Generasi Penerus Subaru BRZ Dikonfirmasi Mendebut pada Musim Gugur

Generasi Penerus Subaru BRZ Dikonfirmasi Mendebut pada Musim Gugur

Penerus dari kupe kolaborasi Subaru dan Toyota segera meluncur. Yang pasti duluan berganti generasi adalah Subaru BRZ. Diketahui setelah akun Instagram resmi @Subaru_USA mengonfirmasi debut perdana di musim gugur atau sekitar Maret sampai Juni 2021 lewat teaser foto roda depan.

Jika tidak ada pandemi, sang kembaran Toyota 86 diduga kuat bakal mendebut di Los Angeles Auto Show. Namun, gelaran yang rencananya diadakan akhir November itu tak mungkin terlaksana dan kemudian dijadwal ulang ke Mei 2021. Pabrikan pun seakan berkata “the show must go on” dengan mengumbar teaser di media sosial. Isyarat musim gugur boleh jadi mengindikasikan momen premiere sesuai rencana awal: November.

Tak sabar menunggu penerus datang, rasa penasaran semakin menyelimuti. Sayang foto resmi tidak banyak bercerita bagaimana si kupe bermesin boxer bakal melenggok. Paling banter menginformasikan pemakaian pelek 10 palang serupa Toyota GR Yaris. Juga pada area fender melekat sayatan kisi udara. Namun, segelintir orang sudah berkesempatan mengintip secara langsung di ajang Subiefest 4 Oktober lalu di Costa Mesa, California. Beruntung akun Instagram @subarudwayne mendokumentasikan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dwayne (@subarudwayne) on

Sama seperti Toyota 86 yang sempat tertangkap basah beberapa waktu lalu. Diketahui ubahan eksterior mengikuti arahan rancangan awal. Cenderung evolusioner bahkan mungkin bisa disangka facelift. Pasalnya, profil samping menggambarkan guratan serupa generasi pertama. Terutama pada bentuk jendela dan posisi kabin mundur, menegaskan layout penggerak roda belakang.

Baca juga: Rencana Besar Lini Anyar Subaru Hingga 2024 Bocor, Ada Model Apa Saja?

Kendati begitu, terpampang jelas elemen baru di tubuh BRZ. Kisi udara vertikal disayat pada fender depan bak insang. Diyakini bertugas mendinginkan peranti pengereman. Lalu di belakang, set lampu membulat berganti model ke rancangan memicing tajam. Melekat pula ducktail tipis dan shark-fin antenna.

Hingga saat ini baru wujud eksterior bisa dinikmati. Desain kabin dan kelengkapan masih menjadi rahasia. Juga menyoal data spesifikasi, belum ada kepastian. Dirumorkan menggendong komposisi mesin flat-four FA24 naturally aspirated berkapasitas 2.400 cc. Total ekstraksi mencapai 217 hp dibarengi momen puntir 240 Nm. Lebih besar dari ekstraksi unit empat silinder tiduran FA20 yang mencatatkan output 205 hp/211 Nm.

Urusan distribusi daya, transmisi manual enam percepatan kemungkinan besar dibawa dari model berjalan. Roda belakang tetap jadi tujuan semburan. Sementara itu, unit otomatis menganut girboks anyar – spesifik dikembangkan untuk sports car. Selaras dengan klaim Toyota yang menjanjikan pengendalian 86 lebih baik dari Supra, Subaru juga akan membawa bagian itu. Mengingat keduanya merupakan produk identik.

Penerus Toyota 86 Tertangkap Basah Dibungkus Kamuflase

Jika Subaru BRZ berganti generasi, tentu Toyota 86 juga mengikuti. Malah spy shot telah beredar lebih dulu di jagad maya. Tertangkap basah di Ann Arbor, Michigan, AS, wajar bila beranggapan terduga adalah penerus 86. Pasalnya, R&D Toyota Motor North America bertempat di kota itu. Bertugas menguji sekaligus mengevaluasi mobil, komponen, dan material untuk kendaraan Toyota di Amerika Utara.

Dari dimensi dan proporsi tubuh kemungkinan besar tidak berbeda jauh. Bisa jadi tingkat perubahan cenderung evolusioner ketimbang revolusioner. Paling kentara adalah area wajah dan buritan. Untuk sekadar menggambarkan, tata letak fasad depan menyerupai komposisi Jaguar F-Type sebelum facelift. Rongga besar mendominasi sebagai grille yang turut mengisi apron berikut mengadopsi lampu vertikal. Di belakang, rumah penerangan tampal melancip di sisi, tidak membulat seperti model berjalan. Ekspektasikan Subaru BRZ dirancang mirip dengan sedikit sentuhan diferensiasi.

Kalau Subaru BRZ mendebut di November nanti, boleh jadi diikuti Toyota 86 setelahnya. Belum ada informasi resmi, ada kemungkinan kontestan Toyota meluncur di 2021. Kita tunggu saja. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1

Baca juga: Wujud Subaru Levorg Disingkap, Berikan Gambaran WRX Masa Mendatang

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature