• Wishlist

Ferrari 488 Pista Spider Lebih Bersensasi Ketimbang Versi Coupe

Ferrari 488 Pista Spider Lebih Bersensasi Ketimbang Versi Coupe

Merayakan 50 tahun Ferrari beratap terbuka, pabrikan supercar berlogo kuda jingkrak itu meluncurkan 488 Pista Spider pada Concours d'Elegance di Pebble Beach, California, Amerika Serikat. Tentu saja 488 Pista Spider menawarkan sensasi lebih menggoda karena memakai atap yang bisa dibuka. Memanfaatkan itu, Ferrari menambahkan fitur yang tak bisa dijumpai pada 488 Pista Coupe.



Pada dasarnya, sama dengan versi coupe, hanya saja tanpa memakai atap atau atapnya bisa dibuka-tutup otomatis. Performanya juga sama, cuma sensasinya yang berbeda. Selain sensasi atap terbuka, agar pengemudi lebih senang, Ferrari mengoprek suara yang dihasilkan dari mesin. Ada tiga hasil suara berbeda yang aktif saat semua atap ditutup, atap tertutup tapi jendela belakang terbuka dan semua atap maupun jendela diturunkan. Ketiganya punya suara garang berbeda dari versi coupe. Dijamin penumpang di kabin merasa puas mendengarkan simfoni mesin tanpa ada regulasi batas suara yang dilanggar.


Meski begitu, mesin masih sama dengan versi coupe, yang juga oprekan dari 488 GTB. Mesin yang memenangkan penghargaan terbaik International Engine of the Year tiga tahun berturut-turut, V8 3,9 liter twin turbo bertenaga 720 PS dan torsi besar 770 Nm pada 3,000 rpm. Performa ditunjang bobot yang lebih ringan ketimbang 488 standar. Itu karena Pista, baik coupe dan Spider, menggunakan sasis dari balap 488 Challenge dan GTE. Tapi tetap 488 Pista Spider masih lebih berat 91 kg, karena mekanisme atap otomatis ketimbang Pista coupe.



 


Klaim akselerasi, 2,85 detik untuk 0-100 km/jam dan butuh 8 detik menyentuh 200 km/jam. Berarti, waktu yang sama untuk 100 km/jam dan 0,4 detik lebih lambat dari 488 Pista coupe untuk mencapai 200 km/jam. Sementara kecepatan puncak juga berada di angka sama, 340 km/jam.


Jika dirasa kurang, manufaktur juga sudah menyiapkan pilihan opsional pelek berbahan serat karbon yang diklaim bisa hemat bobot sampai 20 persen. Yang pasti harga pelek itu tak murah. Sedang sebagai standar ada pelek alloy 20 inci dengan 10-spoke yang diadaptasi dari Berlinetta.


kabin pista spider


Memang tak biasanya Ferrari meluncurkan model baru di luar pameran otomotif internasional. Alasannya, pihak manufaktur menganggap California sebagai salah satu pasar penting untuk model Spider atap terbuka Ferrari. Sedang debut dunia bakal memanfaatkan momen Paris Motor Show 2018 Oktober mendatang. (Tom/Odi)


Baca Juga: Ferrari Enzo Michael Schumacher Dijual Lagi

Jelajahi Ferrari 488 Spider

Ferrari 488 Spider Rp 10 Milyar Cicilan : Rp 228,16 Juta