Honda dan Visa Rancang Sistem Pembayaran Via Headunit

Honda dan Visa Rancang Sistem Pembayaran Via Headunit

Bersiaplah untuk tak perlu lagi membuka jendela saat membayar parkir ataupun membeli bahan bakar. Honda dan Visa, tengah mengembangkan headunit yang bisa melakukan pembayaran. Sistem yang mereka sebut ‘In Vehicle Payments’ ini didemonstrasikan di ajang Consumer Electronic Show 2017 di Las Vegas.

“Cara transaksi sudah berkembang dari menggunakan kartu ke digital seperti mobile wallet. Dan Honda melihat ini sebagai kesempatan , mengintegrasikan teknologi untuk membayar layanan baik itu parkir maupun membeli BBM dari dalam mobil,” jelas John Moon, Developer Relations Lead at Honda Developer Studio di Las Vegas Convention Centre, kemarin (5/1).

Peranti ini dikembangkan oleh Honda Developer Studio, yakni divisi teknologi dan produk yang bertugas mengembangkan aplilkasi bagi kendaraan mereka. Dengan sistem pembayaran via mobil ini, pemilik kendaraan hanya perlu menyambungkan sistem mobile wallet yang ada di smartphonenya dengan headunit.

Bayar bensin

Tujuan kerjasama ini, disebut Honda dan partnernya, untuk mengembangkan sistem yang inovatif, membuat pengemudi tetap merasa terkoneksi dengan mobilnya sambil memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan pemilik mobil.

Pengemudi, nantinya bakal diberi notifikasi di dashboard atau headunit saat memasuki lahan parkir ataupun pom bensin yang menyediakan peranti konektivitas untuk melakukan transaksi. Begitu dikonfirmasi lewat sentuhan di headunit, jumlah tarif atau pembelian akan dipampang di layar dan sistem akan melakukan pembayaran.

Saat ini, Honda tengah mengembangkan jaringan layanan agar jenis jasa yang bisa dilakukan pembayarannya bisa lebih variatif. Misalnya saja tol, pembelian drive trough dan lainnya. “Membuat mobil menjadi sebuah platform pembayaran menawarkan potensi yang tak terbatas bagi pabrikan mobil, pengemudi, merchant, hingga perusahaan infrastruktur untuk mengubah paradigma dalam melakukan transaksi,” jelas Avin Arumugam, Senior Vice President, Internet of things (IoT), Visa Inc.

Apakah memungkinkan aplikasi ini di Indonesia? Sebagian dari Anda tentu ada yang sudah menggunakan e-money untuk membayar tol, parkir dan sebagainya. Sementara di smartphone Anda, sudah terpasang aplikasi dompet elektronik yang menyimpan uang untuk berbagai transaksi. Sedangkan kebanyakan mobil high end juga saat ini sudah memiliki sistem headunit dengan infotainment yang terintegrasi dengan smartphone. Nah, tentu kronologis seperti ini tak perlu menunggu lama lagi hingga Honda mengintegrasikannya di mobil yang beredar.

Baca Juga: Hyundai kembangkan teknologi Fuel Cell untuk SUV

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda