• Wishlist

Detroit Auto Show 2020 Resmi Batal, Venue Dijadikan Rumah Sakit Corona  

Detroit Auto Show 2020 Resmi Batal, Venue Dijadikan Rumah Sakit Corona  

Satu per satu pameran otomotif di dunia terpaksa dibatalkan akibat virus COVID-19. Bahkan event yang masih dua bulan lagi diputuskan tak digelar. Ya, North American International Auto Show (NAIAS) atau dikenal juga dengan Detroit Auto Show terdampak. Tak hanya menjadi upaya pencegahan penyebaran virus, lokasi tempat berlangsungnya acara ditransformasi menjadi rumah sakit lapangan untuk pasien terpapar Corona.


Pameran memang bisa menjadi stimulus dalam meningkatkan penjualan pabrikan otomotif. Event ini biasanya dapat menarik 800 ribu pengunjung saat hari umum. Namun, penyelenggaraannya sudah dipertanyakan, jauh sebelum area lokasi pameran menjadi rumah sakit lapangan. Pasalnya, kondisi ekonomi tengah tak stabil akibat COVID-19. Ini mengarah pada pertanyaan, akankah publik mengeluarkan uang, atau setidaknya menaruh minat pada mobil baru.


detroit auto show


Berdasarkan pernyataan resmi pihak berwenang setempat, Detroit memiliki kasus positif corona cukup banyak, mencapai 1.377 orang. Pemerintah pun perlu bergerak cepat. Venue TCF Center direncanakan beralih fungsi hingga enam bulan ke depan. Namun, tak menutup kemungkinan diperpanjang, tergantung kondisinya.


Baca Juga: Goodwood Festival of Speed Resmi Ditunda Gara-Gara COVID-19


"Kesehatan dan kesejahteraan warga Detroit dan Michigan adalah yang terpenting. TCF Center merupakan lokasi ideal untuk fungsi penting saat kondisi kritis dan belum pernah terjadi sebelumnya ini," kata NAIAS Executive Director, Rod Alberts.


Tentu saja menjadi pukulan lagi untuk pabrikan otomotif sana. Sebelumnya para pabrikan harus menerima perpindahan event dari Januari ke Juni. Ya, selama tiga dekade Detroit Auto Show dilangsungkan pada bulan Januari. Namun, Detroit Auto Dealers Association memindahkannya ke Juni, yang musimnya lebih bersahabat. Sehingga aktivitas outdoor bisa lebih banyak. Soalnya, bulan itu merupakan awal musim panas. Beda dengan Januari yang masih dipadati salju musim dingin. Kegiatan seperti test drive dapat lebih leluasa disajikan, atau mendemonstrasikan model-modelnya, seperti SUV yang melintasi medan offroad buatan, sistem keamanan teranyar, atau tunggangan bertenaga elektrik dan otonom.


Detroit Auto Show sendiri dijadwalkan berlangsung mulai 5 sampai 20 Juni. Pameran otomotif terbesar di Amerika Serikat itu dibuka dengan Festival Motor Bella. Konvoi kendaraan Italia Inggris yang mengambil jalur di tengah kota Detroit pada 5-7 Juni. Kemudian dilanjutkan hari media dan produsen pada 9-11 Juni, charity preview 12 Juni dan hari publik umum mulai 13 hingga 20 Juni. Semua itu batal. Penyelenggara akan bertanggung jawab kepada calon pengunjung yang sudah membeli tiket. Uang segera dikembalikan sepenuhnya. (Hfd/Odi)


Sumber: Detroit Free Press


Baca Juga: Resmi, Pameran IIMS 2020 Ditunda