• Wishlist

Charge 4 Menit, Porsche Taycan Bisa Tempuh Jarak 100 km

Charge 4 Menit, Porsche Taycan Bisa Tempuh Jarak 100 km

Guna mendukung era kendaraan bertenaga listrik, Porsche tengah menyiapkan mobil terbarunya. Dinamakan Taycan, mobil bertenaga listrik murni yang akan dijual pada 2020. Disebut mobil listrik ini bisa menempuh jarak 100 km dengan pengecasan cuma 4 menit.



Untuk mempersiapkannya, Porsche menggelontorkan investasi hingga Rp 104 triliun. Budget itu dialokasikan untuk beragam sektor guna mewujudkan Porsche Production 4.0, seperti fasilitas pabrik, pengembangan produk dan tenaga kerja.


Produksi Porsche Taycan dilakukan di sebuah fasilitas yang mengusung konsep ‘pabrik di dalam pabrik.’ Berlokasi di pabrik utama di Zuffenhausen, Jerman, fasilitas ini menerapkan sistem produksi flexi-line. Hal itu akan menjadikan Porsche sebagai produsen pertama, yang menggunakan sistem transportasi tanpa penggerak dalam proses produksi seri berkelanjutan. Porsche juga mengedepankan konsep ramah lingkungan dalam produksi Taycan dengan misi karbon netral.


"Kami memperkirakan bahwa lebih dari 50 persen model Porsche yang dikirim mulai 2025 akan dialiri listrik. Ini akan melibatkan investasi besar di bidang-bidang seperti pengembangan dan produksi, serta pelatihan staf," kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Dewan yang bertanggung jawab untuk Keuangan dan IT di Porsche, melalui keterangan yang diterima OTO (25/10).



Taycan diyakini bakal menjadi mobil listrik paling inovatif. Melalui dukungan teknologi 800V, Porsche menjamin bahwa baterai lithium-ion yang disematkan dapat diisi dalam jangka waktu singkat atau fast-charging. Setidaknya hanya butuh mengisi daya selama 4 menit, untuk menyediakan tenaga yang mampu menggerakkan mobil sejauh 100 km (menurut hasil uji NEDC).


Inovasi ini tentunya dapat meningkatkan tingkat penerimaan masyarakat. Sekaligus menciptakan tantangan tersendiri bagi Porsche. Lantaran mereka harus ikut mendukung penyediaan infrastruktur yang kompatibel.


Karenanya, Porsche menawarkan Mobile Charger Connect berkapasitas 22kW. Perangkat ini memungkinkan pengisian daya yang cukup cepat dan mudah. Selain itu, Porsche bersama pelaku industri otomotif lainnya, seperti BMW, Daimler dan Ford yang tergabung dalam usaha bersama, Ionity, bakal membangun 400 stasiun pengisian daya tinggi dengan kapasitas 350kW, di seluruh Eropa pada akhir 2019. Kemudian VW Group inisiatif Electrify America akan meninjau pemasangan infrastruktur pengisian daya (kapasitas hingga 350kW) di 300 stasiun tol mulai 2019.


Porsche juga berencana memasang lebih dari 2.000 titik pengisian daya listrik di berbagai tempat, salah satunya hotel. Rencana itu dinilai menjadi sebuah solusi luas bagi Eropa, dengan akses sejumlah besar stasiun pengisian daya yang dikelola penyedia layanan berbeda. Nantinya, Porsche akan mengelola semua penagihan secara terpusat. (Hfd/Odi/Van)


Baca Juga: Benelli Tambah Investasi di Indonesia, Bangun Pabrik!