• Wishlist

Honda Gandeng General Motors Bikin Dua Mobil Elektrifikasi

Honda Gandeng General Motors Bikin Dua Mobil Elektrifikasi

Pengembangan kendaraan elektrifikasi terus bergulir. Pabrikan berlomba-lomba menciptakan produk terbaik. Tak jarang, kerjasama antarpesaing pun dilakukan. Sehingga dapat mempercepat proses penciptaan, sekaligus menghadirkan benefit bagi pelanggan. Kabarnya, General Motors (GM) akan membantu Honda membuat dua kendaraan elektrifikasi. Unit versi produksi kelak bakal tersedia di diler Amerika Utara mulai 2024.


Mobil listrik Honda nantinya menggunakan teknologi baterai Ultium dan platform modular EV (electric vehicle) milik GM. Meski memang pabrikan asal Jepang itu juga memberikan penyesuaian. Selain platform dan sumber daya, Honda menggarap eksterior dan interior mobil. Tujuannya untuk memastikan konsistensi dari tampilan lini yang dimiliki, serta memenuhi keinginan masyarakat yang sudah familiar dengan brand berlambang H itu. Belum diketahui model apa yang dikerjakan, kemungkinan sedan dan SUV.


Baca Juga: Pakai Mobil Listrik Mengurangi Risiko Penyebaran Covid-19, Bagaimana Bisa?


Ultium sendiri dikenalkan GM pada awal bulan lalu. Baterainya berdasar kobalt, dengan sel yang bisa ditumpuk secara vertikal maupun horizontal. Sehingga bisa mengoptimalkan penyimpanan energi baterai, sekaligus mengikuti layout dari beragam tipe kendaraan berbeda. Kapasitasnya macam-macam, mulai 50 sampai 200 kWh. GM mengestimasi daya segitu mampu melajukan mobil sampai 643 km. Perangkat itu bisa mentenagai motor dengan konfigurasi rear-wheel, front-wheel atau all-wheel drive. Bisa buat sedan, SUV bahkan sampai truk. Kemampuan mengisi daya juga cepat, alias fast-charging.


EV


Kerjasama ini bukan pertama kalinya. Pada 2004, Honda pernah menciptakan mesin V6 untuk model Saturn Vue milik GM. Lalu Honda menjadi investor anak perusahaan GM, Cruise. Dari situ terjadi upaya pengembangan kendaraan elektrik otonom. Model pra-produksi Cruise Origin pun dikenalkan pertama kali pada awal tahun. Untuk kebutuhan perakitan, GM mengungkap kebutuhan investasi sebesar $ 2,2 miliar untuk pabrik Hamtramck di Detroit. Infonya, dua mobil elektrifikasi Honda lahir di situ.


Wakil Presiden Eksekutif American Honda Motor Co., Inc, Rick Schostek mengungkap, kemitraan yang diperluas ini akan membuka skala ekonomi untuk mempercepat implementasi roadmap elektrifikasi. "Kolaborasi menyatukan kekuatan kedua perusahaan, sementara skala gabungan dan efisiensi manufaktur pada akhirnya akan memberi nilai lebih besar kepada pelanggan," terang Rick dalam keterangan resminya.


Sebagai bagian dari kesepakatan, Honda akan memakai sistem keselamatan dan keamanan OnStar GM ke dalam kedua mobil. Sistem itu turut terintegrasi dengan HondaLink. Sebagai tambahan, Honda juga berencana menghadirkan teknologi hands-free advanced driver-assist GM. (Hfd/Odi)


Sumber: GM, Motor1


Baca Juga: Wuling Tengah Siapkan Mobil Listrik E5C Mungil Berkonfigurasi Dua Kursi