Hyundai i20 Akan Kembali Ke Indonesia?

Hyundai i20 Akan Kembali Ke Indonesia?
Gambar
Review Pengguna

Hyundai Mobil Indonesia tampaknya diam-diam sedang mematangkan proses untuk menghadirkan hatchback andalan mereka, i20. Prediksi kami berdasar pada data Status Permohonan TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian (KEMENPERIN) Republik Indonesia. Pasalnya, data ini tak kami temukan beberapa hari lalu. Dan belakangan, statusnya pun sudah berubah menjadi ‘P’ yang artinya sedang diproses oleh Direktorat Jenderal (DIRJEN) Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) KEMENPERIN.

Pada situs resmi TPT DIRJEN IUBTT, disebutkan Hyundai mendaftarkan i20 dengan dua jenis transmisi, manual dan otomatik. Sedangkan dari namanya i20 1.4, nampaknya jelas bahwa mesin untuk i20 yang diimpor ke Indonesia adalah Kappa 1.4 liter 4-silinder bensin. Mesin ini secara kapasitas memang lebih kecil 0,1 liter dibanding kompetitor di kelasnya seperti Honda All New Jazz, Toyota All New Yaris, atau Nissan March 1.5. Produksi tenaganya juga tak lebih impresif, hanya 100 PS dengan torrsi 134,4 Nm.

Desain Fluidic Sculpture kurang terlihat

Cukup disayangkan memang jika strategi yang diterapkan PT Hyundai Mobil Indonesia adalah mendistribusikan i20 dengan mesin yang tak lebih kompetitif. Pasalnya untuk pasar global, Hyundai memberikan pilihan unit mesin terbaru untuk i20 yakni 3-silinder 1.0 liter turbocharged dengan dua pilihan output. 100 PS yang efisien dan nyaman, serta 120 PS yang lebih bertenaga untuk mereka yang membutuhkan pengendaraan lebih dinamis namun tetap efisien.

Mesin diesel juga untuk pasar Eropa masih tetap hadir untuk memberikan pilihan yang lebih efisien. Berdasarkan data dari Hyundai Global, mesin 1.4 liter bertenaga 90 PS ini memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 23 km/liter (klaim).

Nah, yang kami cukup sulit untuk prediksi adalah bentuk bodinya. Soalnya sejak i20 generasi terbaru mengaspal ke dunia tahun lalu, bodi standarnya yang hatchback sudah memiliki opsi lain, yakni crossover. Sebelum beranjak ke bodi crossover, kita tilik terlebih dahulu desain versi standarnya. i20 hatchback memiliki desain yang jauh lebih modern dari i20 yang terakhir kita lihat beredar di Indonesia pada 2011.

Desainnya tentu saja mencirikan bahasa desain global Hyundai, Fluidic Sculpture. Meski aksen fluidic tak setegas Santa Fe ataupun Tucson yang terpapar di seluruh bodi, namun i20 memiliki karakter ini di bagian fascia. Tengok saja lampunya yang dilengkapi DRL berbentuk lengkungan khas Hyundai. Sedangkan bagian buritannya tampak menarik dengan kesan floating roof.

i20 active lebih macho

Berlanjut ke jenis bodi Crossover. Mobil yang pertama kali hadir pada Frankfurt Motor Show 2015 ini dinamai i20 Active, yakni versi maskulin dari i20. Nomenklatur Hyundai memasukkannya dalam segmen SUV sebagai sebuah crossover. Kami percaya diri dengan prediksi ini lantaran kelas SUV kompak memang sedang sangat panas akhir-akhir ini. Honda merilis HR-V untuk menyaingi Nissan Juke. Tak lama BR-V dirilis sebagai SUV berkabin lapang nan ekonomis. Chevrolet pun turut berkutik di pasar ini lewat Trax.

Berbasis i20, bodi hatchback ini diberikan penebalan-penebalan ala SUV di bagian terluar bodi seperti fender, sideskirt, bumper dan tak lupa roof rail. Desain bumper juga cukup kontras dengan i20 versi standar, dengan aplikasi airdam trapezoidal tegak. Berdasarkan data yang kami kumpulkan dari berbagai sumber, i20 Active memiliki proporsi cukup berbeda berkat dimensi yang lebih jangkung 20 mm. Di sisi kabin juga posisi duduk penumpang depan sedikit ditinggikan untuk menghadirkan kesan lebih gagah saat mengendarainya. Selain itu tak ada pembeda signifikan di sektor mesin, dan fitur kedua tipe bodi tersebut. Strategi menyajikan mobil dengan bentuk dan nama ini mengingatkan kami pada Chevrolet Spin Activ.

Nah, kembali ke status TPT i20, jika permohonan Hyundai dikabulkan, maka tinggal menunggu mereka memanfaatkan momentum yang menarik untuk industri otomotif di 2016. Dan nampaknya ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang digelar Agustus nanti akan menjadi medium peluncurannya.

Baca Juga: Hyundai Perkenalkan Tucson Terbaru

Jelajahi Hyundai i20

Hyundai i20 Rp 249 - Rp 270 Juta Cicilan : Rp 5,68 Juta