Cara Memaksimalkan Nilai Jual Kembali Mobil

Cara Memaksimalkan Nilai Jual Kembali Mobil

Jika suatu saat nanti ingin menjual mobil, ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian saat memilikinya. Ini perlu diketahui agar nilai kendaraan Anda tidak anjlok saat akan dijual maupun tukar tambah.

Kelengkapan Dokumen

Inilah tips paling krusial menyangkut legalitas kendaraan. Selalu simpan baik-baik surat-surat penting seperti BPKB, STNK, dan pendukung lain seperti faktur pembelian. Tanpa STNK berarti tidak dapat menunjukkan keabsahan pelat nomor walau tanda bukti kepemilikan masih tersimpan. Yang berbahaya adalah kehilangan BPKB. Artinya tidak ada bukti legal terkait kepemilikan kendaraan, menimbulkan kecurigaan akan barang curian dan sebagainya. Dapat kami pastikan mobil tanpa dokumen utama dilego jauh di bawah pasaran,

STNK dan BPKB

Di lain sisi dokumen lengkap bisa meningkatkan nilai jual. Bila rapi tersimpan mulai dari faktur, manual book, buku servis, ini menjadi sebuah nilai tambah tersendiri. Jika hilang atau rusak, BPKB dan STNK bisa diurus kembali. Begitupun dengan buku servis, Anda bisa meminta histori ditampilkan kembali lewat bengkel resmi. Lain hal dengan faktur, lembar ini tak akan dikeluarkan kembali.

History Perawatan Berkala

Aspek pertama meliputi sejarah perawatan. Pada umumnya, keinginan calon pembeli terhadap mobil bekas merek apapun tentu menginginkan kondisi prima. Pembeli tak ingin repot memperbaiki lantaran banyak kerusakkan yang tak ia ketahui. Selama mobil terawat dengan baik, besar kemungkinan nilai jual tetap tinggi. Hal ini dikarenakan fungsi utama lebih diarahkan sebagai penunjang mobilitas sehari-hari.

Seluruh upaya perawatan ini menjadi omong kosong belaka dan bisa menimbulkan kecurigaan bila tanpa bukti. Ada baiknya melakukan servis di bengkel resmi karena data historis terdokumentasi dengan baik di buku servis. Simpan buku servis dan pastikan Anda selalu memastikan bengkel resmi merekam dengan baik semua proses perbaikkan. Ada baiknya juga, Anda menyimpan semua bon perbaikkan dalam buku servis tersebut.

Kondisi Fisik Mobil

Kondisi eksterior perlu dipertahankan untuk mencerminkan kondisi mekanikal yang sehat di baliknya. Usahakan mobil baru Anda bebas dari baret, bekas tabrakan, dan dalam kondisi standar. Keadaan tampilan tidak karuan mungkin menurunkan harga, bahkan minat calon pembeli nantinya.

menjaga cat mobil

Tak ada salahnya melakukan perawatan rutin pada bodi untuk menjaga nilai kendaraan Anda. Saat ini sudah banyak promo paket terkait perawatan kendaraan termasuk cat bodinya. Memiliki asuransi juga bisa membantu Anda dalam menjaga bodi ini.

Memiliki Asuransi

Tak bisa dipungkiri, memiliki asuransi memang dapat membantu Anda dalam menjaga kondisi kendaraan selama masa kepemilikan. Bahkan beberapa gerai mobil bekas maupun pembeli, lebih mengapresiasi saat status mobil masih atau selalu terjamin oleh asuransi. Walau akhirnya mungkin asuransi sudah tak aktif saat mobil dijual, namun calon pembeli biasanya merasakan nilai lebih saat kendaraan selalu dijaminkan oleh asuransi di setiap proses insiden, sebab perbaikkannya pasti ditangani oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Usia Kendaraan Tidak Lebih dari 5 tahun

Memang lima tahun bukanlah sebuah standar keharusan mengganti mobil baru. Sebenarnya bebas mau dipakai hingga puluhan tahun pun, selama apik pasti masih dapat beroperasi dengan nyaman. Kendati begitu, harga bekas setelah lima tahun dikhawatirkan menurun lebih tajam. Ada pertimbangan usia komponen dalam membeli mobkas. Kala ingin mengganti unit baru dengan melakukan trade-in, Anda perlu merogoh kocek lebih banyak akibat mobil terlalu 'tua'.

Jenis Transmisi Kendaraan

drive mode kia seltos

Transmisi menentukan prestasi nilai seken. Sedikit mencari contoh sederhana. Dari sekilas pengamatan kami pada area Jabodetabek, Daihatsu Xenia R Sporty lansiran 2016-2017 bertransmisi manual memiliki rentang harga lebih tinggi. Sebenarnya perbedaan tidak terlalu kentara sebab ada aspek lain berpengaruh seperti kondisi dan jarak tempuh. Mungkin saja manual lebih diminati oleh pengemudi taksi online area Jabodetabek karena merasa perawatan mudah dan lebih konvensional. Jenis girboks bisa menjadi acuan namun semua itu juga dipengaruhi lokasi dan siapa pengguna mayoritas. (Krm/Van)

Baca Juga: Kapan Harus Mengganti Ban?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil