Genesis G80 Elektrik Jadi Mobil Resmi VIP KTT G20, Kode Segera Dijual di Indonesia?

Genesis G80 Elektrik Jadi Mobil Resmi VIP KTT G20, Kode Segera Dijual di Indonesia?

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada kuartal empat 2022 mendatang, Hyundai Motor Group (HMG) akan menyediakan kendaraan operasional untuk para tamu negara VIP. Mobil listrik Genesis G80 disebutkan jadi kendaraan untuk mengantar para tamu negara. Namun apakah hal itu juga jadi kode untuk Hyundai mulai menjual Genesis G80 di Indonesia?

Unitnya sendiri sudah hadir di Indonesia dan ditampilkan dalam pameran The Future EV Ecosystem for Indonesia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun sayangnya, belum ada kejelasan soal Genesis, khususnya model G80 akan dipasarkan di Indonesia.

Saat dikonfirmasi, Sales & Marketing Director PT HMID, Erwin Djajadiputra memilih irit bicara. Menurutnya saat ini pihaknya fokus membantu pemerintah dalam menyukseskan KTT G20 di Bali tahun depan. "Kita belum tahu soal itu (dijual di Indonesia), lihat nanti. Hari ini kita berfokus untuk mensupport pemerintah. Mudah-mudahan (dijual)," katanya di JIExpo, Kemayoran, Selasa (26/10).

G80

Dia melanjutkan, nantinya Hyundai akan menyiapkan Genesis G80 Electric sesuai jumlah kepala negara yang akan hadir yakni 20 unit. "Untuk jumlah unitnya, karena acaranya G20 artinya minimal akan ada 20 negara. Untuk detail jumlahnya berapa kita belum tahu," pungkasnya.

Baca juga: Genesis Singkap Wujud GV60 Sebagai EV Premium Berbasis Platform Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6

Terkait spesifikasi, Erwin menyebutkan tak akan ada ubahan meski digunakan oleh tamu penting dari beberapa negara. Termasuk tak membekalinya dengan komponen anti peluru.

"Standar mobil VVIP sesuai dengan kebutuhannya dari dimensi dan semuanya. Dan kebetulan Genesis sesuai dengan desain dan kebutuhan dari VVIP sendiri. Tidak bulletproof, bicara keamanan nanti hubungannya dengan Paspampres dan yang pasti mobil kepala negara tidak semuanya anti peluru, ada juga yang biasa," katanya,

G80

Dari laman resmi Genesis Global, G80 dilengkapi dengan dua motor listrik di bagian depan dan belakang yang artinya sudah all-wheel drive. Racikan ini mampu menyemburkan tenaga maksimal sampai 272 kW atau setara 364 daya kuda dan torsi puncak 700 Nm. Mobil ini dukung dengan baterai berkapasitas 87,2 kWh yang mana diklaim mampu menjelajah sampai 425 kilometer dalam keadaan daya terisi penuh.

Urusan fitur keamanan, Genesis G80 listrik dibekali dengan teknologi Intelligent Driving yang mencakup Lane Following Assist/Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision-Avoidance, Forward Collision-Avoidance Assists, Forward Attention Warning, sampai Safe Exit Assist.

Kendaraan VIP di KTT G20 Bali 2022

Genesis Electrified G80 2022

Jay Chang, Global Head of the Genesis Brand mengatakan, "Penunjukkan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadiri Electrified G80 KTT G20 Bali 2022. Genesis telah sepenuhnya siap untuk menyediakan dukungan yang diperlukan untuk kelancaran konferensi tingkat dunia tersebut."

Pengumuman tersebut juga diungkapkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat membuka acara "The Future ECV Ecosystem fo Indonesia". Dalam kesempatan yang sama, Presiden pun menyampaikan bagaimana roadmap masa depan kendaraan listrik di Tanah Air.

Langkah ini sejalan dengan target pemerintah mendorong ekosistem dan penggunaan kendaraan berbasis listrik di Tanah Air. Target paling dekat, 5 tahun nanti  diharapkan 20 persen dari total produksi mobil di pasar domestik adalah kendaraan yang ramah lingkungan.

G80

Tak lupa juga ada target jangka panjang dari pemerintah soal Net Zero Emission Roadmap 2021-2060 di mana komitmennya pada 2050 nanti tak akan lagi menjual kendaraan dengan mesin internal bahan bakar (mesin konvensional).

Berbicara merek Genesis, mobil ini adalah produk yang diciptakan Hyundai Motor Group dengan spesifikasi tinggi terkait performa, keamanan, dan desain. Tentunya bersaing di segmen premium, adapun beberapa produk portofolionya adalah  G90, G80, G70, GV60, GV70, dan GV80. (Kit/Tom)

Baca juga: Hyundai Targetkan Produksi 1.000 Unit EV per Tahun di Indonesia

 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil