


data performa mesin Kia dan Hyundai

Soal jantung mekanis merupakan salah satu bagian yang sama. Keduanya menggunakan mesin Kappa 4-silinder 1.4 liter bertenaga 100 PS dan torsi 133 Nm. Pilihan transmisinya juga sama, ada otomatis 4-speed dan manual 6-speed. Jadi kalau berbicara performa keduanya seimbang.



DIMENSI


Hyundai i20 sedikit lebih besar dari Kia Rio

Ada perbedaan mencolok dari segi dimensi. Hyundai i20 lebih pendek, lebar dan tinggi dibanding Kia Rio. Ground clearance sama, di angka 150 mm. Jarak poros roda Rio 2.580 mm atau lebih panjang 10 mm dari i20. Dimensi itu cukup memberikan ruang kabin dan bagasi yang memadai bagi masing-masing produk. Baik i20 maupun Rio menawarkan kabin yang lapang di depan maupun baris kedua. Bangku baris kedua juga dapat dilipat untuk ruang bagasi ekstrabesar.


Ada lagi perbedaannya, yakni dari sektor roda. Rio dibekali roda 15 inci berbahan alloy, sedang i20 16 inci alloy.



KABIN


fitur milik Kia Rio

Area kabin keduanya juga terbilang sama. Warna gelap mendominasi dengan sedikit sentuhan kontras. Desain dashboard i20 lebih berisi, Rio terlihat lebih minimalis dan sederhana.


Pengatur suhu kabin masih menggunakan sistem analog putar untuk keduanya. Soal infotainment, Hyundai i20 lebih modern dengan layar sentuh 8-inci yang mendukung banyak format serta navigasi. Sementara bawaan dari Kia Rio sangat sederhana, masih 2DIN standar dengan layar monochrome kecil. Meskipun begitu, posisi headunit Rio menggunakan desain mengambang atau floating sehingga sangat memungkinkan untuk diganti.


Pada palang kemudi masing-masing sudah ada tombol-tombol pengendali audio sehingga lebih nyaman dan aman. Untuk dukungan konektivitas ada port USB, AUX, dan Bluetooth.


Satu poin unggulan Rio di kabin adalah sunroof, yang tidak dimiliki oleh i20 maupun kompetitor lain di kelas yang sama.



SAFETY


Fitur Hyundai i20 Sport lebih lengkap

Fitur keselamatan sedikit berbeda dengan keunggulan di pihak Hyundai. Pada update terbarunya, Hyundai i20 Sport, sudah dilengkapi kamera depan dengan wide angle Eagle's eye view 180 derajat. Fitur itu menampilkan pemandangan depan dengan sudut mati sehingga jelas terlihat pada layar infotainment. Sisanya fitur standar seperti dual SRS airbags dan rem ABS sudah tersedia baik untuk i20 maupun Rio.



KESIMPULAN DAN HARGA


Harga i20 dan Rio hampir sama

Ternyata banyak kesamaan di antara Hyundai i20 dengan Kia Rio. Meskipun Hyundai i20 sedikit lebih unggul dari segi fitur, harganya tak terpaut jauh antar keduanya. Hyundai i20 Sport manual dibanderol Rp 251 juta, versi otomatis Rp 265 juta. All new Rio manual ditawarkan Rp 250 juta dan Rp 265 juta untuk varian transmisi otomatis.


Baca Juga: 7 Pilihan Hatchback Seharga Rp 100-200 jutaan

  • Tampak Depan Bawah Hyundai i20
  • Tampak Depan Hyundai i20
  • Fog lamp depan i20
  • Lampu depan i20
  • lampu belakang i20
  • handle pintu i20
  • Tampak belakang i20
  • Hyundai i20 Front Cross Side View
Hyundai i20
Rp 249 - Rp 263 Juta

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Hyundai i20

Lihat video terbaru Hyundai i20 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil KIA Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang