Daftar 8 Mobil Kepala Negara di KTT G20 Bali, Mana yang Paling Canggih dan Aman?

Daftar 8 Mobil Kepala Negara di KTT G20 Bali, Mana yang Paling Canggih dan Aman?

Sebenarnya pemerintah Indonesia sudah menyiapkan mobil VVIP Genesis G80 Electrified untuk para pemimpin negara G20. Namun ada beberapa negara yang memilih menggunakan mobil yang dibawa sendiri untuk mengikuti rangkaian acara di Bali.

KEY TAKEAWAYS

  • Mobil presiden dan pemimpin negara delegasi KTT G20

    Kebanyakan membawa mobil masing-masing dan bukan mobil listrik
  • Mobil kepresidenan tersebut dipesawatkan langsung oleh beberapa delegasi. Di antaranya adalah Amerika Serikat, Cina, Turki, Uni Emirat Arab, hingga Kanada. Lalu, apa saja mobil-mobil tersebut? Di bawah ini adalah rangkumannya.

    Kendaraan The Beast tunggangan Joe Biden

    1. Cadillac One (The Beast)

    Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memilih menggunakan mobil dinas sendiri Cadillac One yang dinamai The Beast. Limosin berdimensi besar itu dibangun dari sasis truk GMC Top Kick atas permintaan langsung Secret Service.

    Mengutip Hotcars, The Beast jadi mobil kendaraan presiden paling aman dan menakutkan. Dia dilengkapi dengan gadget 'Bond-Style' yang diyakini memiliki beberapa proteksi super canggih untuk mengamankan Presiden di situasi yang tak diinginkan

    Bodi mobil menggunakan pelat baja tebal dan dilapisi alumunium, keramik, dan titanium. Komponen pintu dikabarkan punya ketebalan seperti bodi pesawat Boeing 757. Kacanya yang tebal diklaim bisa menahan tembakan, ledakan granat, bahkan serangan rudal.

    Bagian interior interiornya dapat diproteksi otomatis jika terjadi serangan kimia. Seluruh ban dari The Beast mampu bertahan bermil-mil meski dalam keadaan kempis sekalipun. Limosin besar itu bisa menampung 7 orang, jadi Biden tak pernah jauh dari bantuan. Staf penting, termasuk dokter militer umumnya mengikuti di belakangnya, satu dari tiga SUV terpisah yang dikenal sebagai 'Mobil Kontrol'.

    Baca juga: Mobil Kepala Negara dan Delegasi di KTT G20 Bali, Tak Semua Pakai EV

    Hongqi

    2. Hongqi N701

    Presiden China, Xi Jinping juga menggunakan kepresidenannya Hongqi N701 untuk menunjang mobilitas selama mengikuti KTT G20 di Bali. Spesifikasi dan peranti keamanan dari mobil ini ini bersifat rahasia, boleh jadi untuk keamanan dan keselamatan sang kepala negara.

    Visual dari Hongqi N701 terbilang misterius, dia mengusung tampilan mewah. Bagian fascia didominasi oleh grill bergaris vertikal besar yang menyambung ke lampu depan berbentuk pipihnya. Adapun bagian bawah bumper juga terlihat aksen krom memanjang.

    Desain samping dan belakang melanjutkan kesan mewah di depan. Beberapa aksen krom juga nampak membuat mobil ini tak kalah menarik dari The Beast milik Joe Biden.

    TLC L200 GXR KTT G20

    3. Toyota Land Cruiser L200 GXR

    Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak terlihat menggunakan Land Cruiser L200 GXR. SUV ini adalah mobil anti peluru yang dibuat oleh merek Jepang, Toyota.

    Mobil ini memiliki proteksi bulletproof pada pada bodi, kaca, dan tangki bahan bakar. SUV tersebut mengantongi standardisasi safety berbeda mulai A4, A6, A9, hingga A11.

    Audi A8 L

    4. Audi A8 L Security

    Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed (MBZ) turut hadir di KTT G20 di Bali. Dirinya menggunakan Audi A8 L Security yang dibangun dari basis A8 reguler.

    Mobil ini mampu menahan tembakan peluru cepat dari senapan mesin, peluru penembak jitu, hingga ledakan granat tangan. Sementara komponen ban dirancang khusus dan tetap bisa digunakan meski sudah tak ada tekanan udara.

    Kemudian sistem udara darurat juga tersedia agar pengguna VIP yang jadi penumpang dapat bernapas ketika ada keadaan darurat. Apabila penumpang terjebak di dalam, pabrikan telah melengkapi A8 L ini dengan sistem piroteknik yang memisahkan engsel pintu.

    S600 Guard

    5. Mercedes-Benz S600 Guard

    Presiden Korea Selatan Yoon Suk-Yeol, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida terlihat menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.

    Mercedes-Benz S 600 Guard diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, menawarkan ketahanan dari berbagai ancaman fisik melalui kekuatan bodi baja pada dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

    Dibalik kapnya mengemas mesin V12 twin turbo berkubikasi tepat 5.980 cc yang sanggup memuntahkan tenaga maksimal hingga 515 daya kuda dengan torsi mencapai 828,76 Nm. Kecepatan maksimumnya diklaim pabrikan bisa mencapai 250 km/jam.

    Maybach S600 Pullman Guard

    6. Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard

     

    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggunakan versi lebih mewah yakni Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard. Sebagai standar mobil kepresidenan, tentu saja mobil ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

    Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard sudah menggunakan baja pada bagian struktur dan body. Mobil ini juga anti peluru, sehingga mampu melindungi penumpang dari serangan peluru, senapan serbu, dan juga ledakan granat.

    Mobil yang memiliki panjang hingga 6,5 meter itu dibekali dengan mesin V12, twin-turbo, DOHC, 4 silinder, berkapasitas 5.980 cc, yang menghasilkan daya 530 daya kuda pada 4.900-5.300 rpm dengan torsi maksimal 830 Nm pada 1.900-4.000 rpm.

    G-Class Guard

    7. Mercedes-Benz G-Class

    Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri India Narendra Modi tampak menggunakan mobil SUV Mercedes-Benz G-Class di KTT G20 Bali.

    Namun model yang digunakan sudah mengemas standarisasi armored atau G500 Guard. Dia tahan tembakan, ledakan granat, dan sudah mengantongi perlindungan Highest Protection level VR7.

    Sementara Narendra Modi menggunakan Mercedes-Benz CG6. SUV Jerman itu juga sudah dilengkapi dengan peranti keamanan dan keselamatan penumpang VVIP.

    Hyundai Genesis Electrified G80

    8. Genesis G80 Electrified

    Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni lebih memilih menggunakan sedan listrik Genesis G980 Electrified yang disiapkan oleh Indonesia. Itu bisa dilihat ketika mereka tiba dan dijemput di Bandara.

    Genesis sendiri merupakan sub-brand dari Hyundai yang lebih premium. G80 adalah salah satu unit paling populer dan termewah dari lini Genesis. Mobil ini memiliki panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, dan tinggi 1,47 meter yang menjamin kelegaan dan kenyamanan kabin.

    Genesis G80 Electrified dibekali dengan 2 motor listrik di depan dan belakang menggunakan baterai lithium-ion 87,2 kWh. Sehingga, mobil ini memiliki penggerak semua roda. Tenaganya diklaim mencapai 364 daya kuda dan torsi besar menyentuh 700 Nm.

    (KIT/TOM)

    Baca juga: Bersiap Merasakan Mobil Terbang di Ibu Kota Nusantara

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature