jakarta-selatan

Honda Odyssey 2018, Terinspirasi Desain Mobilio?

  • Jan 10, 2017
  • 3167 Dilihat

Ini bukan Honda Mobilio facelift yang baru diluncurkan Kamis (12/1) besok. Melainkan generasi terbaru Honda Odyssey, yang baru saja menampakkan batang hidungnya ke muka publik di North American International Auto Show (NAIAS) 2017. Honda Odyssey, merupakan minivan paling populer selama tujuh tahun belakangan di pasar Amerika Serikat.


Untuk model tahun 2018, Odyssey khusus pasar Amerika Utara merupakan regenerasi yang kelima. Berbeda dengan model internasional yang berbasiskan Odyssey JDM (Japanese Domestic Market), masih beredar Odyssey generasi kelima sejak 2013, sama halnya yang dipasarkan di Indonesia. Jadi, untuk model terbaru ini bukan untuk dijual di kawasan Asia maupun Indonesia.


Odyssey side


Sejak sketsa awal Odyssey 2018 dirilis beberapa waktu lalu, ada sedikit keganjilan pada desain bodi area sampingnya. Dan benar saja, ketika wujud aslinya resmi diperkenalkan, sontak desainnya mengingatkan LMPV Honda Mobilio. Apalagi hampir bersamaan dengan keluarnya video teaser Mobilio facelift yang diluncurkan lusa. Paling kentara, dari garis bahu samping yang menukik turun di pilar-C dan efek floating roof berkat kaca belakang yang menyapu ke pilar-D. Postur keseluruhan pun mirip Mobilio, ramping, rendah, namun dimensinya jauh lebih besar.


Fascia depan Odyssey 2018 mengadopsi desain Honda terbaru yang tampil modern. Identitas baru dapat terlihat dari desain sayap yang membentang dari gril dan menyatu dengan headlamp LED. Terdapat teknologi Active Shutter Grille yang akan membuka dan menutup bilah gril untuk memperlancar aliran udara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sementara di belakang, lagi-lagi buritan juga terinspirasi Mobilio dengan rearlamp LED dan terdapat fitur power tailgate yang diaktifkan dengan kaki.


Odyssey sliding door


Fitur-fitur pemanja tergolong lengkap dan semakin canggih. Sebut saja Magic Slide, yang mengoptimalkan kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. Sistem ini memudahkan konfigurasi kursi baris kedua dan juga akses ke baris ketiga walaupun sedang terpasang kursi anak-anak di baris kedua.


Kemudian ada sistem CabinWatch dan CabinTalk, layar monitor touchscreen dengan Operating System buatan Honda sendiri, konektivitas Wi-Fi 4G LTE, sistem hiburan dengan fasilitas video streaming untuk penumpang belakang dan teknologi teranyar Honda Sensing.


Magic slide new Odyssey


Interior Odyssey menggunakan material yang lebih berkualitas, termasuk area soft touch di panel instrument. Di dalamnya terdapat TFT display berwarna ukuran 7-inci menggantikan instrument model analog. Tentu saja teknologi tinggi pun disematkan untuk memikat calon pembeli dan itu terlihat dari desain center stack yang terlihat canggih dan futuristik. Di tengah dasbor, bertengger monitor layar sentuh berukuran 8-inci resolusi tinggi dengan fitur terkini seperti Apple CarPlay dan Android Auto.


Menjadi selling point lain dari Odyssey 2018 ini adalah kekedapan kabin yang superior. Honda sangat serius dalam menjaga kabin semakin kedap dari kebisingan di luar dengan menerapkan seal pintu tiga lapis, kaca akustik plus meredam suara bising yang berasal dari kolong, kompartemen mesin dan di ruang roda, untuk kemudian bekerja dengan teknologi Active Sound Control.


infotainment Odyssey


Sementara mesin mengusung konfigurasi V6 3,5-liter i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 280 hp. Khusus pasar AS memang lebih disukai mesin-mesin kapasitas besar, sehingga hanya mesin ini yang tersedia. Sebagai penyalur tenaga tersedia dua pilihan transmisi otomatis, 9-kecepatan dan transmisi baru 10-kecepatan yang hanya ada di varian atas.


“Odyssey terbaru ini menaikkan derajat teknologi, performa dan mobil ramah keluarga di segmen minivan,” kata John Mendel, Executive VP of American Honda Motor Co. “Dari seluruh aspek desainnya, Odyssey terbaru dibuat untuk membahagiakan seluruh anggota keluarga, tidak masalah posisi duduknya, tidak masalah dengan tujuan perjalanannya,” tambahnya.


Baca Juga: Honda Lampaui Target Penjualan 2016


Sumber: Netcarshow, Carscoops

Shares

Video Honda Odysseyy

Lihat video terbaru Honda Odysseyy untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer