Ford Mustang Mach 1 Kembali Eksis, Mendapat Suntikan DNA Shelby

Ford Mustang Mach 1 Kembali Eksis, Mendapat Suntikan DNA Shelby

Nama Mach 1 hidup lagi dalam jajaran Ford Mustang setelah hibernasi selama 17 tahun. Ia kembali sebagai edisi terbatas, menghormati sang leluhur dari akhir 1960-an. Mengikuti silsilah, Ford Mustang Mach 1 2021 dibuat kencang dengan penyempurnaan aerodinamika berikut suntikan DNA Shelby.

Di luar, Ford tentu menyuguhkan elemen nostalgia karena Mach 1 adalah nama lama nan ikonik. Dapat dilihat pada striping di kap mesin berikut area samping bawah bodi. Nah, paling mencirikan terletak di area grille: terdapat dua lingkaran tambahan. Dulunya, bagian ini merupakan rumah lampu, namun kini dijadikan sebatas ornamen penghias. Pelek aluminium lima palang berukuran 19 inci dikelir gelap, menyudahi kuda-kuda gagah sekaligus menjadi interpretasi modern dari model klasik Magnum 500.

2021 Mustang Mach 1 news vs old

Kendati begitu, Ford tidak hanya menjadikan Mach 1 berlenggok seperti leluhur. Ada pertimbangan performa untuk mengikuti arah tradisi. Sebagai komponen standar, splitter dan spoiler bertugas menghasilkan gaya tekan lewat aliran udara. Diklaim 22 persen lebih kuat ketimbang Mustang GT dengan paket Performance Pack Level 1.

Baca Juga: Ford Mustang Klasik Bertenaga Listrik, Siap Dijual!

Terdapat pula paket opsional Handling Package jika ingin downforce 150 persen lebih kuat. Ia menganut splitter gondrong, spoiler tinggi dengan Gurney flap, berikut peranti aerodinamika lain pada sepatbor depan dan belakang. Di samping itu, traksi ditingkatkan dengan roda selebar 10,5 inci di depan dan 11 inci di belakang – mach 1 standar mengenakan komposisi 9,5 inci dan 10,5 inci.

Ford Mustang 2021

Upgrade aerodinamika penting juga terdapat di kolong tubuh Mach 1. Underbelly pan lebih panjang 20 inci ketimbang Mustang GT. Komponen ini bertujuan menghasilkan kelancaran aliran udara dari depan. Ditambah lagi sayap ekstra pada lapisan sasis untuk menambah gaya tekan. Pun bukan hanya downforce, bagian di kolong tubuh ini turut mengalirkan udara ke piringan rem guna menjaga suhu.

Sektor kaki-kaki disentuh dengan beberapa penyempurnaan. Mustang Mach 1 mengenakan kalibrasi terkini suspensi adaptif MagneRide, as setir lebih kaku berikut kalibrasi pada Power Steering elektronik, kemudian disudahi sway bar dan per kaku berikut brake booster dari Mustang GT Performance Pack Level 2. Kontak ke aspal dipercayakan sepenuhnya pada karet Michelin PS4. Terakhir, subrame belakang disokong dudukan lebih kaku berikut toe-link dari Shelby GT500.

2021 Mustang Mach 1

All-New Ford Mustang Mach 1 diklaim sebagai Mustang 5.0 paling mumpuni di sirkuit. Selain handling dan aerodinamika, salah satu pendukungnya tersembunyi di balik bonnet. Ialah unit 5,0 liter V8 yang sanggup mengail tenaga sampai 480 hp pada 7.000 rpm, dibarengi torsi puncak 569,4 Nm pada 4.600 rpm. Jantung 5,0 liter ini sendiri mendapatkan revisi komponen Shelby GT350. Termasuk di dalamnya intake manifold berikut oil filter adapter dan engine oil cooler – meningkatkan kemampuan pendinginan hingga 50 persen.

Penyaluran daya ke roda belakang dipercayakan kepada girboks manual enam percepatan milik Shelby GT 350. Untuk kali pertama sistem ini dibekali kemampuan rev-matching. Selain itu, konsumen juga bisa memilih girboks otomatis 10 percepatan yang turut dirancang untuk menciptakan performa.

Rasa spesial Mach 1 juga dituangkan dalam kabin. Ia mendapatkan pelat pijakan pintu anyar, shift knob berbentuk bola putih, berikut ukiran pelat berisi nomor sasis unik. Tidak diketahui seberapa banyak Mach 1 akan diproduksi, namun diyakini jumlahnya akan relatif terbatas. (Krm/Odi)

Baca Juga: Ford Mustang Teranyar Bukanlah Sebuah Muscle Car, Wujudnya Berubah Menjadi SUV Listrik

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil