Genjot Elektrifikasi Eropa, Honda Percepat Target Electric Vision 2025

Genjot Elektrifikasi Eropa, Honda Percepat Target Electric Vision 2025

Pergeseran elektrifikasi Honda di Eropa tengah digenjot habis. Mereka punya rencana untuk tawarkan fitur powertrain listrik di setiap model mainstream. Pernah diumumkan target ini harus tercapai pada 2025. Namun, seakan semakin percaya diri, ambisi ini dimajukan tiga tahun. Pada 2022 teknologi EV dan hybrid dicanangkan mengisi jantung Honda baru di Eropa.



Terkait hal ini, Senior Vice President Honda Motor Europe berkomentar, “Kecepatan perubahan regulasi, pasar, dan tingkah laku konsumen di Eropa dapat diartikan pergeseran menuju elektrifikasi terjadi lebih cepat di sini, ketimbang di belahan dunia lain. Seiring akselerasi perubahan yang semakin kuat, kami perlu beraksi cepat agar bisa langsung menghadapi tantangan ini. Saya gembira dapat mengumumkan bahwa seluruh model umum Hoda di Eropa akan di-elektrifikasi tidak pada 2025, melainkan tiga tahun lebih awal yakni di akhir 2022, hanya 36 bulan dari sekarang.”


Eropa memang sedang gencar menentukan masa depan dunia otomotif mereka. Seakan ingin menjadi pionir dalam perubahan menuju zaman setrum, salah satunya di bidang otomotif. Dukungan penuh tentu diberikan pabrikan seperti Honda. Dalam 36 bulan ke depan, merek berlambang ‘H’ ini akan memasarkan enam mobil bertenaga listrik di sana.


Inisiator utama program ambisius ini adalah Jazz dan Honda e. Branding anyar ‘e: Technology’ akan menggabungkan seluruh lini produk elektris global. Jazz-lah model pertama yang mengenakan lencana ini, e: HEV, memberikan identitas ramah lingkungan sekaligus mencirikan jenis dapur pacu.


Bagi Jazz e: HEV, efisiensi dan keunggulan dual motor telah dibuktikan lebih dulu melalui CR-V. Kinerja mesin bensin tidak dibantu motor listrik seperti hybrid tradisional, melainkan sebaliknya. Jantung konvensional bertugas sebagai generator daya, atau beroperasi langsung menuju roda pada mode hybrid. Sistem sinergis yang dikembangkan khusus Jazz diklaim hadirkan rasa berkendara responsif dan tajam.


Di luar pengumuman rencana mobil baru, Honda turut bergerak cepat soal manajemen energi. Belum lama mereka umumkan kolaborasi dengan Vattenfall, salah satu supplier energi tersohor di Eropa. Tujuan sinergi ini adalah menyediakan tarif listrik fleksibel khusus pemilik EV.


Hubungan kerjasama merepresentasikan pilar penting strategi ‘Electric Vision’ di Eropa. Tarif fleksibel ini memungkinkan pengisian EV cepat dan ekonomis. Selain itu, mempromosikan juga penggunaan listrik dari sumber terbaharui seperti Hydropower dan Wind Farm. Vattenfall juga bakal mengawasi instalasi fasilitas pengisian domestik Honda Power Charge, melalui kontraktor di Britania Raya dan Jerman. (Krm/Odi)


Sumber: Honda


Baca Juga: Honda Freed Facelift 2020 Bergaya Crossover

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store